Sukses

Tolong, Kucing Siam Hobi Makan Plastik!

Plastik yang tertelan dapat tersangkut di usus yang membuat anabul membutuhkan operasi, bahkan bisa tersengat listrik atau terkena luka bakar karena mengunyah kabel.

Liputan6.com, Jakarta Sudah rutin makan dengan lahap, kamu mulai merasa khawatir saat kucing Siam peliharaa menunjukkan kebiasaan aneh. Ada yang tetap memakan kantong plastik atau penutup kabel listrik, meskipun sudah dialihkan dengan memberikan camilan. Dorongan perilaku yang disebut pica ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Plastik yang tertelan dapat tersangkut di usus yang membuat anabul membutuhkan operasi, bahkan bisa tersengat listrik atau terkena luka bakar karena mengunyah kabel. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atasi Kebosanan

Kucing Siam dikenal sebagai hewan peliharaan yang aktif dan cerdas. Kurang stimulasi fisik maupun mental membuatnya cepat bosan dan mulai mengembangkan kebiasaan mengunyah dan memakan apa saja yang ada di lingkungannya, termasuk plastik.

Biasa dialami oleh anabul yang banyak menghabiskan waktu di rumah atau sering ditinggal sendiri, cari solusi tepat untuk mengatasi kebosanannya. Mulai dari menawarkan cat toys yang bisa dikunyah dengan aman atau meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain beberapa kali dalam sehari.

3 dari 4 halaman

Dampak Stres

Bukan hanya manusia, kucing pun rentan mengalami stres. Jika ada anggota baru yang masuk ke dalam keluarga, pindah rumah, atau mengubah hampir semua hal di lingkungannya, kemungkinan besar kucing akan dilanda kecemasan yang berdampak pada kesehatan fisik dan perilakunya.

Perhatikan tanda-tanda stres lainnya dan konsultasikan ke dokter hewan untuk mencari solusi tepat. Bisa dengan memberinya perhatian lebih, menawarkan mainan yang bisa diisi camilan favoritnya, hingga menyediakan ruang vertikal untuk anabul beraktivitas dan bersembunyi.

4 dari 4 halaman

Batasi Akses Mendapat Plastik

Punya indra penciuman yang tajam, tak jarang kucing memakan plastik karena aroma bahan makanan yang tertinggal di dalamnya. Begitu juga kantong plastik biodegradable, bahkan gemerisiknya dapat menarik perhatian anabul.

Sebisa mungkin berikan pengawasan dan batasi akses kucing untuk mendapatkan sampah plastik atau menggigiti kabel plastik. Hindari memberinya makan dalam wadah berbahan plastik dan pastikan menyediakan makanan, air, tempat tidur yang nyaman, hingga hal-hal favoritnya untuk mengalihkan minatnya dari plastik.

Dipicu Masalah PencernaanTerlalu banyak makan membuat kucing terkadang mengunyah plastik sebagai caranya untuk merangsang produksi enzim dan mempercepat proses pencernaan. Jika alasan ini yang mendorong anabul makan plastik, sebaiknya tinjau kembali jumlah makanan harian yang diberikan dan pastikan untuk menawarkan porsi yang tepat.

Kucing membutuhkan kadar protein yang tepat, tidak kurang atau berlebihan. Untuk memudahkan sesi makan harian, berikan Muezza yang mengandung nutrisi lengkap dengan kadar tepat yang diformulasikan khusus oleh ahli nutrisi. Dibuat dari bahan alami yang diproses dengan teknologi modern, cat food ini bebas dari bahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatannya.

Tak perlu ragu memberikan Muezza, apalagi sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat terkena liur kucing, juga lebih tenang saat memegang makanannya langsung, membawanya bepergian, menyimpannya, hingga membersihkan wadah makannya. Punya 4 varian lezat, dapatkan Muezza semudah pesan di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia(*/eth)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini