Sukses

5 Cara Memegang Raket Badminton yang Benar, Perkuat Smash

Liputan6.com, Jakarta Cara memegang raket badminton penting diketahui para pemain. Badminton atau bulutangkis merupakan salah satu permainan yang banyak digemari orang. Cabang olahraga ini bahkan menjadi kebanggan warga Indonesia. 

Saat bermain badminton, cara memegang raket menjadi salah satu teknik yang tak boleh diabaikan. Seorang pemain badminton yang baik dimulai dengan bagaimana cara memegang raket badminton yang benar. Cara memegang raket badminton yang benar bisa mengurangi cedera, meningkatkan jangkauan pukulan dan menghasilkan pukulan yang lebih efisien.

Sementara cara memegang raket yang salah akan membatasi jangkauan pukulan yang diperlukan dalam permainan. Cara memegang raket yang benar adalah sesederhana jabat tangan ramah. Berikut cara memegang raket yang benar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(18/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Cara bermain badminton

Sebelum mengetahui cara memegang raket badminton, penting mengetahui cara bermain badminton. Permainan dimulai dengan lemparan. Wasit melempar koin. Pemain atau tim yang memenangkan lemparan memiliki opsi untuk memilih sisi lapangan, atau opsi untuk servis terlebih dahulu. Jika pemain memilih sisi lapangan yang disukainya, maka pemain lawan atau tim dapat memilih untuk melakukan servis atau menerima terlebih dahulu dan sebaliknya.

Servis dilakukan secara diagonal dan servis pertama dilakukan dari sisi kanan lapangan servis. Server harus mengenai ketiak shuttlecock saat jaraknya 1,15m. Server tidak dapat menginjak batas dan harus melakukan servis dari lapangan servis yang benar. Jika shuttlecock mengenai net dan tidak melewatinya setelah servis, maka shuttle tersebut harus melakukan servis lagi. Jika server melakukan kesalahan saat melakukan servis, lawan mendapat kesempatan untuk melakukan servis.

Pemain penerima menerima shuttlecock dari lapangan servis yang benar secara diagonal berlawanan dengan lapangan server dan mengembalikannya, sehingga memulai reli. Pemain dapat bergerak di sekitar sisi lapangan mereka setelah mengembalikan servis.

Ketika seorang pemain menembak kok di luar batas lapangan atau ketika seorang pemain gagal mengembalikan kok dari sisi lapangannya, lawan mendapat satu poin dan reli berakhir. Di akhir permainan, pergantian pemain berakhir, dan dalam permainan penentuan, pergantian pemain berakhir ketika satu pemain atau pasangan mendapat skor 8 (pria) atau 6 (wanita) poin.

3 dari 7 halaman

Cara memegang raket forehand grip

Cara memegang raket forehand grip digunakan untuk pukulan overhead forehand. Ini adalah pegangan yang mudah untuk dipelajari dan juga menyediakan titik referensi yang berguna untuk mempelajari pegangan lainnya.

Genggaman ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi forehand tubuh dan di sekitar tembakan kepala. Berikut cara memegang raket bulutangkis Forehand Grip:

1. Raket harus dipegang seolah-olah pemain itu berjabatan tangan dengan ringan. Memegangnya harus dilakukan dalam posis miring.

2. Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut.

3. Selanjutnya pada saat memegang bagian pegangan raket, pastikan ibu jari dan telunjunk membentuk celah berbentuk huruf V.

4 dari 7 halaman

Cara memegang raket backhand grip

Cara memegang raket backhand grip ni biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris. Pegangan ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi punggung tubuh. Teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, namun pada teknik backhand posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket. Karena teknik ini lebih terfokus kan dengan posisi ibu jari.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Backhand Grip:

1. Pegang raket seperti pada pegangan forehand.

2. Putar raket berlawanan arah jarum jam sehingga bentuk V bergerak ke kiri.

3. Tempatkan ibu jari pada bevel belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan yang lebih besar.

4. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari.

5 dari 7 halaman

Cara memegang raket combination grip

Combination Grip merupakan kombinasi antara Forehand Grip dan Backhand Grip. Penyesuaian pegangannya sesuai dengan arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini. Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika menggunakan teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih sering.

Berikut cara memegang raket bulutangkis Combination Grip:

1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.

2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

6 dari 7 halaman

Cara memegang raket american grip

Teknik American Grip atau yang juga disebut teknik frying pan atau teflon. Teknik ini digunakan untuk melakukan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas. American Grip cocok digunakan saat akan melakukan smash.

Berikut cara memegang raket bulutangkis American Grip:

1. Tempelkan ibu jari dan jari telunjuk pada bagian pegangan raket yang luas.

2. Pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket bulutangkis menonjol keluar di bawah telapak tangan.

3. Seimbangkan kaki saat melakukan pukulan.

7 dari 7 halaman

Cara memegang raket smash grip

Pada dasarnya, cara memegang raket saat melakukan smash bisa menggunakan forehand grip ataupun backhand grip. Bedanya, saat smash, hal tersebut dilakukan dengan tenaga yang lebih kuat dan cepat. Berikut cara memegang raket bulutangkis Smash Grip:

1. Saat melakukan smash pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks, karena hal tersebut dapat membuat tubuh memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.

2. Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat. Pastikan genggaman saat melakukan smash dalam keadaan kokoh dan sesuai dengan tempat berdiri serta arah shuttlecock yang dituju.

3. Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, sesuaikan kondisi di lapangan dan gaya bermain.

4. Ketika Sudah siap dan shuttlecock sudah datang lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan, lengan dan tubuh. Arahkan pada daerah yang kosong atau tempat yang sulit dijangkau oleh lawan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS