Sukses

Kiat Jaga si Kecil Agar Tak Sakit Saat Musim Hujan

Beberapa tips di bawah ini perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan anak di musim hujan

Biasanya, hujan adalah momen menyenangkan bagi anak-anak. Meski basah dan kotor, air menggenang mereka dengan senang hati berkeliaran ke sana kemari menikmati suasana bersama teman-temannya. Namun, orangtua harus ingat bahwa musim hujan juga membawa sejumlah masalah kesehatan anak.

Hujan bisa menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air. Di musim banyak air ini, perkembangbiakan nyamuk serta kuman meningkat.

Tetaplah menjaga kebersihan rumah demi mencegah penyakit. Karena itu, beberapa tips di bawah ini perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan anak di musim hujan seperti dikutip Smartparenting, Kamis (16/1/2014).

1. Bekali jas hujan dan payung

Ketika anak-anak ke sekolah, berikan payung, jas hujan, atau sepatu bot untuk melindungi mereka terkena hujan dan kemungkinan terkontaminasi dengan berbagai bakteri saat terkena air hujan yang mengalir di jalan.

2. Kosongkan dan tutupi wadah air

Nyamuk DPD berkembang biak di genangan air. Itulah mengapa perlu mengosongkan atau menutup wadah air di sekitar rumah untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di dalamnya.

3. Dorong diet seimbang

Pencernaan selama musim hujan cukup lambat sehingga memberikan si kecil cukup banyak makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah makanan yang kaya antioksidan untuk mencegah infeksi.

4. Makan segar

Cuci buah dan sayuran sebelum memberikannya ke si kecil. Sayuran hijau cenderung membawa kuman, jadi cobalah mengukusnya dalam waktu tertentu agar bersih.

5. Mandi

Pastikan Anda menambahkan cairan antiseptik ke ember air mandi si kecil.

6. Berjalan

Hindari berjalan di taman segera setelah hujan deras dan hindari tempat yang banyak genangan air. Tempat ini licin dan anak-anak mudah terluka jika tergelincir.

7. Hati-hati jajanan

Makanan yang terkena cuaca mengandung bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaa. Lebih buruk lagi, itu bisa menyebabkan keracunan makanan dan membahayakan kesehatan anak.

8. Perawatan kaki

Pastikan kaki anak Anda bersih dan kering setiap saat. Kelembaban menyebabkan penyakit musiman seperti infeksi jamur dan kaki atlet. Usahakan sepatu dan kaus kaki anak Anda kering setiap saat.

9. Pastikan anak minum air bersih

Sejumlah penyakit seperti diare dan kolera disebabkan asupan air yang terkontaminas. Selalu pastikan anak Anda minum air bersih untuk menghindari infeksi dan penyakit dari air.

10. Anak bimbing cuci tangan dengan benar

Ajarkan anak Anda mencuci tangan dengan benar untuk melindungi mereka dari kuman dan infeksi yang ditularkan.

(Mel/*)

Baca Juga:

Agar Tak Sakit di Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Cegah Masuk Angin dengan Sayuran Hijau Ini

Kiat Rawat Kulit di Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini