Sukses

Demensia adalah Gangguan Daya Ingat dan Penurunan Kognitif, Ini Gejala dan Penyebabnya

Mengenal demensia adalah penyakit otak yang ditandai dengan kemerosotan pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Demensia adalah penyakit otak yang ditandai dengan kemerosotan pikiran, umumnya dialami oleh lansia. Masalah demensia adalah gagal otak kronis, melansir website resmi RS JIH. Demensia adalah sindrom yang berhubungan dengan hilangnya fungsi intelektual dan ingatan yang berat hingga mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Penderita demensia adalah biasanya tidak menyadari masalah ini karena kebanyakan lansia berpikir, menjadi pikun di usia lanjut hal yang biasa karena penuaan. Penyakit demensia adalah gangguan kesadaran yang terjadi secara bertahap. Apa yang membedakan demesia dan pikun biasa pada lansia?

Perbedaan demensia dan pikun, masih mengutip sumber yang sama ada pada berat dan ringan hal-hal yang dilupakan secara tidak sadar. Pikun umumnya bersifat ringan, tidak progresif, dan tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Sementara demensia adalah gangguan daya ingat yang berlangsung secara progresif disertai adanya gangguan intelektual.

Tanda seseorang menderita demesia adalah tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Gejala umum dari demensia adalah mengalami halusinasi, perubahan suasana hati tiba-tiba, perubahan cara berpikir, perubahan perilaku, perubahan cara bicara, dan masih banyak lagi. Diagnosis demensia secara pasti hanya bisa dilakukan oleh ahli.

Apabila merasa mengalaminya, segera lakukan konsultasi agar penanganan tepat bisa didapatkan. Berikut Liputan6.com ulas tentang demensia adalah gangguan daya ingat dan penurunan kognitif seseorang lebih dalam, Rabu (24/11/2021).

 

PICTURE FIRST Perselisihan Keluarga Vanessa-Bibi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Umum Demensia

1. Pada tahap pertama gejala umum demensia adalah kemampuan fungsi otak penderita masih dalam tahap normal, sehingga belum ada gejala yang terlihat.

2. Pada tahap kedua gejala umum demensia adalah gangguan yang terjadi belum memengaruhi aktivitas sehari-hari penderita. Misalnya, penderita menjadi sulit melakukan beragam kegiatan dalam satu waktu, sulit membuat keputusan atau memecahkan masalah, mudah lupa akan kegiatan yang belum lama dilakukan, dan kesulitan memilih kata-kata yang tepat.

3. Pada tahap ketiga gejala umum demensia adalah penderita dapat tersesat saat melewati jalan yang biasa dilalui, kesulitan mempelajari hal baru, suasana hati tampak datar dan kurang bersemangat, serta terjadi perubahan kepribadian dan menurunnya kemampuan bersosialisasi.

4. Pada tahap keempat gejala umum demensia adalah penderita mulai membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berpakaian dan mandi. Penderita juga mengalami perubahan pola tidur, kesulitan dalam membaca dan menulis, menarik diri dari lingkungan sosial, berhalusinasi, mudah marah, dan bersikap kasar.

5. Pada tahap kelima gejala umum demensia adalah seseorang sudah dapat dikatakan mengalami demensia berat. Demensia pada tahap ini menyebabkan penderita tidak dapat hidup mandiri. Penderita akan kehilangan kemampuan dasar, seperti berjalan atau duduk, tidak mengenali anggota keluarga, dan tidak mengerti bahasa.

Itulah tahapan seseorang mulai menderita demensia. Lalu bagaimana perubahan kognitif dan psikologis spesifik yang mungkin akan dialami penderita demensia?

1. Perubahan kognitif demensia adalah kehilangan ingatan, yang biasanya diperhatikan oleh orang lain.

2. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan berkomunikasi atau menemukan kata-kata.

3. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan dengan kemampuan visual dan spasial, seperti tersesat saat mengemudi.

4. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan penalaran atau pemecahan masalah.

5. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan menangani tugas yang kompleks.

6. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan dengan perencanaan dan pengorganisasian.

7. Perubahan kognitif demensia adalah kesulitan dengan koordinasi dan fungsi motorik.

8. Perubahan kognitif demensia adalah kebingungan dan disorientasi.

9. Perubahan psikologis demensia adalah pada kepribadian.

10. Perubahan psikologis demensia adalah mengalami depresi.

11. Perubahan psikologis demensia adalah mengalami kecemasan.

12. Perubahan psikologis demensia adalah melakukan perilaku yang tidak pantas.

13. Perubahan psikologis demensia adalah menjadi paranoid.

14. Perubahan psikologis demensia adalah mengalami agitasi.

15. Perubahan psikologis demensia adalah mengalami halusinasi

3 dari 4 halaman

Penyebab Demensia

Ada beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab demensia selain masalah kesehatan lain. Apa saja?

