Sukses

Pengertian Endorse adalah Promosi dengan Media Sosial, Begini Melakukannya

Endorse adalah kerja sama antara produsen dan public figure.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu pengertian endorse? Memahami pengertian endorse adalah kegiatan promosi yang melibatkan orang berpengaruh seperti public figure. Berbeda dengan iklan di media massa, kegiatan sesuai pengertian endorse adalah praktiknya lebih banyak dilakukan di media sosial.

Media sosial yang biasa dipakai melakukan praktik promosi sesuai pengertian endorse adalah Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, hingga TikTok. Melansir dari The Economic Times, pada Senin (1/8/2022) dalam kegiatan endorse penting memilih seseorang dengan pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya dari banyak orang.

Kerja sama yang bisa mendefinisikan pengertian endorse adalah pada hakikatnya bisa saling memberi keuntungan antara pihak satu dengan yang lain. Praktik endorse yang berhasil ditandai dengan produk serta brand yang semakin mendapat pengakuan dan dipercaya oleh banyak orang.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian endorse, manfaat endorse, cara melakukan endorse, dan jenis-jenis endorse, Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Endorse adalah Promosi dengan Media Sosial

Memahami pengertian endorse adalah erat kaitannya dengan dunia pemasaran. Pengertian endorse adalah bentuk kesepakatan dari dua belah pihak untuk melakukan kerja sama. Secara bahasa, pengertian endorse adalah berasal dari bahasa Inggris yang artinya mengesahkan atau mendukung.

Apabila menilik dari asal katanya, pengertian dari istilah endorse adalah berhubungan dengan perjanjian melalui negosiasi kedua belah pihak. Kini praktiknya, pengertian endorse adalah kerja sama dalam bidang bisnis atau promosi antara produsen dengan seseorang yang berpengaruh.

Siapa saja seseorang berpengaruh yang dimaksud dalam pengertian endorse tersebut? Melansir dari The Economic Times, seseorang yang dimaksud dalam pengertian endorse adalah tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya dari banyak orang.

Kerja sama yang bisa mendefinisikan pengertian endorse adalah pada hakikatnya bisa saling memberi keuntungan antara pihak satu dengan yang lain. Keuntungan yang didapat produsen sesuai pengertian endorse adalah produk yang dipromosikan oleh seseorang yang berpengaruh bisa banyak laku terjual.

Sementara keuntungan seseorang yang melakukan endorse sesuai pengertian endorse adalah yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, bisa mendapatkan imbalan berupa bayaran sesuai kesepakatan. Tak hanya berupa bayaran, pelaku endorse adalah bisa mendapat keuntungan dari suatu produk atau pelayanan dari yang dipromosikannya.

Promosi sesuai pengertian endorse adalah bisa dilakukan melalui platform mana saja. Akan tetapi, penting digarisbawahi bahwa endorse adalah berbeda dengan iklan yang ada di televisi, radio, majalah, dan media sosial lainnya. Kegiatan promosi dengan endorse adalah dilakukan atas nama pribadi, paling sering promosinya melalui media sosial.

3 dari 4 halaman

Manfaat Endorse dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami apa itu pengertian endorse, kemudian ketahui manfaat endorse sebenarnya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, manfaat endorse adalah bagian dari upaya membangun kredibilitas, menonjolkan brand, membuka pasar baru.

Kemudian manfaat endorse adalah upaya membangun awareness, membantu promosi produk lain, dan ini praktik promosi yang tergolong murah serta mudah dilakukan. Agar lebih memahami manfaat endorse, simak penjelasannya:

1. Membangun Kredibilitas

Manfaat endorse adalah membangun kredibilitas. Masyarakat akan mempercayai dan memandang selebriti yang melakukan promosi produk tersebut, inilah manfaat endorse. Selebriti atau publik figur bisa menunjukkan kelebihan produk tersebut, dan membangun sebuah kepercayaan dengan brand.

2. Menjadikan Brand Lebih Menonjol

Manfaat endorse adalah menjadikan brand atau merk terlihat lebih menonjol, apabila respon publik baik maka ini akan menjadi ladang keuntungan jangka panjang.

Ini karena selebriti akan mempromosikan produk tersebut dengan membandingkan produk dengan pesaing. Maka tak heran apabila ini akan membuat konsumen menjadi ingat tentang kelebihan produk tersebut, yang digunakan oleh selebriti favorit mereka.

