Sukses

Fungsi Count pada Excel dan Turunannya, Bantu Olah Angka dengan Cepat

Fungsi count pada Excel sangat berguna untuk mengolah data.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi count pada Excel penting diketahui untuk mempermudah pengolahan angka. Microsoft Excel memiliki ribuan fungsi dan rumus yang akan mempermudah kamu mengolah data dan angka. Mulai dari sum, average, hlookup, vlookup, hingga if biasa digunakan dalam Excel. Memahami fungsi dan rumus pada Excel mungkin nampak rumit, namun jika benar dipahami fungsi ini sangat membantu pekerjaanmu.

Salah satu rumus yang penting adalah Fungsi count pada Excel. Fungsi count pada Excel adalah fungsi statistik yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang mengandung angka dalam rentang yang diberikan. Fungsi count pada Excel berguna ketika kamu ingin menghitung sel dalam rentang yang berisi nilai numerik tanpa memperhatikan angka sebenarnya yang terkandung dalam sel.

Fungsi count pada Excel juga memiliki beberapa turunan seperti countif, counta, dan countblank. Fungsi count pada Excel dapat kamu pelajari dengan mudah dan cepat. Berikut fungsi count pada Excel yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(24/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Memahami fungsi count pada Excel

Fungsi count pada Excel berguna ketika kamu ingin menghitung sel dalam rentang yang berisi nilai numerik tanpa memperhatikan angka sebenarnya yang terkandung dalam sel. Fungsi count bertugas menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Kamu bisa menggunakan fungsi count untuk mendapatkan jumlah entri di bidang angka yang ada dalam rentang atau larik angka.

Rumus COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya pemilik data yang berbentuk sumber atau angka saja. COUNT berbeda dengan SUM yang digunakan untuk menghitung jumlah datanya. Rumus COUNT hanya bisa digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel yang memiliki angka saja.

3 dari 7 halaman

Rumus fungsi count

COUNT(value 1, [value2], ...)

Keterangan:

Value 1: merupakan parameter yang diperlukan. Value ini berisi referensi sel, atau rentang yang ingin kamu hitung angkanya.

Value 2: merupakan parameter opsional. Value ini berisi referensi sel, atau rentang yang ingin kamu hitung angkanya. Value ini dapat berkisar hingga 255 nilai. Nilai bisa menjadi referensi sel atau rentang nilai atau kumpulan sel lembar kerja yang berisi berbagai data yang hanya menghitung sel-sel yang berisi angka.

 

4 dari 7 halaman

Fungsi countif

COUNTIF merupakan rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu. Kamu juga bisa menghitung sel yang ingin kamu hitung saja. Fungsi COUNTIF bisa menghitung berbagai jenis macam data mulai dari nomor, teks, lambang, dan lain sebagainya.

Rumus countif:

COUNTIF(rentang, kriteria)

Rentang: Merupakan parameter wajib. Rentang berisi kelompok sel yang ingin kamu hitung. Rentang dapat berisi angka, larik, rentang bernama, atau referensi yang berisi angka. Nilai kosong dan nilai teks diabaikan.

Kriteria: Merupakan parameter wajib. Kriteria dapat berisi angka, ekspresi, referensi sel, atau string teks yang menentukan sel yang akan dihitung. COUNTIF hanya menggunakan kriteria tunggal. Gunakan rumus COUNTIFS jika kamu ingin menggunakan beberapa kriteria.

5 dari 7 halaman

Fungsi countifs

Fungsi COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. Rumus COUNTIFS digunakan untuk menghitung banyaknya data dengan beberapa kriteria tertentu dalam sebuag tabel atau data. Berbeda dengan rumus COUNTIF yang bisa menghitung secara keseluruhan, rumus COUNTIFS akan menghitung kriteria tertentu yang kamu inginkan dan lebih spesifikasi lagi.

Rumus countifs

=COUNTIFS(kriteria_range1; kriteria1; [kriteria_range2; kriteria2]…)

Keterangan:

kriteria_range1: Merupakan parameter wajib. Berisi rentang pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.

kriteria1: Merupakan parameter wajib. Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks yang menentukan sel mana yang akan dihitung.

kriteria_range2; kriteria2: Merupakan parameter opsional. Berisi rentang tambahan dan kriteria yang terkait. Hingga 127 pasangan rentang/kriteria yang diperbolehkan.

6 dari 7 halaman

Fungsi counta

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data sama halnya dengan rumus COUNT. Namun COUNTA bisa menghitung tipe data berbentuk angka, numerik, tulisan, teks, dan lain sebagainya. Fungsi COUNTA menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam suatu rentang.

Fungsi COUNTA menghitung sel yang berisi setiap tipe informasi, termasuk nilai kesalahan dan teks kosong (""). Misalnya, jika rentang tersebut berisi rumus yang mengembalikan string kosong, fungsi COUNTA menghitung nilai itu. Fungsi COUNTA tidak menghitung sel kosong.

Rumus counta:

COUNTA(value 1, [value2], ...)

value 1: Merupakan parameter wajib. Berisi argumen pertama yang mewakili nilai yang ingin kamu hitung.

Value 2: Merupakan parameter opsional. Berisi argumen tambahan yang menyatakan nilai-nilai yang ingin kamu hitung, hingga maksimal 255 argumen.

7 dari 7 halaman

Fungsi countblank

COUNTBLANK digunakan untuk menghitung banyaknya sel kosong yang terdapat dalam suatu range yang telah ditentukan. Jadi rumus ini bisa menentukan berapa sel atau tabel yang kosong atau tidak terisi, dengan mudah. Gunakan fungsi COUNTBLANK untuk menghitung sel kosong dalam rentang, di mana kata kosong berarti kosong.

Rumus countblank

COUNTBLANK (rentang)

Keterangan:

Rentang: Merupakan parameter opsional. Rentang berisi sel yang ingin kamui hitung sel kosongnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.