Sukses

12 Wisata Toraja Sulawesi Selatan yang Selalu Populer Dikunjungi Wisatawan

Rekomendasi tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan berlibur ke provinsi Sulawesi Selatan, tak lengkap tanpa berkunjung ke tempat wisata Toraja. Wisata Toraja wajib banget dikunjungi karena alamnya sangat memesona.

Mengunjungi tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan, akan membuat pengunjung bak di negeri atas awan saat ada di Pango-Pango. Ini karena pengunjung bisa mendapatkan sajian pemandangan lautan awan.

Menyusuri Tana Toraja akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama. Selain pasti disuguhkan pemandangan alam yang konon masih perawan, di sini budaya dan sejarahnya masih sangat kental.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan? Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer, Minggu (5/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Toraja Sulawesi Selatan yang Selalu Populer

1. Museum Ne’ Gandeng

Museum Ne’Gandeng adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Terletak di Desa Pelangi, Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan. Museum yang menjadi wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini telah dikunjungi wisawatan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dulunya, bangunan wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng, salah satu leluhur tertua di Tana Toraja. Museum ini dibangun untuk menghormati kematian Ne’ Gandeng dan juga dibangun beberapa pondok untuk pemakaman warga Toraja.

2. Batu Tumonga

Batu Tumonga adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer dengan julukan negeri di atas awan. Letak Tana Toraja yang memang di dataran tinggi, maka banyak daerah yang menyajikan keindahan negeri di atas awan dengan keunikan masing-masing.

Desa wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer satu ini menawarkan pemandangan alam dari Kota Rantepao yang bisa anda saksikan dari ketinggian mencapai 1300 M di atas permukaan laut.

Batu Tumonga terletak di Kabupaten Toraja Utara dan tentunya sayang sayang untuk dilewatkan. Adanya keindahan at di Batu Tumonga ini, akan menjadikan pengunjung betah berlama-lama.

Apalagi bila mengunjunginya pada sore hari sambil menikmati pemandangan dan udara sore yang indah.

3. Londa

Londa adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Lokasi wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini di Desa Sandan Uai, 7 kilometer sebelah Selatan Kota Rantepao. Londa merupakan pemakaman yang terletak di sebuah tebing batu yang di dalamnya terdapat gua untuk makam.

Di gua tersebut terdapat peti mati dan jenazah, tulang, dan tengkorak yang berusia ratusan tahun. Di bibir tebing terdapat berbagai amacam pating kayu berbentuk seperti orang.

Patung-patung di tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer tersebut merupakan patung dari setiap jenazah yang dimakamkan di Londa. Patung tersebut biasa disebut Tau Tau.

4. Kawasan Wisata Ollon

Kawasan Ollon adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Sesuai namanya, tempat wisata di Toraja satu ini berlokasi di Desa Ollon.

Di wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa bukit-bukit Teletubbies.

Pengunjung bisa bersantai menikmati pemandangan indah perbukitan berwarna hijau serta merasakan udara yang sejuk di tempat ini. Tempatnya yang luas, pengunjung bisa mengajak keluarga ke kawasan wisata Ollon ini.

5. Kete Kesu

Kete Kesu adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Kete Kesu menawarkan pemandangan kumpulan rumah adat Tana Toraja atau yang bernama Tongkonan, di daerah perbukitan dengan hamparan sawah dan hutan hijau.

Rumah adat Tongkonan wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini digunakan untuk penyempanan sementara jenazah yang belum dimakamkan.

Selain itu, pengunjung juga akan menemukan tebing batu Kete Kesu yang merupakan kuburan batu peninggalan sejarah Tana Toraja. Pengunjung bisa melihat kuburan dan peti mati yang ada di tebing. Di tempat ini pengunjung juga bisa membeli berbagai cinderamata khas Tana Toraja yang harganya cukup murah.

6. Air Terjun Talondo Tallu

Air Terjun Talondo adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Air terjun yang bercabang tiga ini sangat unik dan sangat indah untuk dijadikan background fotomu.

Apalagi dengan air yang jernih dan dingin, pengunjung bisa menikmati suasana sejuk khas dataran tinggi di salah satu tempat wisata di Toraja ini. Percabangan Air Terjun Talondo Tallu ini terjadi karena pertemuan dua buah sungai.

Saat pengunjung sedang penat dengan rutinitas yang memusingkan kepala, tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini cocok dijadikan sebagai pelarian demi mendapatkan suasana yang nyaman.

Bahkan tempatnya pun cukup jauh, karena pengunjung harus berjalan sejauh 8 kilometer untuk mencapainya. Perjuanganmu menuju tempat ini akan terbayar tuntas dengan keindahan dan kenyamanan yang diberikan oleh Air terjun ini.

3 dari 3 halaman

Wisata Toraja Sulawesi Selatan yang Selalu Populer Selanjutnya

7. Danau Towuti

Danau Towuti adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Ini danau purba berumur jutaan tahun. Danau tempat wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer ini terletak di terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau ini memiliki memiliki lima pulau di tengahnya.

8. Pango-Pango

Pango-pango adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Ini tempat wisata di Toraja yang tergolong pada wisata agro. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam dan suasana sejuk dataran tinggi. Berlokasi di Kota Makale, tempat ini terletak di puncak bukit.

Pango-Pango yang menjadi wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer sering disebut dengan negeri di atas awan. Ini karena pengunjung bisa mendapatkan sajian pemandangan lautan awan.

9. Pulau Bulupole

Pulau Bulupole adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer, yang terletak di Teluk Bone, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Pulau Bulupole memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya alam pegunungan yang menyatu dengan keindahan pesisir pantai.

Wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer seperti pulau Bulupole memiliki bentangan pasir putih halus yang mengitari pulau. Tak ketinggalan cantiknya keindahan bawah laut yang memanjakan mata.

10. Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer. Wisata ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives.

Atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Atol di Takabonerate mencapai 220 ribu hektare. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Taman Nasional Taka Bonerate terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

11. Buntu Burake

Di Buntu Burake yang menjadi wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Makale. Tak hanya itu. Buntu Burake juga dilengkapi dengan jembatan kaca yang mendukung pengambilan gambar yang indah. Jembatan kaca di Patung Yesus yang memberkati Tana Toraja ini diklaim sebagai jembatan kaca terluas di indonesia.

12. Bori Kalimbuang

Bori Kalimbuang adalah wisata Toraja Sulawesi Selatan yang selalu populer, pengunjung bisa melihat banyak menhir yang berasal dari era megalitikum. Sebanyak 54 menhir kecil, 24 berukuran sedang, dan 24 lain berukuran sangat besar tersebar di Bori Kalimbuang.

Menhir tersebut berdiri tegak dan kokoh yang dipadukan dengan bangunan khas Toraja yang membentuk spot foto yang Instagramable. Di kawasan Bori Kalimbuang ada beberapa area berdasarkan fungsinya. Salah satunya Rantw Kalimbuang yang digunakan sebagai tempat upacara penguburan adat Rambu Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.