Sukses

Bacaan Adzan Isya dalam Latin dan Terjemahannya, Beserta Doa Setelah Sholat

Adzan Isya artinya memanggil seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah sholat Isya.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan adzan Isya merupakan panggilan ibadah untuk umat Muslim. Adzan Isya berkumandang saat awal langit mulai gelap. Waktu sholat isya dapat dikatakan memiliki jeda yang terpanjang dengan waktu sholat selanjutnya.

Adzan Isya artinya memanggil seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah sholat Isya. Selain pengingat sholat, Azan Isya juga menandakan tanda waktunya sholat tarawih. Di mana sholat tarawih adalah sholat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan.

Setelah sholat Isya ada beberapa doa dan dzikir yang bisa diamalkan sebagai penyempurna ibadah. Apalagi jika dilakukan pada bulan Ramadhan, maka akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan adzan Isya dan doa setelah sholat Isya yang telah dirangkum dari berbagai sumber,Sabtu (16/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Adzan

Menurut KBBI, adzan adalah seruan untuk mengajak orang melakukan sholat berjemaah. Adzan berasal dari bahasa Arab, أَذَانٌ ażān yang berarti pemberitahuan masuknya waktu sholat. Adzan dikumandangkan dari masjid lima kali sehari hampir setiap hari. Adzan juga dikumandangkan sepanjang hari selama hari raya keagamaan Idul Fitri dan Idul Adha. Adzan adalah panggilan pertama yang memanggil umat Islam agar memasuki masjid untuk sholat wajib. Panggilan kedua, yang dikenal sebagai iqamah, memanggil orang-orang di dalam masjid untuk berbaris untuk memulai sholat.

3 dari 6 halaman

Mengenal Waktu Isya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata Isya berarti waktu menjelang malam sesudah lenyapnya sinar merah di ufuk barat. Sedangkan menurut Islam, arti lainnya dari Isya adalah waktu sholat wajib setelah lenyapnya sinar merah di ufuk barat sampai menjelang terbit fajar.

Adzan Isya merupakan sebuah nama untuk saat awal langit mulai gelap (setelah maghrib) hingga sepertiga malam yang awal. Sholat Isya disebut demikian karena dikerjakan pada waktu tersebut. Para Ulama sepakat, bahwa awal waktu sholat Isya adalah jika telah hilang sinar matahari di langit. Sedangkan, batas sholat Isya adalah hingga setengah malam berdasarkan hadis Abdullah bin ‘Amr. Sementara, batas waktu bolehnya mengerjakan sholat Isya adalah hingga terbit fajar, berdasarkan hadis Abu Qotadah.

4 dari 6 halaman

Bacaan Adzan Isya dalam Latin dan Terjemahannya

Berikut ini lafal adzan Isya dalam bahasa Latin dan artinya, yaitu:

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)

Asyhadu allaa illaaha illallaah (2x)

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (2x)

Hayya 'alashshalaah (2x)

Hayya 'alalfalaah (2x)

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)

Laa ilaaha illallaah (1x)

Artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah

Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah

Marilah mendirikan sholat

Marilah menuju kepada kejayaan

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Tiada Tuhan selain Allah.”

5 dari 6 halaman

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Isya

Bacaan dzikir dan doa berikut ini bersumber dari amalan-amalan Rasulullah SAW yang ditulis oleh Gema Insani dalam buku “Pedoman dan Tuntunan Shalat lengkap” (2020: 114 – 115). Berikut bacaan dzikir dan doa setelah sholat Isya:

Astaghfirullah (dibaca 3 kali). Allahumma antas salaamu wa minkas salaamu tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah. Ya Allah, Engkau yang Maha Damai dari Engkaulah semua kedamaian, Maha Berkah Engkau Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Setelah itu dilanjutnya dengan membaca:

Allahumma laa maani’a limaa a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wala yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.

Artinya: “Ya Allah, tidak seorang pun yang dapat mencegah terhadap apa yang Engkau berikan dan tidak seorang pun yang dapat memberi apabila Engkau mencegahnya. Dan, tiada bermanfaat sesuatu kegiatan selain dari Engkau”.

Setelah itu dilanjutnya dengan membaca:

Subhanallah (33 kali), Alhamdulillah (33 kali), Allahu akbar (33 kali).

Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya semua kerajaan dan puji-pujian dan Dia berkuasa atas segala sesuatu”.

Setelah membaca dzikir di atas, Anda bisa melanjutkan dengan bacaan doa yang Anda kehendaki. Adapun salah satu bacaan doa yang bisa Anda lafalkan adalah sebagai berikut.

Alhamdulillaahi rabbil ‘alamin. Hamdan yuwaafii ni’amahu, wa yukaafi u maziidah.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Dengan puji yang bertaut dengan nikmat (nikmat didapat bersama puji) dan puji yang menambah nikmat seganda lagi (karena bersyukur)”.

6 dari 6 halaman

Niat Sholat Ba’da Isya

Apabila Anda masih memiliki waktu untuk melakukan ibadah setelah Sholat Isya, cobalah untuk mendirikan sholat Ba’da Isya. Sholat ini termasuk ke dalam sholat sunnah Rawatib yang terdiri dari dua rakaat. Berikut bacaan niat sholat ba’da Isya, yaitu:

Ushallii sunnata-l-‘isyaa-i rak’ataini ba’diyatan lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sesudah isya karena Allah Ta’ala”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.