3. Membuka Pasar Baru

Manfaat endorse adalah menjadi salah satu upaya membuka pasar baru. Brand atau merk bisa memilih selebritas atau publik figur yang tepat. Pastikan memiliki banyak pengikut dan penggemar untuk membuka peluang brand mencapai pasar baru. Adanya manfaat endorse ini termasuk bagian dari kesempatan emas para pelaku usaha yang sedang membangun anak tangga menuju kesuksesan.

4. Membangun Awareness

Manfaat endorse adalah bagian dari upaya membangun awareness. Melakukan endorse adalah akan membuat produk mudah dilihat dan dikenal.

Harapannya adalah produk akan dicari oleh banyak orang dan menjadi kepercayaan dari lebih banyak orang. Setelah mendapatkan awareness, pengusaha pun bisa menjalankan strategi atau mengembangkannya lagi karena orang sudah kenal dengan brand tersebut.

5. Membantu Promosi Produk Lain

Manfaat endorse adalah dapat membantu promosi produk lain. Endorse bukan hanya menunjang pemasaran dari satu produk, melaikan dampaknya akan memengaruhi seluruh produk yang dijual.

Brand secara keseluruhan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Apabila begitu, seluruh produk yang dijual pun akan terbantu pemasarannya.

6. Relatif Murah

Manfaat endorse adalah banyak yang mengatakan ini termasuk cara promosi yang relatif murah. Meski tidak selalu murah, sebenarnya mayoritas kegiatan promosi dengan endorse bisa dilakukan dengan biaya yang lebih sedikit daripada iklan lainnya, seperti iklan di media massa. Beberapa orang membuka jasa endorse dengan biaya yang murah atau cuma-cuma untuk membantu memasarkan sebuah produk.

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Endorse dan Jenisnya

Apabila sudah memahami pengertian dan manfaat endorse, selanjutnya ketahui cara melakukan endorse dan jenisnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Melakukan Endorse:

1. Cara melakukan endorse adalah memilih orang berpengaruh atau public figure yang dapat terhubung dan menjangkau audiens yang sesuai dengan produk.

2. Cara melakukan endorse adalah orang berpengaruh atau public figure mempunyai citra sesuai brand produk. Disarankan untuk menghindari memilih public figur dengan citra negatif, karena dapat mempengaruhi citra brand produk.

3. Cara melakukan endorse adalah pastikan orang berpengaruh atau public figure yang dipilih punya karakter yang sesuai dengan karakteristik brand, sehingga akan lebih mudah merepresentasikan nilai-nilai dalam brand.

4. Cara melakukan endorse adalah public figure mempunyai sikap positif dan menarik. Mengapa begitu? Semakin menarik seorang public figure, semakin efektif pula praktik endorse yang dilakukannya.

5. Cara melakukan endorse adalah orang yang akan mempromosikan harus mempunyai kredibilitas atau reputasi baik. Ini karena kredibilitas akan ditransfer ke brand, sehingga harus dipastikan mereka mempunyai reputasi yang kredibel atau benar-benar baik.

6. Cara melakukan endorse adalah perhatikan biayanya. Biaya endorse public figure bisa tinggi, tergantung pada popularitas. Jadikan jumlah biaya untuk endorsement produk sebagai bahan pertimbangan apakah mereka pantas dipilih atau tidak.

Jenis-Jenis Endorse:

1. Endorse Berbayar

Endorse berbayar adalah jenis endorse yang paling sering digunakan dalam dunia marketing. Sesuai dengan namanya, endorsement ini akan membuat public figure menerima sejumlah bayaran sesuai kesepakatan.

Dalam hal ini bayaran bisa saja berupa uang, barang atau jasa gratis, atau kombinasi keduanya. Sering kali, kesepakatan endorsement berbayar diwujudkan dalam bentuk tanda tangan kontrak.

2. Endorse Tidak Berbayar

Endorse tidak berbayar atau endorse terselubung terjadi saat seorang public figure. Itu artinya, public figure memang memakai atau menggunakan, dan merekomendasikan suatu produk brand tertentu karena mereka memang menyukainya.

Dalam kegiatan endorse, ini biasanya brand bisa mengirimkan sampel gratis kepada selebriti untuk mencoba produk mereka untuk diulas oleh public figure.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.