Sukses

6 Cara Membuat Coklat Ala Rumahan yang Enak dan Anti Eneg, Cocok untuk Usaha

Liputan6.com, Jakarta Coklat merupakan kudapan manis yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, rasanya yang manis dan sedikit pahit membuat banyak orang ketagihan dengan kudapan ini. Apalagi, sekarang coklat sudah digunakan untuk bahan makanan berbagai olahan.

Coklat sendiri merupakan sebutan dari hasil olahan makanan atau minuman yang diolah dari biji kakao. Coklat punya beragam jenis, mulai dari dark chocolate, white chocolate, milk chocolate dan masih banyak lagi.

Cara membuat coklat ternyata dapat dilakukan dengan mudah di rumah, hal ini cocok untuk usaha. Selain mudah dalam pengerjaannya, cara membuat coklat ala rumahan juga lebih hemat biaya dan bisa berkreasi dengan berbagai bentuk maupun topping.

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat coklat ala rumahan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (3/3/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Coklat Bar Ala Silverqueen

Bahan:

- 200 ml minyak kelapa (bisa diganti dengan cocoa butter)

- 250 gram cokelat bubuk 

- 3 sdm madu 

- 1/2 sdt ekstrak vanili 

- 60 gram susu bubuk 

- Kacang almond atau mete cincang secukupnya (opsional)

Cara membuat cokelat bar ala Silverqueen:

a. Panaskan minyak kelapa dalam panci dengan menggunakan api kecil. Masukkan cokelat bubuk, susu bubuk, madu, dan ekstrak vanili ke dalam minyak kelapa, aduk sampai rata.  Tambahkan kacang almond atau kacang mete yang sudah dicincang.

b. Tuang campuran cokelat ke dalam cetakan permen atau nampan lentur. Dinginkan dalam kulkas minimal selama satu jam.

c. Keluarkan cokelat bar yang sudah jadi dari cetakan. Kemas dalam aluminium foil berwarna emas. Simpan kembali dalam kulkas selama 20 sampai 30 menit. 

d. Satukan dua lidi tebal menggunakan isolasi kertas. Rekatkan pada bagian belakang cokelat batang yang sudah jadi dengan menggunakan isolasi. 

e. Potong isolasi kertas, lipat menjadi dua dari bagian belakang ke depan. Selanjutnya, tempel pada bagian depan cokelat batang. Satukan cokelat batang lainnya.  Lakukan hingga cokelat batang habis. 

f. Potong kertas HVS berwarna merah muda menjadi dua bagian memajang. Letakkan cokelat batang yang sudah dirangkai di atasnya. Tekan bagian bawah cokelat tepatnya di lidi yang sudah ditempelkan. Lapisi kembali bagian belakang menggunakan kertas HVS, lalu tekan lagi bawahnya.  Terakhir, ikat dengan pita untuk mempercantik tampilannya. 

3 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Coklat Karakter Huruf

Bahan yang diperlukan:

- Mangkuk untuk melelehkan coklat batangan

- Sendok

- Piping bag

- Gunting

- Palet

- Coklat batang

- Isian untuk coklat

- Paper cup

- Cetakan coklat berbentuk huruf

Cara membuat coklat karakter huruf:

a. Coklat batangan terlebih dulu dipotong kecil-kecil. Setelah itu lelehkan dengan cara ditim atau dikukus menggunakan air yang telah dipanaskan.

b. Tuangkan coklat yang telah meleleh nantinya dengan menggunakan piping bag atau sendok pada cetakan coklat huruf.

c. Simpan di dalam freezer kurang lebih selama 2-4 menit. Jika coklat mulai mengeras, isi dengan bahan isian praline sesuai dengan selera.

d. Tutup isian kembali dengan menggunakan lelehan coklat. Ratakan sambil diketuk-ketuk agar adonan nantinya tidak berlubang. Simpan di dalam kulkas.

e. Jika telah mulai mengeras, keluarkan dan letakkan dalam toples dengan melapisinya menggunakan paper cup agar tidak menempel dengan coklat lainnya saat di dalam toples.

4 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Coklat Karakter Hello Kitty

Bahan yang diperlukan :

- Coklat DCC

- Coklat warna terdiri dari warna putih, oranye, dan pink

- Plastik segitiga

Cara membuat coklat karakter hello kitty:

a. Kukus atau tim coklat DCC warna coklat untuk bagian mata dan kumis. Tim warna oranye untuk hidung, lalu tim coklat warna pink untuk pita.

b. Tim coklat berwarna putih, lalu masukkan ke dalam piping bag untuk dasar hello kitty, tuang di dalam cetakan. Selanjutnya coklat DCC warna coklat dituang dalam piping bag di atas coklat putih

c. Masukkan ke dalam freezer selama 5 menit, lalu keluarkan dair cetakan. Bungkus dengan plastik wrap satu per satu. Masukkan coklat karakter ke dalam toples.

5 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Coklat Karakter Praline

Bahan yang digunakan:

- 1 blok coklat rasa strawberry

- 1 blok coklat rasa pisang

- 1 blok coklat biasa

Cara membuat coklat karakter praline:

a. Lelehkan setiap coklat di dalam wadah yang berbeda.

b. Selanjutnya, cetak di dalam cetakan silikon.

c. Untuk yang mix bisa memilih lebih dari satu warna, tunggu hingga dingin lalu tambahkan dengan warna yang lainnya.

d. Tunggu hingga dingin sempurna, lepaskan dair cetakan, bungkus dengan plastik lalu dinginkan di dalam kulkas. Coklat siap dihidangkan.

6 dari 7 halaman

5. Coklat Karakter Lucu

Bahan-bahan:

- Coklat putih

- Blok coklat

- Pewarna makanan

Cara membuat coklat karakter lucu:

a. Lelehkan coklat dengan cara di tim.

b. Masukkan ke dalam cetakan.

c. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 3 menit hingga coklat mengeras.

d. Lalu keluarkan dari cetakan.

e. Siap disajikan.

7 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Coklat Karakter Tokoh Kartun

Bahan yang digunakan:

- Sediakan coklat collata atau tullip secukupnya

- Rainbow coklat batang mercolade

- Plastik untuk wraping

- Plastik berbentuk segitiga

- Cetakan coklat karakter berbagai bentuk

Cara membuat coklat karakter tokoh kartun:

a. Tim atau kukus coklat warna-warni. Jangan lupa juga tim beberapa warna coklat, letakkan pada plastik segitiga lalu sisihkan. Selanjutnya tim DCC, setelah meleleh letakkan pada plastik segitiga. Buat 2 buah lapisan untuk lapisan karakter dan membentuk mata.

b. Semprotkan coklat warna-warni ke dalam sebuah cetakan yang disesuaikan dengan garis karakternya. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas hingga sedikit mengeras. Selanjutnya, beri lapisan coklat dengan DCC. Dinginkan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit lalu keluarkan dari cetakan.

c. Susun coklat di atas wadah yang telah dilapisi dengan tisu. Diamkan selama seharian agar coklat mengering. Nantinya setelah kering bungkus dengan wraping dan tata di dalam toples. Coklat karakter siap untuk disajikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS