Sukses

Kisah Acha Septriasa Hidup dengan Satu Ginjal, Kerap Pingsan saat Syuting

Acha Septriasa kini hidup dengan satu ginjal sebelah kriinya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok Acha Septriasa? Dirinya dikenal sebagai aktris yang telah membintangi sederet film hits Tanah Air. Salah satu film ikoniknya yakni My Heart yang dibintangi bersama Irwansyah dan Nirina Zubir pada 2006 silam. 

Meski kerap wara-wiri di layar kaca, namun tak banyak yang tahu jika Acha selama ini hidup dengan satu ginjal. Hal itu ia beberkan kala menjadi bintang tamu di podcast Ashanty di channel YouTube Ngobrol Asix.

Pemilik nama asli Jelita Septriasa ini menceriakan jika ia hanya punya satu ginjal saat masih berusia belia. Lebih tepatnya saat ia mengawali kariernya sebagai aktris.

"Aku punya ginjal satu dari kecil, cuma pas di USG dan MRI dan CT Scan baru ditemukan saat usia aku 18 tahun," kata Acha Septriasa di kanal Youtube Ngobrol Asix.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hidup dengan Satu Ginjal Sejak Kecil

Dalam video Ngobrol Asix yang tayang pada Selasa (5/4/2022), Ashanty ungkap dirinya mendengar kabar jika Acha hanya memiliki satu ginjal. Awalnya ia mengira itu adalah bagian dari film yang dibintangi aktris kelahiran 1989 tersebut.

Ada headline tentang kamu hidup dengan satu ginjal, itu film apa bener?” tanya Ashanty dalam video.

"Oh itu beneran. Sebenarnya aku ginjalnya satu itu dari kecil tapi baru ditemukannya setelah USG, MRI, dan CT-Scan di umur 18 tahun,” kata Acha.

3 dari 4 halaman

Kerap Pingsan

Beraktivitas sehari-hari dengan satu ginjal rupanya berpengaruh pada aktivitas Acha. Di usia 15-16 atau di awal kariernya, ibu satu anak itu bahkan sering pingsan saat syuting.

"Aku berkarya mulai umur 15-16, tapi aku kalau syuting sering pingsan, aku enggak tahu kenapa. Sering pingsan itu kalau sudah kecapekan banget syuting 8 hari tiba-tiba pingsan.” tuturnya.

Setelah dibawa ke rumah sakit, barulah ia mengetahui jika selama ini dirinya hanya memiliki satu ginjal. Ginjal sebelah kanannya tak berfungsi alias kosong.

"Selalu ngeluh sakit di sebelah kiri, lagi sekolah pingsan dibawa ke rumah sakit. Dicari di sebelah kiri ada apa, pas dicek sebelah kanan kok kosong (ginjal) enggak ada, dari situ baru ketahuan bahwa aku memiliki satu ginjal dan ini dari dulu," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Jadi Lebih Peduli dengan Kesehatan

Memiliki satu ginjal sejak dulu membuat dirinya harus lebih peduli dengan kesehatannya. Istri Vicky Kharisma ini rutin minum air putih 3,5 liter per hari. Ia juga tidak mengonsumsi makanan dan minuman kemasan.

"Aku enggak boleh nahan pipis dan minum banyak. Aku enggak minum kemasan, yang ada pengawet juga enggak,"

Menurut dokternya, ia juga tak boleh beraktivitas terlalu berat. Terlebih lagi syuting yang harus menguras tenaga. Sejak itu ia hanya syuting sampai jam 11 malam dimana sebelumnya Acha sering syuting hingga pukul 3 pagi.

"Hidup dengan satu ginjal itu dia bisa hidup normal cuma dia enggak bisa olahraga berat, enggak boleh kecapean," kata Acha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.