Sukses

10 Cara Main Gitar untuk Pemula, Mudah Dipelajari

Inilah 10 cara Main gitar untuk pemula yang perlu kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Gitar adalah salah satu alat musik yang sangat populer di masyarakat. Dari anak muda sampai orang tua gemar memainkan alat musik yang satu ini. Cara main gitar yang cukup mudah membuat alat musik ini banyak dimainkan oleh orang-orang.

Sebagai alat musik yang populer, gitar juga banyak digunakan di berbagai genre musik. Mulai dari musik blues, jazz, rock, hingga pop dan dangdut juga banyak menggunakan alat musik ini. Banyaknya musik yang menggunakan gitar juga menjadi faktor yang mendukung kepopuleran gitar.

Gitar juga sering dimainkan ketika kita berkumpul bersama teman-teman. Bernyanyi bersama teman-teman atau keluarga sambil diiringi suara gitar yang indah membuat suasana berkumpul menjadi lebih asyik dan lebih hangat, membuat kita merasa lebih dekat dengan mereka.

Keahlian bermain gitar juga bisa membantu seseorang untuk menarik perhatian orang lain. Orang yang ahli bermain gitar terlihat keren dan menarik perhatian orang lain di sekitarnya. Oleh sebab itu, beberapa orang berlomba-lomba untuk belajar cara main gitar untuk menarik perhatian orang lain, termasuk perhatian dari lawan jenis.

Berikut ini beberapa cara main gitar untuk pemula yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Main Gitar

1. Menemukan Posisi yang Nyaman

Cara main gitar pertama yang perlu dipelajari oleh pemula ialah mencari posisi yang nyaman. Posisi bermain gitar yang nyaman akan membantumu untuk mempelajari cara main gitar. Posisi bermain yang nyaman membantumu untuk tetap fokus belajar bermain gitar dan membuat badanmu tidak cepat lelah sehingga bisa memainkan alat musik ini lebih lama.

Untuk belajar gitar pertama kali, lebih baik kita memulainya dengan posisi duduk. Cobalah duduk dikursi dengan badan yang tegak lalu letakkan gitar di pangkuan kaki kananmu dan dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Cobalah memegang gitar dengan cara tangan kiri (atau tangan kanan jika kamu kidal dan menggunakan gitar untuk orang kidal) menggenggam fret. Posisikan ibu jari di belakang fret sementara empat jari lainnya di depan fret. Gunakan keempat jarimu yang ada di bagian depan fret untuk menekan-nekan senar lalu gunakan tangan satunya untuk memetik gitar. Lakukanlah pelan-pelan terlebih dahulu lalu tambahlah tempo secara perlahan untuk melatih keseimbangan. Kamu bisa mengubah-ubah posisi gitar sampai menemukan posisi yang terasa nyaman untuk badanmu.

Selain mencari posisi badan yang nyaman, kamu juga perlu mencari gitar yang cocok dan nyaman untuk badanmu. Kalau badanmu berukuran kecil, janganlah menggunakan gitar yang terlalu besar karena bisa membuatmu merasa tidak nyaman dan membuat badanmu cepat merasa capek dan pegal.

2. Belajar Menyetel Gitar

Setelah menemukan posisi yang nyaman untuk main gitar, maka langkah yang selanjutnya untuk mempelajari cara main gitar ialah belajar menyetel suara gitar. Belajar menyetel suara gitar adalah salah satu keahlian penting untuk dipelajari pemula. Pasalnya, gitar yang tidak disetel terlebih dahulu tidak akan mengeluarkan suara yang merdu. Selain itu, setelan pada gitar juga bisa berubah-ubah karena beberapa faktor.

Untuk menyetel nada gitar, kamu perlu untuk mengetahui nama-nama senar gitar terlebih dahulu. Bila diurutkan dari atas (senar yang paling tebal) ke bawah (senar yang paling tipis) ialah E, A, D, G, B, dan E. Setelah itu, aturlah tuner (alat putar yang ada di kepala gitar) untuk menyesuaikan nada gitar. Kencangkanlah senar untuk menaikan nada senar, sedangkan untuk menurunkan nada senar, anda bisa mengendurkan senar tersebut.

