Sukses

Manfaat Motivasi adalah Memudahkan dalam Menentukan Arah, Simak Penjelasannya

Motivasi berguna menentukan tujuan dan mendapat kepuasan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu motivasi? Memahami motivasi adalah dorongan baik bagi setiap individu untuk mencapai sesuatu. Motivasi adalah dorongan untuk menentukan tujuan dan mendapat kepuasan.

Manfaat motivasi adalah memudahkan dalam menentukan arah. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar oleh Sudirman.

“Manfaat motivasi adalah memberikan dorongan, menentukan arah, dan membantu melakukan seleksi,” dijelaskan.

Dalam modul berjudul Manfaat dan Tujuan Motivasi yang dipublikasikan Institut Agama Islam Negeri Tulung Agung, motivasi adalah dipengaruhi oleh stimuli kekuatan intrinsik dan ekstrinsik.

".. tetapi motivasi itu sendiri mencerminkan reaksi individu terhadap stimuli tersebut,” dijelaskan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam pengertian motivasi, manfaat motivasi, dan jenis-jenis motivasi, Minggu (5/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Motivasi adalah Dorongan dalam Diri Individu

Memahami motivasi adalah dorongan baik bagi setiap individu untuk mencapai sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Dalam ilmu Psikologi, dijelaskan pengertian motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Motivasi dalam diri setiap orang dipengaruhi oleh kekuatan tertentu. Dalam modul berjudul Manfaat dan Tujuan Motivasi yang dipublikasikan Institut Agama Islam Negeri Tulung Agung, motivasi adalah dipengaruhi oleh stimuli kekuatan intrinsik dan ekstrinsik.

“Stimuli kekuatan intrinsik yang ada pada diri seseorang yang bersangkutan, stimuli eksternal mungkin juga dapat mempengaruhi motivasi, tetapi motivasi itu sendiri mencerminkan reaksi individu terhadap stimuli tersebut,” dijelaskan.

Secara etimologi, istilah motivasi berasal dari bahasa Latin yaitu “movore” yang artinya gerak atau dorongan untuk bergerak. Sedangkan dalam bahasa Inggris, asal kata istilah motivasi adalah “motive” yang artinya daya gerak atau alasan. Dalam Bahasa Indonesia, asal kata motivasi adalah “motif”, artinya daya upaya yang mendorong seseorang melakukan sesuatu.

Para ahli menjelaskan pengertian motivasi sebagai berikut:

1. Pengertian Motivasi Menurut Abraham Maslow

Pengertian motivasi adalah sesuatu yang bersifat konstan (tetap), tidak pernah berakhir, berfluktuasi dan bersifat kompleks, dan hal itu kebanyakan merupakan karakteristik universal pada setiap kegiatan organisme.

2. Pengertian Motivasi Menurut John W Santrock

Pengertian motivasi adalah proses memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama.

3. Pengertian Motivasi Menurut Mc. Donald

Pengertian motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

4. Pengertian Motivasi Menurut A.W Bernard

Pengertian motivasi adalah fenomena yang dilibatkan dalam perangsangan tindakan kearah tujuan tertentu yang sebelumnya kecil atau tidak ada gerakan kearah tujuan-tujuan tertentu. Motivasi merupakan usaha memperbesar atau mengadakan gerakan untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Pengertian Motivasi Menurut Thomas M. Risk

Pengertian motivasi adalah usaha yang disadari oleh pihak guru untuk menimbulkan motif-motif pada diri siswa yang menunjang kearah tujuan-tujuan belajar.

6. Pengertian Motivasi Menurut Chaplin

Pengertian motivasi adalah variable penyelang yang digunakan untuk menimbulkan faktor-faktor tertentu didalam membangkitkan, mengelola, mempertahankan, dan menyalurkan tingkah laku menuju suatu sasaran.

7. Pengertian Motivasi Menurut Tabrani Rusyan

Pengertian motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.

8. Pengertian Motivasi Menurut Dimyati dan Mudjiono

Pengertian motivasi adalah terkandung adanya keinginan mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.

9. Pengertian Motivasi Menurut Atkinson

Pengertian motivasi adalah suatu tendensi seseorang untuk berbuat yang meningkat guna menghasilkan satu hasil atau lebih pengaruh.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Motivasi adalah Memudahkan dalam Menentukan Arah

Apabila sudah memahami pengertian motivasi adalah dorongan dalam diri individu yang dipengaruhi sesuatu, apa sebenarnya manfaat adanya motivasi?

Dalam buku berjudul Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar oleh Sudirman, dijelaskan ada tiga manfaat motivasi yang perlu diketahui. Manfaat motivasi adalah memberikan dorongan, menentukan arah, dan membantu melakukan seleksi.

