Sukses

Grammar adalah Tata Bahasa, Kenali Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Grammar penting dipelajari.

Liputan6.com, Jakarta Grammar adalah materi yang sering ditemukan dalam pelajaran bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, grammar adalah tata bahasa. Bahasa tidak dapat berfungsi tanpa grammar.

Dalam bahasa Inggris, yang dipelajari dalam grammar asalah seperti bentuk kata kerja, kata sifat, kalimat tanya, dan banyak lagi. Sebenarnya grammar adalah sesuatu yang dipelajair di kehidupan sehari-hari. Manfaat belajar grammar adalah bisa membantu menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris yang benar.

Grammar adalah tata bahasa yang termasuk struktur kata, frasa, klausa, kalimat, dan keseluruhan teks. Dalam arti sempit, grammar adalah studi tentang kalimat dan struktur kata. Grammar adalah tata bahasa yang dimiliki oleh semua bahasa. Tapi, istilah grammar lebih dekat penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Berikut penjelasan tentang grammar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (10/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu grammar?

Kata grammar berasal dari bahasa Yunani, grammatikḕ techne yang berarti "seni huruf". Melansir Britannica, grammar adalah aturan bahasa yang mengatur bunyi, kata, kalimat, dan unsur lainnya, serta kombinasi dan interpretasinya. Grammar adalah sistem aturan yang memungkinkan seseorang untuk menyusun kalimat.

Melansir ThoughtCo, ada dua definisi umum tentang grammar. Pertama, grammar adalah studi sistematis dan deskripsi bahasa. Kedua, grammar adalah seperangkat aturan dan contoh yang berhubungan dengan sintaksis dan struktur kata dari suatu bahasa biasanya dimaksudkan sebagai bantuan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Grammar adalah seperangkat aturan bahasa yang digunakan untuk membuat frasa dan kalimat yang menyampaikan makna.

3 dari 7 halaman

Grammar dalam bahasa Inggris

Grammar adalah dasar untuk semua tulisan dan pembicaraan dalam bahasa Inggris. Dalam tata bahasa Inggris, ada delapan bagian utama grammar. Bagian grammar adalah kata benda, kata ganti, kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata depan, konjungsi, dan kata seru.

Memililki pengetahuan grammar menjadi dasar yang kuat memudahkan untuk mencapai kefasihan dalam bahasa Inggris. Grammar adalah aturan dan konvensi yang mengatur bagaimana kata-kata dapat disatukan untuk membuat makna. Tanpa grammar, teks tertulis tidak akan dapat dipahami.

4 dari 7 halaman

Grammar dalam bahasa Inggris

Melansir Grammarly, berikut delapan bagian utama dalam grammar:

Kata benda (noun)

Kata benda dalam grammar adalah merujuk pada orang, tempat, atau benda. Bahkan konsep tidak berwujud atau abstrak seperti ide atau pemikiran adalah termasuk noun. Kata benda adalah kata yang berfungsi sebagai nama objek atau kumpulan objek tertentu, seperti makhluk hidup, tempat, tindakan, kualitas, keadaan keberadaan, atau gagasan.

Kata ganti (Pronouns)

Pronouns atau kata ganti adalah kata-kata yang menggantikan kata benda: I, me, she, we, they, who, that, yours, his, her, dll. Kata ganti membutuhkan anteseden. Itu berarti bahwa hal (atau orang, atau tempat) yang dirujuk oleh kata ganti harus telah disebutkan namanya di suatu tempat sebelumnya dalam kalimat atau paragraf. Jika tidak jelas apa yang dimaksud dengan kata ganti, pembaca bisa menjadi sangat bingung.

5 dari 7 halaman

Grammar dalam bahasa Inggris

Kata sifat (Adjectives)

Kata sifat dalam grammar adalah kata-kata deskriptif yang menambahkan detail pada sebuah kalimat. Mereka dapat memberikan informasi penting atau mereka bisa membuat kalimat lebih menarik. Kata sifat menjelaskan kata benda.

Kata kerja (verb)

Kata kerja adalah kata-kata tindakan. Kata kerja memberi tahu apa yang menjadi subjek kalimat. Kata kerja adalah kata yang dalam sintaksis menyampaikan suatu tindakan, kejadian, atau keadaan keberadaan.

- Kata Kerja Tenses

Kata kerja datang dalam bentuk lampau, sekarang, dan masa depan. Masa lampau digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang telah terjadi (misalnya, hari sebelumnya, kemarin, minggu lalu, tiga tahun yang lalu). Present tense digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang sedang terjadi saat ini, atau hal-hal yang sedang berlangsung. Bentuk masa depan menggambarkan hal-hal yang belum terjadi (misalnya, nanti, besok, minggu depan, tahun depan, tiga tahun dari sekarang).

6 dari 7 halaman

Grammar dalam bahasa Inggris

Kata keterangan (adverb)

Kata keterangan menggambarkan kata kerja, kata sifat, atau bahkan seluruh kalimat. Kata keterangan sering diakhiri dengan akhiran -ly (misalnya, badly, hungrily). Tetapi beberapa terlihat sama dengan bentuk kata sifat mereka.

Preposisi (Prepositions)

Preposisi dalam grammar adalah kata-kata kecil yang memberi tahu di mana atau kapan (antara lain) sesuatu itu. Preposisi adalah kata atau kelompok kata yang digunakan sebelum kata benda, kata ganti, atau frase kata benda untuk menunjukkan arah, waktu, tempat, lokasi, hubungan spasial, atau untuk memperkenalkan suatu objek.

7 dari 7 halaman

Grammar dalam bahasa Inggris

Konjungsi (Conjunctions)

Konjungsi adalah kata-kata seperti dan, tetapi, dan atau (and, but, and or)yang menghubungkan konsep, klausa, atau bagian kalimat. Dalam tata bahasa, konjungsi adalah bagian dari kalimat yang menghubungkan kata, frasa, atau klausa. Misalnya, but, and, because, although, yet, since, unless, or, nor, while, where, dan lainnya.

Kata seru (Interjections)

Interjection dalam grammar adalah kata-kata seperti wow dan yay. Itu adalah suara yang dibuat untuk menyampaikan emosi ekstrem atau untuk membuat penekanan saat berbicara, terkadang saat tidak bisa memikirkan cara yang baik untuk mengekspresikan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.