Sukses

Menentukan Tujuan Karir Jangka Panjang, Kenali 10 Tips Menggapainya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan karir jangka panjang tentunya harus dimiliki setiap orang. Bahkan, tujuan karir ini mungkin perlu kamu pikirkan sejak bangku sekolah. Bagi kamu yang sudah bekerja ataupun sedang berkuliah, tentunya tujuan karir jangka panjang sangat penting untuk direncanakan. 

Tujuan karir setiap orang tentunya berbeda-beda. Namun, untuk mencapai segala tujuan karir tersebut, berbagai tips yang diperlukan tidak jauh berbeda. Perencanaan yang matang tentunya dibutuhkan, sehingga kamu bisa melakukan berbagai usaha untuk menggapainya.

Tujuan karir jangka panjang tentunya membutuhkan proses untuk menggapainya. Tujuan karir dengan rencana yang sudah matang tentunya akan semakin memudahkan kamu dalam mencapainya. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali berbagai cara agar dapat menggapai tujuan karir impianmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020) tentang tujuan karir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tips Menggapai Tujuan Karir

Tuliskan Tujuan

Ketika menetapkan tujuan karir, tidak cukup hanya berpikir untuk melakukan sesuatu. Jika kamu tidak menuliskannya, tujuan apa pun yang mungkin kamu miliki hanya akan berputar-putar di kepala. Bahkan kamu bisa saja melupakannya.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan daftar tujuan tersebut di meja kantor, di cermin kamar mandi, atau di kulkas sebagai pengingat terus-menerus tentang apa yang ingin jadi capaian kamu.

Buat Rencana Aksi

Tujuan karir kamu harus benar-benar menjadi rencana aksi, bukan hanya daftar apa yang ingin dicapai. Tempatkan apa yang benar-benar kamu inginkan dalam visi tersebut. Cantumkan lima sasaran teratas untuk membantu kamu lebih dekat dengan visi.

Untuk membuat rencana aksi, tulislah langkah-langkah spesifik yang ingin dicapai setiap bulan yang akan membuatnya terjadi. Dengan membuat rencana aksi, kamu dapat melihat bahwa sasaran kamu berada dalam jangkauan. Ini memberi kamu perasaan bertanggung jawab.

3 dari 6 halaman

Tips Menggapai Tujuan Karir

Komitmen

Tips menggapai tujuan karir pertama tentunya adalah komitmen. Istilah “komitmen” sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “commiter” yang berarti menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, dan mempercayai. Dengan kata lain, komitmen memiliki arti sebagai suatu sikap setia dan tanggung jawab seseorang terhadap sesuatu, baik itu diri sendiri, orang lain, organisasi, maupun hal tertentu.

Dalam bekerja, kamu harus memiliki sikap komitmen agar tujuan karir dapat tercapai. Banyak orang sukses berkat sikap komitmen yang ditunjukkan ketika sedang melakukan pekerjaan. Contohnya, seseorang berkomitmen untuk memberikan seluruh kemampuan terbaiknya dalam mengerjakan job-desc yang diamanahkan padanya.

Disiplin

Disiplin merupakan salah satu tips menggapai tujuan karir yang sangat penting. Mengikuti ritme kerja perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja merupakan salah satu tantangan utama yang harus dihadapi saat meniti karier.

Meskipun tidak mudah, namun kamu harus berlatih disiplin dengan cara mematuhi segala kebijakan kantor agar tidak timbul konflik karena kamu lalai dalam mengerjakan tugas.

4 dari 6 halaman

Tips Menggapai Tujuan Karir

Bersikap Profesional

Untuk meraih tujuan karir, kamu harus bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang kamu alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, hanya kamu yang bisa mengontrolnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk bersikap profesional dengan tidak membawa perasaan yang berlarut ke dalam pekerjaan Kamu dan jangan sampai perasaan tersebut mengganggu kinerja.

Introspeksi Diri

Meraih tujuan karir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada hal yang mudah dan bisa berjalan dengan lancar, termasuk karir yang akan kamu rintis. Berbagai kesalahan atau bahkan kegagalan sangat mungkin terjadi setiap saat, dan kamu harus siap dengan semua ini.

Pastikan kamu memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan menjawab semua tantangan di dalam perjalanan karier, bahkan yang tersulit sekalipun. Setelahnya, jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dan melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jadikan kesalahan pertama dan kedua sebagai pengalaman belajar, dengan belajar dari kesalahan, maka membuat kamu berpikir untuk tidak mengulanginya.

5 dari 6 halaman

Tips Menggapai Tujuan Karir

Membangun Koneksi

Dalam menggapai tujuan karir, membangun koneksi sangat penting untuk dilakukan. Keuntungan terbesar dalam memiliki koneksi yang luas adalah bertambahnya relasi dalam bekerja. Dengan mengenal kamu, orang akan menaruh kepercayaan lebih. Kamu juga dapat belajar banyak kepada orang yang sudah berhasil dari bidang yang kamu geluti.

Mampu Bekerjasama dengan Tim

Sebagian besar orang yang sukses didukung oleh jalannya tim kerja yang luar biasa dan profesional. Dalam hal ini, kemampuan kamu bekerjasama dalam tim akan sangat dibutuhkan agar tujuan karir kamu dapat tercapai. Jangan sampai kamu mementingkan ego hanya untuk mencapai tujuan karir tanpa mendengarkan masukan orang lain.

6 dari 6 halaman

Tips Menggapai Tujuan Karir

Toleransi

Jika rekan kerja dalam perusahaan mendapat kenaikan pangkat atau promosi, berbahagialah dengan kesuksesan yang didapat orang lain. Hal ini berlaku bahkan jika kamu bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi.

Ambillah sisi positif dari kejadian tersebut, contohnya kamu bisa mempelajari kesuksesan orang tersebut. Hindari rasa marah atau iri hati. Karena hal ini membuktikan kamu sebagai pribadi yang profesional dan menghargai orang lain.

Jaga Image Profesional

Menjaga penampilan dan sikap sangatlah penting dimana pun kamu berada. Baik di dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehar-hari. Hal ini karena tingkah laku kamu dapat mencerminkan image-mu.

Attitude/sikap sangat penting karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Tentunya kamu tidak mau karier yang sudah kamu bangun di tempat kerja rusak, karena attitude kurang baik yang kamu lakukan di luar kantor.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS