Sukses

12 Penyebab Keputihan pada Wanita, Waspadai Tanda Abnormalnya

Penting mengamati perubahan pada keputihan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab keputihan pada wanita penting diwaspadai. Keputihan sebenarnya merupakan kondisi normal pada wanita. Tapi, dalam beberapa kasus, penyebab keputihan pada wanita bisa menandakan masalah serius.

Penting mengamati perubahan pada keputihan. Ini bisa membuat penyebab keputihan pada wanita lebih cepat dikenali. Dalam kondisi normal, penyebab keputihan pada wanita berfungsi menghilangkan sel-sel tua dan kotoran, menjaga vagina dan saluran reproduksi tetap bersih dan sehat.

Tapi, penyebab keputihan pada wanita juga bisa menjadi tanda adanya masalah reproduksi. Penyebab keputihan pada wanita ini biasanya disertai dengan gejala dan masalah lainnya. Penyebab keputihan pada wanita yang tidak normal bisa dipicu oleh bakteri, jamur, parasit, atau sel kanker.

Berikut penyebab keputihan pada wanita, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Jumat (13/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab keputihan normal

Masa ovulasi

Penyebab keputihan pada wanita paling umum disebabkan oleh ovulasi. Selama masa ovulasi, tubuh mengeluarkan lendir serviks. Cairan serviks yang subur membantu sperma bergerak ke atas serviks untuk membuahi sel telur. Ini juga menjaga sperma tetap sehat selama perjalanan. Keputihan yang normal berwarna bening, mungkin kental atau tipis, dan biasanya tidak berbau.

Gairah

Gairah seksual memicu beberapa respons fisik dalam tubuh. Gairah meningkatkan aliran darah di alat kelamin. Akibatnya, pembuluh darah membesar, yang mendorong cairan ke permukaan dinding vagina. Cairan gairahnya bening dan berair dengan tekstur licin. Cairan ini membantu melumasi vagina saat berhubungan seks.

Kehamilan

Kehamilan merupakan kondisi umum yang ada selama kehamilan. Adalah normal untuk memiliki lebih banyak keputihan selama kehamilan. Salah satu tanda awal kehamilan adalah peningkatan keputihan, dan ini berlanjut sepanjang kehamilan. Ini membantu mencegah infeksi apa pun yang naik dari vagina ke rahim.

3 dari 6 halaman

Penyebab keputihan tidak normal

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan stres, pola makan, atau kondisi medis yang mendasarinya dapat menjadi penyebab keputihan pada wanita yang lebih berat. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) misalnya, mengacu pada serangkaian gejala yang terjadi sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon. Mereka yang menderita PCOS memiliki kadar hormon pria yang disebut androgen lebih tinggi. Peningkatan kadar androgen dapat mengubah jumlah atau tekstur cairan serviks.

Vaginitis

Vaginitis mengacu pada peradangan pada vagina, yang dapat terjadi akibat infeksi atau iritasi karena faktor-faktor seperti douche, pelumas, dan pakaian yang tidak pas. Vaginitis dapat menyebabkan keputihan kental yang mungkin berwarna putih, abu-abu, kuning, atau hijau.

Bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari pertumbuhan bakteri yang berlebihan di dalam vagina. Infeksi vagina ini adalah yang paling umum di antara wanita berusia15–44 tahun.

4 dari 6 halaman

Penyebab keputihan tidak normal

Infeksi jamur

Infeksi jamur pada vagina adalah hasil dari pertumbuhan berlebih dari jamur Candida. Tanda paling umum dari infeksi jamur vagina adalah rasa gatal yang hebat di vagina dan vulva. Infeksi jamur vagina juga dapat menyebabkan keputihan yang tidak berbau yang terlihat mirip dengan keju cottage.

Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Wanita dapat mengembangkan trikomoniasis setelah berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki parasit. Infeksi trikomoniasis juga dapat menyebabkan keputihan berlebih yang berbau busuk atau amis dan berwarna putih, kuning, atau hijau.

Gonore dan klamidia

Gonore dan klamidia adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menjadi penyebab keputihan pada wanita yang tidak normal. Infeksi ini biasanya menyebabkan keputihan berwarna kuning, kehijauan, atau keruh.

5 dari 6 halaman

Penyebab keputihan tidak normal

Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi yang sering menyebar melalui kontak seksual. Ini terjadi ketika bakteri menyebar ke vagina dan ke organ reproduksi lainnya. Penyakit radang panggul dapat menghasilkan cairan yang berbau busuk dan berat.

Human papillomavirus (HPV) atau kanker serviks

Infeksi human papillomavirus (HPV) menyebar melalui kontak seksual dan dapat menyebabkan kanker serviks. Meskipun mungkin tidak ada gejala, kanker jenis ini dapat menghasilkan cairan berdarah, coklat, atau berair dengan bau yang tidak sedap. Kanker serviks dapat dengan mudah diskrining dengan Pap smear tahunan dan sumber pengujian HPV yang terpercaya.

Kontrasepsi kehamilan

kontrasepsi kehamilan juga bisa menjadi penyebab keputihan pada wanita. Kontrol kelahiran mengubah kadar hormon, yang dapat menyebabkan peningkatan debit keputihan. Ini adalah efek samping normal dari kontrasepsi hormonal.

6 dari 6 halaman

Macam warna keputihan

Putih

Warna keputihan normal bisa menjadi tanda penyebab keputihan pada wanita yang normal. Keputihan normal akan berwarna jernih. Warna keputihan yang berwarna putih mungkin adalah hal yang normal, terutama jika terjadi selama ovulasi atau tepat sebelum periode wanita. Tetapi dalam kasus lain, keputihan putih bisa menjadi tanda infeksi. Jika kotorannya menggumpal dan terlihat mirip dengan keju cottage, itu mungkin karena infeksi jamur.

Kuning hijau

Jika keputihan berwarna kuning pucat, tidak berbau, dan tidak disertai gejala lain, hal itu mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Dalam kasus lain, keputihan kuning bisa menjadi tanda infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi bakteri. Keputihan yang berwarna kuning gelap, hijau kekuningan, atau hijau biasanya menandakan infeksi bakteri atau infeksi menular seksual.

Coklat

Keputihan berwarna coklat atau berdarah biasanya normal, terutama bila terjadi selama atau tepat setelah siklus menstruasi. Jika bercak terjadi selama waktu normal periode dan baru saja berhubungan seks tanpa perlindungan, ini bisa menjadi tanda kehamilan. Dalam kasus yang jarang terjadi, keputihan berwarna coklat atau berdarah bisa menjadi tanda kanker endometrium atau serviks. Bisa jadi masalah lain seperti fibroid atau pertumbuhan abnormal lainnya.

Merah

Warna merah dapat bervariasi dari warna terang hingga warna karat gelap. Keputihan merah paling sering merupakan akibat dari pendarahan selama menstruasi. Siapa pun yang mengalami pendarahan di antara periode menstruasi harus mengunjungi dokter. Meskipun ada banyak penyebab jinak dari perdarahan intermenstruasi, kadang-kadang bisa menandakan kondisi serius.

Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu tidak sehat, dan itu bisa menjadi gejala infeksi bakteri umum yang disebut vaginosis bakteri (BV). Siapapun dengan debit abu-abu harus segera menemui dokter. Setelah diagnosis, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengobati BV.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.