Sukses

14 Tempat Wisata Malaysia Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Malaysia terbaik yang wajib dikunjungi jika sedang liburan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata lengkap yang bisa anda kunjungi selama liburan. Terletak tidak jauh dari Indonesia, Malaysia menjadi tempat yang tepat untuk berwisata keluar negeri dalam waktu singkat sebelum kembali ke aktifitas harian.

Tempat wisata Malaysia terkenal dengan perpaduan arsitektur kolonial, taman dan pantai yang menakjubkan, gedung pencakar langit kontemporer, dan lanskap unik yang ditutupi oleh perkebunan teh. Malaysia memiliki banyak sekali objek menarik yang rasanya tidak ada habis-habisnya untuk dikunjungi.

Anda juga dapat menemukan tempat wisata Malaysia yang merupakan perpaduan budaya dari berbagai negara tetangga dan negara-negara Barat. Penduduknya pun beragam terdiri dari Melayu, India, China, Arab dan Eropa membuat wisata budaya di Malaysia akan memberikan nuansa berbeda yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Untuk anda yang sedang merencanakan untuk pergi ke tempat wisata Malaysia, berikut ini Liputan6.com rangkum rekomendasi tempat wisata Malaysia yang wajib dikunjungi beserta atraksi utamanya. Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Malaysia Terbaik

1. Kuala Lumpur

Tempat wisata Malaysia yang pertama dan wajib dikunjungi adalah Kuala Lumpur. Ibu kota dan kota terbesar di Malaysia ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pelancong. Yang paling terkenal adalah Menara Kembar Petronas atau dikenal sebagai menara kembar tertinggi di dunia, Kuala Lumpur adalah tujuan wisata yang sangat populer dan secara rutin masuk dalam daftar 10 kota paling banyak dikunjungi di dunia.

Perpaduan arsitektur kolonial, modern, Asia, dan Melayu mengalir di seluruh kota, memberikan tampilan unik yang biasanya tidak anda temukan di ibu kota Asia Tenggara lainnya. Istana Nasional dan Gedung Parlemen adalah dua contoh arsitektur di Kuala Lumpur yang menakjubkan dan layak untuk dilihat.

Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan saat anda berada di Kuala Lumpur termasuk mengunjungi Lapangan Merdeka, berbelanja di Jalan Petaling Chinatown, dan menjelajahi Taman Burung Kuala Lumpur. Kuala Lumpur juga dianggap sebagai salah satu tujuan belanja terbaik di Asia Tenggara.

 

2. George Town

Tempat wisata Malaysia yang kedua adalah George Town. George Town merupakan kota tua terbesar kedua di Malaysia dan telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak hanya kotanya, George Town juga terkenal dengan makanan dan juga arsitekturnya.

Dikenal sebagai ibukota makanan Malaysia, George Town menawarkan beberapa makanan jalanan terbaik di Asia Tenggara, pengalaman terbaik di tempat-tempat seperti Gurney Drive di tepi laut dan Jalan Chulia merupakan tujuan backpacker yang populer bagi para pengunjung.

Meskipun pelabuhan dan area tepi laut George Town adalah favorit turis, namun masih banyak yang bisa dilihat dan dilakukan di sini. Seperti pencakar langit tertinggi di kota dengan Rainbow Skywalk yang berbentuk U, yang merupakan sebuah platform kaca luar ruangan yang terletak di lantai 68. Dengan pemandangan George Town yang indah.

 

3. Gunung Mulu National Park

Tempat wisata Malaysia yang ketiga adalah Gunung Mulu yang terletak di Taman Nasional. Gunung Mulu menarik pengunjung dari seluruh Asia yang datang ke sini untuk trekking dan melihat gua, mata air panas, serta keindahan alam yang ada disekitarnya.

Pendaki dapat mencapai puncak Gunung Mulu setelah menempuh perjalanan 24 kilometer dengan ketinggian 1.200 meter yang dimulai dari markas taman nasional, tetapi bagi mereka yang mencari liburan yang santai dan tidak melelahkan, ada juga jalur yang lebih mudah di dalam taman.