Ini penjelasan tiga manfaat motivasi menurut Sudirman:

1. Manfaat Motivasi adalah Memberikan Dorongan

Mendorong individu untuk melakukan sesuatu, motivasi dalam hal ini yaitu motor penggerak melalui masing-masing aktivitas yang akan dikerjakan.

2. Manfaat Motivasi adalah Menentukan Arah

Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang akan diwujudkan, sehingga motivasi bisa memberikan aktivitas serta arah yang harus dikerjakan selaras pada rumusan tujuannya.

3. Manfaat Motivasi adalah Membantu Melakukan Seleksi

Menyeleksi perbuatan, yakni menetapkan tindakan-tindakan apa yang harus dikerjakan yang selaras untuk mewujudkan tujuan, dengan menyisihkan tindakan-tindakan yang tidak berguna untuk tujuan tersebut.

Sementara itu yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada enam manfaat motivasi yang perlu diketahui. Apa saja manfaat motivasi tersebut?

1. Manfaat motivasi adalah sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan kepencapaian tujuan yang diinginkan.

2. Manfaat motivasi adalah sebagai pendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan.

3. Manfaat motivasi adalah sebagai penentu arah perbuatan manusia ke arah yang akan dicapai.

4. Manfaat motivasi adalah sebagai penyeleksi perbuatan, sehingga perbuatan manusia senantiasa selektif dan tetap terarah kepada tujuan yang ingin dicapai.

5. Manfaat motivasi adalah sebagai penggerak, artinya motivasi akan berfungsi sebagai penentu cepat lambanya suatu pekerjaan.

6. Manfaat motivasi adalah sebagai penolong untuk berbuat mencapai tujuan.

Untuk bisa mencapai manfaat motivasi tersebut, harus ada komponen motivasi yang harus dipenuhi. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada dua komponen motivasi, yakni inner component dan outer component.

Ini penjelasan komponen motivasi tersebut:

1. Komponen dalam motivasi adalah perubahan dalam diri seseorang, keadaan merasa tidak puas dan ketegangan psikologis.

2. Komponen luar motivasi adalah apa yang diinginkan seseorang, tujuan yang menjadi arah kelakuannya.

Berdasarkan definisi tersebut, komponen dalam ialah kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipuaskan, sedangkan komponen luar ialah tujuan yang hendak dicapai.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Motivasi dan Penjelasannya

Ini penjelasan jenis-jenis motivasi menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Chaplin

Menurutnya motivasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

- Physiological drive

Dorongan yang bersifat fisik, seperti lapar, haus, seks, dan sebagainya.

- Social motives

Dorongan-dorongan yang berhubungan dengan orang lain, seperti estetis, dorongan ingin selalu berbuat baik, dan etis.

2. Woodworth dan Marquis

Kemudian, motivasi menurut Woodworth dan Marquis digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:

- Kebutuhan-kebutuhan organis

Jenis motivasi yang berkaitan dengan kebutuhan bagian dalam, seperti: makan, minum, bergerak dan istirahat/tidur, dan sebagainya.

- Motivasi darurat

Mencakup dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, dorongan untuk berusaha, dorongan untuk mengejar. Motivasi ini timbul jika situasi menuntut timbulnya kegiatan yang cepat dan kuat dari diri seseorang.Pada motivasi darurat motivasi bukan timbul atas keinginan seseorang tetapi karena perangsang dari luar.

- Motivasi obyektif

Motivasi yang diarahkan kepada obyek atau tujuan disekitar kita. Motivasi ini mencakup kebutuhan eksplorasi, manipulasi dan menaruh minat.  Motivasi ini timbul karena adanya dorongan untuk menghadapi dunia secara efektif.

3. Fradsen

Selanjutnya, menurut Fradsen motivasi terbagi menjadi berikut:

- Physiological drive

Istilah ini digunakan untuk merujuk pada motivasi bawaan (unlearned motives).

- Affiliative need

Merupakan motivasi yang dipelajari (learned motives) dengan istilah affiliative need.

- Cognitive motives

Motif ini menunjuk pada gejala intrinsik, yakni menyangkut kepuasan individual. Kepuasan individual berada didalam diri manusia dan biasanya berwujud proses dan produk mental.

- Self-expression

Sebagian dari perilaku manusia,individu tidak sekedar tahu mengapa dan bagaimana sesuatu itu terjadi, tetapi juga mampu membuat suatu kejadian. Kreatifitas dan imajinasi sangat dibutuhkan, bagi seseorang yang memiliki keinginan untuk aktualisasi diri.

- Self-enhancement

Lewat aktualisasi diri dan pengembangan kompetensi akan meningkatkan kemajuan diri seseorang. Ketinggian dan kemajuan diri menjadi salah satu keinginan bagi setiap individu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.