Untuk membantu menyetel nada gitar anda bisa mencocokannya dengan alat musik lain untuk memastikan nada yang dikeluarkan oleh gitar sudah tepat. Selain itu, anda juga bisa membeli dan menggunakan alat tuner gitar digital untuk membantu menyetel suara gitar.

3 dari 6 halaman

Cara Main Gitar

3. Belajar Memetik

Cara main gitar selanjutnya untuk pemula ialah dengan belajar cara memetik gitar. Teknik memetik gitar yang baik membantu kita untuk menghasilkan suara yang indah dan merdu.

Sebelum belajar memetik, kalian perlu tahu kalau senar gitar dinamai berdasarkan urutan angka, yaitu 1 sampai 6. Senar 1 adalah senar yang paling bawah dan paling tipis sementara senar 6 adalah senar yang paling atas dan paling tebal.

Gunakan ibu jari kananmu untuk memetik senar nomor 6, 5, dan 4 atau 3 senar dibagian atas gitar. Sementara itu, gunakanlah jari telunjukmu untuk memetik senar nomor 3, jari tengahmu untuk memetik senar nomor 2, dan gunakan jari manismu untuk memetik senar nomor 1.

Belajarlah cara memetik gitar dengan memulainya pelan-pelan terlebih dahulu lalu perlahan-lahan tambahlah atau percepat tempo permainan. Lakukanlah ini secara rutin untuk melatih kelenturan jarimu.

4. Belajar Kunci Gitar

Tahap selanjutnya untuk cara main gitar ialah mempelajari kunci gitar. Kunci-kunci dasar gitar yang perlu kamu pelajari adalah A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan G. Setiap kunci akan mengeluarkan nada yang berbeda. Selain itu, setiap kunci juga memiliki cara memetik yang berbeda. Untuk membantumu belajar kunci gitar, kamu bisa membeli buku panduan cara main gitar atau mencarinya dari internet, ataupun bertanya kepada teman.

Berikut kunci dasar cara main gitar untuk pemula yang perlu diketahui:

1. Senar 1 hasilkan nada E’

2. Senar 2 hasilkan nada B

3. Senar 3 hasilkan nada G

4. Senar 3 hasilkan nada G

5. Senar 4 hasilkan nada D

6. Senar 5 hasilkan nada A

7. Senar 6 hasilkan nada E

4 dari 6 halaman

Cara Main Gitar

5. Mempelajari Melodi

Tahap selanjutnya dalam belajar cara main gitar bagi pemula ialah mempelajari melodi dan not. Hapan ini bisa dikatakan sebagai tahapan yang paling sulit karena pada tahapan ini kamu membutuhkan fokus yang kuat dan berbagai keahlian seperti pendengaran yang peka dan juga insting dan kreativitas.

Untuk mempelajari keahlian ini, ada tiga tahapan yang bisa dilakukan oleh para pemula. Tahapan-tahapan tersebut ialah:

1. Membaca tabulasi. Kamu bisa memulai mempelajari melodi dengan bantuan tabulasi. Tabulasi adalah tabel yang berisi not-not lagu yang bisa membantu memudahkanmu untuk mempelajari melodi. Setelah membaca tabulasi, cobalah mainkan melodi tersebut di gitar. Mulai dengan tempo yang lebih lambat lalu perlahan naikkan tempo apabila kamu sudah lancar memainkannya.

2. Pahami scale. Setiap melodi memiliki pola dasar yang disebut sebagai scale. Dengan mempelajari dan memahami scale, kamu dapat menebak melodi pada suatu lagu. Untuk menebak melodi pada lagu, kamu juga butuh untuk melatih kepekaan indra pendengaranmu di samping mempelajari scale. Di dalam musik ada beberapa scale yang sering digunakan. Scale yang paling mudah dipahami ialah pentatonic scale.