1. Faktor Risiko Demensia adalah Usia

Risiko demensia meningkat seiring bertambahnya usia, terutama setelah usia 65 tahun. Namun, demensia bukanlah bagian normal dari penuaan, dan demensia dapat terjadi pada orang yang lebih muda.

2. Faktor Risiko Demensia adalah Riwayat Keluarga

Memiliki riwayat keluarga demensia, menyebabkan anggota keluarga lain mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengembangkan kondisi tersebut. Namun, banyak orang dengan riwayat keluarga tidak pernah mengalami gejala, dan banyak orang tanpa riwayat keluarga mengalaminya.

3. Faktor Risiko Demensia adalah Sindrom Down

Pada usia paruh baya, banyak orang dengan sindrom Down mengembangkan penyakit Alzheimer dini.

Selain hal-hal yang sulit untuk dikontrol, demesia bisa menyerang karena kondisi kesehatan tertentu. Apa saja?

1. Penyebab Demensia adalah Penyakit Huntington

Disebabkan oleh mutasi genetik, di mana sel-sel saraf tertentu di otak dan sumsum tulang belakang terbuang sia-sia. Tanda dan gejalanya termasuk penurunan kemampuan berpikir (kognitif) yang parah, biasanya muncul sekitar usia 30 atau 40 tahun.

2. Penyebab Demensia adalah Cedera otak traumatis (TBI)

Kondisi ini paling sering disebabkan oleh trauma kepala berulang. Petinju, pemain sepak bola atau tentara mungkin mengembangkan TBI. Tergantung pada bagian otak yang terluka, kondisi ini dapat menyebabkan tanda dan gejala demensia seperti depresi, kehilangan memori, dan gangguan bicara. TBI juga dapat menyebabkan parkinsonisme. Gejala mungkin tidak muncul sampai bertahun-tahun setelah trauma.

3. Penyebab Demensia adalah Penyakit Creutzfeldt-Jakob

Gangguan otak langka ini biasanya terjadi pada orang tanpa faktor risiko yang diketahui. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh deposit protein infeksius yang disebut prion. Tanda dan gejala kondisi fatal biasanya muncul setelah usia 60 tahun.

Penyakit Creutzfeldt-Jakob biasanya tidak diketahui penyebabnya tetapi dapat diturunkan. Ini juga dapat disebabkan oleh paparan jaringan otak atau sistem saraf yang sakit, seperti dari transplantasi kornea.

4. Penyebab Demensia adalah Penyakit Parkinson

Banyak orang dengan penyakit Parkinson akhirnya mengembangkan gejala demensia (penyakit Parkinson demensia).

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Demensia

Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah demensia bagi seseorang yang memiliki beberapa faktor risiko demensia. Jangan menunggu saat hari tua melakukan pencegahannya, lakukan mulai dari sekarang.

1. Jaga Pikiran Tetap Aktif

Aktivitas yang merangsang mental, seperti membaca, memecahkan teka-teki dan bermain permainan kata, dan pelatihan memori dapat menunda timbulnya demensia dan mengurangi efeknya.

2. Aktif Fisik dan Sosial

Aktivitas fisik dan interaksi sosial dapat menunda timbulnya demensia dan mengurangi gejalanya. Bertujuan untuk 150 menit latihan seminggu.

3. Merawat Kondisi Kesehatan

Temui dokter untuk pengobatan depresi atau kecemasan agar tidak semakin parah dan mencegah meningkatnya risiko demensia.

4. Mempertahankan Pola Makan Sehat

Diet seperti diet Mediterania, yaitu banyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan asam lemak omega-3 dari ikan dan kacang-kacangan tertentu, dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko terkena demensia. Jenis diet ini juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular, yang dapat membantu menurunkan risiko demensia.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Latih kebersihan tidur yang baik, dan bicarakan dengan dokter jika Anda mendengkur keras atau mengalami periode di mana Anda berhenti bernapas atau terengah-engah saat tidur.

6. Mengobati Masalah Pendengaran

Orang dengan gangguan pendengaran memiliki peluang lebih besar untuk mengalami penurunan kognitif. Perawatan dini gangguan pendengaran, seperti penggunaan alat bantu dengar, dapat membantu mengurangi risiko.

7. Berhenti Merokok

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok di usia paruh baya dan lebih tua dapat meningkatkan risiko demensia dan kondisi pembuluh darah. Berhenti merokok dapat mengurangi risiko dan meningkatkan kesehatan Anda.

8. Konsumsi Vitamin Cukup

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D rendah dalam darah mereka lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui makanan tertentu, suplemen dan paparan sinar matahari. Konsumsi vitamin B kompleks dan vitamin C setiap hari juga dapat membantu menurunkan risiko demensia.

9. Kelola Faktor Risiko Kardiovaskular

Mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes juga dapat dilakukan untuk mencegah risiko demensia. Selain itu, Anda juga perlu mengontrol berat badan dengan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, di mana penyakit ini dapat berpengaruh pada jenis demensia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.