Namun, atraksi utama taman ini adalah gua-guanya dan jutaan kelelawar yang menghuninya. Terletak jauh di dalam hutan hujan dan tebing karst di sekitarnya, gua-gua ini memecahkan rekor dalam beberapa hal, termasuk menampilkan sistem gua terpanjang di Asia Tenggara dan lorong gua terbesar di dunia.

 

4. Kuantan

Tempat wisata Malaysia selanjutnya adalah Kuantan. Daya tarik utama Kuantan adalah pantainya. Pantai Teluk Cempedak hanya beberapa menit dari pusat kota dan menawarkan garis pantai yang bersih dan rindang, sedangkan Pantai Cherating di dekatnya adalah rumah bagi penangkaran penyu, serta desa budaya yang memproduksi dan menjual batik tradisional.

Di Kuantan juga terdapat wisata alam lain yaitu Air Terjun Sungai Pandan dan Taman Esplanade yang juga merupakan atraksi populer dan menawarkan banyak kesempatan untuk menjelajahi lingkungan sekitar dengan cara mendaki atau berenang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Malaysia Terbaik

5. Hutan Hujan Borneo

Pulau Kalimantan yang terbagi dan sebagian menjadi milik Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam merupakan pulau yang tertutup rapat oleh hutan hujan tertua di dunia dan berfungsi sebagai perlindungan alami bagi spesies yang terancam punah, seperti badak Sumatera timur dan badak Kalimantan serta orangutan.

Jika anda ingin melihat orangutan dari dekat, Pusat Rehabilitasi Orangutan Sepilok adalah salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi banyak pengunjung pergi ke Kalimantan untuk menikmati budaya asli dan margasatwa hutan yang masih terjaga.

 

6. Dataran Tinggi Cameron

Tempat wisata Malaysia berikutnya adalah Dataran Tinggi Cameron. Dataran Tinggi Cameron adalah wilayah perbukitan dengan tumbuhan teh yang tumbuh di lereng gunung yang landai. Namun tidak hanya perkebunan tehnya, Dataran Tinggi Cameron juga merupakan rumah bagi pertanian lavender dan stroberi terbesar di Malaysia.

Pengunjung juga dapat mengikuti tur untuk melihat proses pembuatan teh dari dekat, mengunjungi toko souvenir, dan jelajahi jalan setapak yang membelah daratan. Terdapat juga Taman Teknologi Agro Mardi yang bisa dikunjungi untuk belajar tentang pertanian dan perkebunan di Malaysia.

 

7. Perhentian Island

Perhentian Island merupakan pulau-pulau kecil yang dikelilingi karang dan cocok untuk wisatawan yang ingin menjelajahi alam dengan kayak, snorkeling, dan menyelam scuba. Disini wisatawan juga bisa mendapat kesempatan untuk menjadi sukarelawan dari organisasi lokal dalam upaya konservasi penyu hijau dan penyu sisik.

Selain laut, pengunjung juga bisa melakukan trekking di Hutan. Trekking hutan adalah daya tarik utama lainnya, karena jalur disini berliku-liku melintasi pulau-pulau, menghubungkan pantai satu sama lain dan memotong hutan lebat tempat biawak dan monyet hidup.

 

8. Taman Nasional

Taman nasional Malaysia merupakan sebuah kawasan lindung yang dihuni oleh hutan hujan berusia 130 juta tahun, Taman Negara menawarkan aktivitas dan atraksi yang berlangsung selama berhari-hari seperti trekking. Selain trekking di hutan dan mengamati burung, pengunjung datang ke sini untuk mendaki gunung, mencoba jalur kanopi, atau melompat di sungai Lata Berkoh.

Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sejumlah spesies yang terancam punah, termasuk harimau Malaya dan burung merak Malaya, pengunjung mendapat kesempatan untuk melihat langsung pemandangan langka dari kehidupan keduanya di taman nasional ini.

 

9. Langkawi

Tempat wisata Malaysia berikutnya adalah Langkawi. Langkawi adalah rumah bagi tiga taman Geoforest yang dilindungi dan memiliki banyak pantai dengan deretan pohon kelapa yang merupakan salah satu pantai terbaik di Malaysia. Beberapa pantai, seperti Pantai Cenang, sangat populer di kalangan wisatawan.