3. Setelah kamu memahami scale, tahap selanjutnya ialah belajar improvisasi. Cobalah memainkan satu scale tertentu lalu coba berimprovisasi berdasarkan pola scale tersebut. Untuk melakukan ini, kamu tidak hanya butuh pendengaran yang bagus, tetapi juga butuh kreativitas serta insting. Pengalaman adalah kunci untuk membangun kemampuan ini. Banyak mendengarkan berbagai macam lagu juga bisa membantumu untuk mengasah kreativitasmu.

6 Rutin Bermain

Kunci untuk belajar cara main gitar ialah rutin bermain. Biasanya, para pemula akan merasakan sakit di jari-jarinya pada masa awal-awal bermain gitar. Akan tetapi, janganlah berhenti bermain dan teruslah berlatih. Dengan rutin berlatih kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut. Semakin sering kita menggunakan jari-jari kita untuk bermain gitar, maka jari-jari kita akan cepat terbiasa dan tidak akan merasa sakit lagi.

Selain itu, cobalah latih kemampuanmu secara perlahan. Pelajari satu kunci terlebih dahulu, dan pastikan bahwa kamu sudah bisa mengeluarkan nada yang jernih dan merdu. Setelah itu, barulah belajar kunci yang lainnya. Dengan belajar gitar secara rutin, kamu akan semakin cepat menghafal kunci-kunci gitar.

5 dari 6 halaman

Cara Main Gitar

7. Berlatih Intonasi dan Irama

Tahap untuk belajar cara main gitar yang selanjutnya ialah berlatih intonasi dan irama. Selain nada, intonasi dan irama adalah kunci dari musik yang bagus dan indah. Oleh sebab itu, penting untuk para pemula mempelajari dan berlatih intonasi serta irama.

Cara untuk melatih intonasi dan irama juga cukup mudah. Pertama-tama cobalah mainkan satu lagu terlebih dahulu dengan tempo yang lebih lambat sampai kamu lancar memainkannya. Setelah itu, cobalah untuk menaikkan tempo daro lagu tersebut sedikit. Terus ulangi sampai kamu lancar memainkannya di tempo yang sebenarnya. Kamu bisa menggunakan metronom untuk membantu melatih irama permainan gitar. Saat ini kamu tidak perlu membeli alat metronom, cukup gunakan aplikasi yang tersedia di smartphone-mu.

8. Melatih Memori Otot

Melatih memori otot adalah kunci berikutnya untuk belajar cara main gitar. Untuk membangun memori otot ini, kamu perlu berlatih secara rutin. Dengan berlatih secara rutin, maka tubuhmu secara otomatis akan mengingat posisi-posisi tertentu, seperti kunci-kunci gitar dan sebagainya. Berlatih juga membantumu untuk mengasah instingmu dalam bermain gitar.

6 dari 6 halaman

Cara Main Gitar

9. Mulai Belajar Dengan Lagu yang Mudah

Berlatih kunci dan scale gitar memang terkadang membosankan. Anda bisa membantu melatih kemampuan untuk bermain gitar dengan memainkan lagu supaya anda tidak jenuh berlatih.

Untuk berlatih bermain gitar, ada baiknya kamu memilih lagu-lagu yang mudah terlebih dahulu. Fokuslah berlatih satu lagu terlebih dahulu sampai kamu benar-benar mahir dan lancar sebelum mempelajari lagu yang lain. Belajar gitar dengan mempelajari lagu kesukaan bisa membuat berlatih gitar terasa menyenangkan dan memberikan motivasi bagi mereka.

10 Melatih Kelenturan Jari

Kunci berlatih bermain gitar selanjutnya ialah dengan melatih kelenturan jari. Jari yang lentur membantumu untuk memainkan melodi yang rumit dan cepat.

Cara untuk melatih kelenturan jarimu juga cukup mudah. Sama dengan cara melatih irama, cara untuk melatih kelenturan jari adalah dengan memainkan satu scale atau melodi. lalu perlahan-lahan menaikkan temponya. Lakukanlah secara rutin supaya jarimu semakin lentur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.