Sukses

An Nasr Artinya Pertolongan, Ketahui Makna dan Keistimewaannya

Kata An Nasr artinya pertolongan. Surat ini termasuk dalam jenis surat Madaniyah, karena turun setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Liputan6.com, Jakarta Kata An Nasr artinya pertolongan. Surat An Nasr adalah surat ke-110 yang ada di dalam Al-Quran. Surat ini memiliki jumlah ayat sebanyak 3 ayat dan termasuk dalam jenis surat Madaniyah, karena turun setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Surat An Nasr terletak di antara Surah Al Kafirun dan Al Lahab. Dalam surat ini menceritakan tentang penyampaian kabar gembira dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW serta kaum muslimin yang akan memberikan pertolongan dan juga kemenangan.

Selain itu, isi dalam surat An Nasr ini juga menyerukan bagi kaum muslim untuk selalu bertaubat atas kesalahan yang telah diperbuat semasa hidup. Surat An Nasr ini termasuk surat pendek yang sering dibacakan pada saat sholat, baik jamaah maupun sendiri. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna An Nasr dan keutamaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Latin dan Arti Surat An Nasr

Seperti yang diketahui sebelumnya,  surat An Nasr artinya pertolongan. Berikut ini bacaan latin dan arti dari surat An Nasr, yaitu:

1. “Idhaa jaa-a nas rullahi walfath”

Artinya: Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan

2. “Wara-aitan naasa yadkhuluuna fii diinil laahi afwajaah”

Artinya: dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah

3. “Fasabbih bihamdi rabbika was taghfir, innahu kaana tawwaabaa”

Artinya: maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

3 dari 4 halaman

Makna Surat An Nasr

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, An Nasr artinya pertolongan. Hal ini diperkuat dengan makna permasing-masing ayatnya. Berikut adalah makna dari tiap-tiap yang terkandung di dalam surat An Nasr, yaitu:

1. Makna Surat An Nasr Ayat 1

Wahai Nabi Muhammad, apabila telah datang pertolongan Allah kepadamu dan pengikutmu dalam menghadapi kaum kafir Quraisy, dan telah datang pula kemenangan kepadamu dengan penaklukan Mekah menjadi kota yang suci kembali dari kesyirikan dan kekafiran,

2. Makna Surat An Nasr Ayat 2

Dan engkau lihat manusia dari seluruh penjuru Jazirah Arab berbondong-bondong masuk agama Allah, yakni agama Islam, setelah sebelumnya mereka masuk Islam secara perorangan,

3. Makna Surat An Nasr Ayat 3

Maka sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas karunia-Nya yang agung itu, bertasbihlah dan sucikanlah Tuhanmu dari sifat-sifat yang tak layak bagi-Nya, dan sertailah tasbihmu itu dengan memuji Tuhanmu yang telah menyokongmu dalam menaklukkan Mekah, dan mohonlah ampunan kepada-Nya untukmu dan umatmu.

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Surat An Nasr

Setelah mengetahui bahwa An Nasr artinya pertolongan, maka kalian juga bisa mengetahui keutamaan dari surat An Nasr. Ada beberapa keutamaan dari surat An Nasr, dan berikut ini beberapa keutamaan surat An Nasr yang bisa kalian ketahui:

1. Menjadi Sebuah Kabar Gembira dari Allah SWT

Surat An Nasr artinya menceritakan tentang pertolongan Allah dan rasulullah serta umat Islam yang mendapatkan kemenangan berkat pertolongan Allah SWT. Tuhan pun memerintahkan umat-Nya agar bertasbih, memuji-Nya, dan meminta ampunan kepada-Nya saat terjadi peristiwa yang menggembirakan.

2. Berbondong-Bondong Masuk Islam

Keutamaan surat An Nasr berikutnya yaitu selepas peristiwa Fathu Mekkah, banyak orang berbondong-bondong memeluk agama Islam. Hal tersebut terbukti hingga saat ini bahwa Islam adalah agama yang jumlah pemelukanya sangat besar.

3. Bukti Kebenaran Al Quran

Keutamaan lainnya yaitu surat An Nasr sebagai bukti bahwa yang dikatakan di dalam Al Quran itu benar-benar menjadi kenyataan yakni, adanya peristiwa Fathu Mekkah serta banyaknya orang-orang yang memelukan agama Islam.

4. Menjadi Kunci Masuk Surga

Kemudian keutamaan membaca surat An Nasr yaitu dapat dimasukkan ke surga Allah, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang membacanya maka seolah-olah dia bersama Rasulullah pada saat pembukaan kota Mekkah."

5. Mendapat Pahala Seperti Orang Syahid

Selanjutnya, keutamaan dari surat An Nasr yaitu mendapatkan pahala seperti orang syahid. Dengan membaca surat An Nasr artinya umat Islam akan mendapat pahala seperti orang yang syahid bersama Nabi di hari fathul Makkah. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

“Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang syahid bersama Nabi pada hari fathul Makkah, dan barangsiapa yang membacanya dalam sholat dan membacanya setelah al-hamdul, maka sholatnya akan diterima dengan sebaik-baiknya penerimaan.”

6. Seperti Membaca Seperempat Al-Quran

Keutamaan membaca surat An Nasr yang terkahir yaitu siapa saja yang membaca surat An Nasr artinya setiap hari maka ia seperti membaca seperempat Al Quran. Hal tersebut juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, sebagai berikut:

"Surat Idza jaa nashrullahi wal fat-hu sama dengan seperempat Al-Quran." (HR. Tirmidzi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.