Sukses

14 Manfaat Air Putih Hangat Untuk Tubuh, Cegah Penuaan Hingga Sembelit

Manfaat air putih hangat bagi kesehatan tubuh tidak hanya untuk menjaga tubuh tetap terdehidrasi namun juga untuk mencegah penuaan dan lain sebagainya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air putih hangat yang dikonsumsi setiap hari tidak dapat dianggap remeh. Memiliki sejuta manfaat, air putih hangat tidak hanya baik untuk mendehidrasi tubuh namun juga memberikan manfaat kesehatan untuk anggota tubuh dan kulit.

Konsumsi air putih hangat terlihat seperti kegiatan sederhana, namun manfaat air putih hangat tidak sesederhana cara mengkonsumsinya. Terdapat banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan mulai dari mencegah penuaan hingga meredakan gejala penyakit pilek seperti hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Manfaat air putih hangat didapat dari suhu hangat yang dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan yang dihadapi. Ia menstimulasi kinerja sel-sel serta organ dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat air putih hangat, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber manfaat air putih hangat bagi kesehatan tubuh, Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih Hangat Untuk Tubuh

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Manfaat air putih hangat yang pertama adalah untuk meredakan hidung yang tersumbat. Menghirup uap dari air panas dapat membantu membuka sumbatan pada sinus dengan membuatnya sedikit lebih longgar. Beberapa studi menemukan bahwa minuman hangat juga dapat membersihkan penumpukan lendir, hidung meler, menghentikan batuk dan meredakan gejala flu biasa.

 

2. Mengatasi Sembelit

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sembelit. Minum air dengan suhu ruangan hingga hangat adalah cara yang baik untuk membuat perut anda dapat bergerak lagi dengan memecah semua kotoran yang tersumbat di usus. Jadi, jika anda mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, satu atau dua gelas air panas dapat membantu anda.

 

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat air hangat untuk sistem pencernaan tidak berhenti hanya di usus saja. Penelitian menunjukkan air hangat selain dapat membantu meringankan sembelit juga baik untuk proses pencernaan.

Air hangat dapat  melarutkan barang jauh lebih cepat daripada air dingin. Ini termasuk gula, yang terkenal sulit untuk dicerna oleh tubuh anda. Minum air panas akan melarutkan zat-zat di perut anda yang mungkin sulit diurai oleh sistem pencernaan.

 

4. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat air hangat yang berikutnya adalah untuk menjaga sistem saraf. Salah satu risiko utama dehidrasi adalah kerusakan pada sistem saraf. Seperti semua hal lain di tubuh, saraf membutuhkan air, dan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa air hangat dapat meningkatkan fungsi sistem saraf.

Minum air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap jaringan tubuh. Hal ini memungkinkan otot dan sistem saraf untuk rileks dan lebih tenang serta sehat. Hal ini juga dapat membuat rasa nyeri berkutang dan menurunkan perasaan panik

 

5. Mengatasi Masuk Angin di Pagi Hari

Air hangat dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan hidung tersumbat. Suhu tinggi dalam air hangat dapat mempercepat keluarnya lendir, sehingga gejala pilek akan mereda. Selain itu, suhu hangat juga mampu meredakan rasa sakit di tenggorokan akibat penumpukan lendir di kerongkongan di pagi hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih Hangat Untuk Tubuh

6. Penurunan Berat Badan

Manfaat air putih hangat di pagi hari dapat mengaktifkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran lemak lebih banyak sepanjang hari. Minum air panas juga membantu membersihkan usus dan menghilangkan limbah dalam tubuh yang dapat menyebabkan perut kembung dan kelebihan air dalam tubuh.

 

7. Membantu Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Manfaat air putih hangat bisa membantu mengatasi sakit perut saat haid. Menstruasi di hari pertama seringkali membuat banyak wanita mengeluhkan sakit perut. Dengan mengkonsumsi air, keluhan tersebut dapat teratasi dengan baik. Hal ini karena air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot di tubuh.

 

8. Baik Untuk Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Bagi yang memiliki gigi sensitif dan berlubang tidak dianjurkan untuk minum air dingin karena dapat merusak, membahayakan kesehatan gigi dan tidak memiliki manfaat yang baik. Dalam beberapa kasus, air dingin dapat merusak tambalan gigi. Air hangat dianjurkan karena memiliki suhu yang aman dan memberikan kenyamanan bagi gigi sensitif.

 

9. Mencerahkan Kulit

Minum air hangat setiap hari secara teratur akan membantu tubuh untuk memecah timbunan lemak, mengendurkan otot, dan meningkatkan aliran darah. Peningkatan sirkulasi darah dapat meremajakan sel-sel kulit dan menjaganya tetap ternutrisi.

 

10. Menghilangkan Rasa Pedas Lebih Cepat

Sensasi rasa pedas didapat dari makanan yang menggunakan biji cabai, senyawa kimianya disebut capsaicin. Senyawa ini akan larut dalam air panas, sehingga setelah meminum air panas, Anda akan merasa lebih nyaman dan perlahan efek pedasnya akan hilang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih Hangat Untuk Tubuh

11. Mengurangi Stres

Secangkir air panas yang menenangkan dapat membantu orang untuk mengelola stres dan kecemasannya. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi cairan panas, seperti teh dan kopi, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas. Studi lain mengungkapkan bahwa beberapa efeknya disebabkan oleh uap panas yang dapat merilekskan tubuh dan meningkatkan mood.

 

12. Mencegah Penuaan Dini

Kehadiran racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat terjadi. Ketika tubuh kita mengumpulkan racun, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, air hangat juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang dapat menyebabkan peningkatan elastisitas kulit.

 

13. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat air putih hangat yang berikutnya adalah untuk melancarkan aliran darah. Air hangat memiliki fungsi sebagai vasodilator. Yang berarti minum air hangat bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah pun dapat menjadi lebih lancer, dan aliran darah yang lancar dapat membuat otot lebih rileks serta mengurangi nyeri.

 

14. Meredakan Gejala Akalasia

Manfaat air putih hangat yang terakhir adalah untuk meredakan gejala akalasia. Akalasia adalah kondisi yang mempengaruhi kerongkongan, dimana saluran makanan ini berkontraksi dan bukannya mengembang. Hal ini menyebabkan makanan yang seharusnya menuju ke perut tertahan dan sulit untuk ditelan.

Penelitian menunjukkan bahwa air hangat membantu meringankan gejala akalasia bagi orang-orang yang mengalaminya. Sedangkan air dingin dan makanan malah akan meningkatkan kontraksi ini, membuat akalasia menjadi lebih buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.