Untuk pemandangan pulau dan laut terbaik di Langkawi, anda dapat naik kereta gantung pulau ke puncak salah satu gunung tertinggi di pulau itu. Sesampainya di sini, anda bisa naik Langkawi Sky Bridge sepanjang 125 meter, yang juga merupakan jalur pejalan kaki yang terletak di 660 meter di atas permukaan laut.

Hanya beberapa menit dari kereta gantung ada juga Air Terjun Telaga Tujuh, yang menawarkan kolam renang yang jernih dan indah, serta jalur hutan yang membentang di dua gunung yang berbeda.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Malaysia Terbaik

10. Batu Ferringhi

Terletak di pinggiran kota George Town, Batu Ferringhi adalah tujuan pantai yang terkenal bagi pengunjung lokal dan asing dengan banyak hal yang ditawarkan. Terdapat banyak penginapan dan resort kelas atas yang berjajar di garis pantai dan pengunjung memiliki kesempatan untuk mencoba parasailing serta selancar angin atau menyewa jet ski.

Begitu matahari terbenam, daya tarik Batu Ferringhi yang paling populer adalah pasar malamnya, di mana wisatawan bisa mendapatkan batik, souvenir buatan tangan, dan kerajinan lokal sebanyak yang diinginkan. Kios-kios makanan di pasar juga patut dicoba, menawarkan berbagai makanan tradisional Melayu dan makanan kekinian yang bisa dipilih sesuai selera.

 

11. Kota Kinabalu

Selanjutnya ada Kota Kinabalu, Kota Kinabalu terletak di bagian utara Kalimantan dan dikelilingi oleh hutan asri dan pegunungan besar. Terdapat Gunung Kinabalu di dekatnya, yang merupakan gunung tertinggi di Malaysia dan tujuan pendakian yang sangat populer.

Gunung ini berstatus dilindungi dan merupakan rumah bagi banyak spesies yang terancam punah, sehingga pendakian hanya dapat dilakukan jika ditemani oleh penjaga taman. Ada juga Taman Nasional Tunku Abdul Rahman, yang merupakan objek wisata penting lainnya, disini anda dapat menjelajahi terumbu karang atau ikuti banyak jalur pendakian yang membelah hutan tropis yang lebat.

 

12. Ipoh

Kota terbesar ketiga di Malaysia ini terkenal dengan arsitektur era kolonial, masakan tradisional yang menggabungkan pengaruh makanan Cina, India, dan Melayu, serta alamnya yang masih alami dan indah. Kota Tua Ipoh berada di dekat Sungai Kinta, dan merupakan tempat yang tepat untuk melihat Concubine Lane yang merupakan area yang penuh dengan restoran, kios pop-up, dan toko souvenir.

Namun, keistimewaan Ipoh yang paling unik adalah seni jalanannya, disini terdapat banyak bentuk mural besar yang digambar di gedung-gedung untuk menghidupkan warisan Ipoh. Saat berada di kota, luangkan waktu untuk mampir ke Birch Memorial Clock Tower untuk beberapa foto yang bagus.

 

13. Pulau Tioman

Tempat wisata Malaysia selanjutnya adalah pulau Tioman. Tioman adalah tujuan bagi mereka yang mencari kehidupan pantai yang lebih sederhana dan lebih asri, disini banyak pantai yang masih belum terjamah banyak orang.

Terdapat Pantai ABC yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah, kemudian ada Pantai Juara yang tenang dan sempurna untuk berenang. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin pengalaman snorkeling yang luar biasa, dapat pergi ke Pantai Salang.

 

14. Kota Malaka

Tempat wisata Malaysia yang terakhir adalah Kota Malaka. Kota Malaka telah menjadi kota pelabuhan penting sejak abad ke-15, meskipun saat ini kota ini terkenal dengan bangunan warisannya yang berwarna-warni dan atraksi budaya yang menyenangkan. Kota kuno ini paling baik dijelajahi dengan berjalan kaki, sehingga anda dapat benar-benar menikmati perpaduan eklektik arsitektur kolonial dan Peranakan.

Daya tarik utama Malaka adalah tepi lautnya yang indah, di mana anda akan menemukan banyak kafe yang ramai, tempat hiburan, dan tempat untuk dikunjungi. Misalnya, ada gedung Stadthuys abad ke-17, yang pernah menjadi kediaman resmi gubernur dan sekarang menjadi Museum Sejarah dan Etnografi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.