Sukses

Peserta BPJS Tambah 116 Juta dalam 2 Minggu

Hingga kini sudah ada 116 juta lebih peserta BPJS Kesehatan usai diresmikan pada 1 Januari 2014.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diresmikan sejak 1 Januari 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan hingga saat ini sudah ada 116 juta lebih peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar sebagai peserta peralihan.

Demikian disampaikan oleh Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Fadjriadinur. Berikut rincian peserta yang saat ini telah terdaftar dalam database BPJS Kesehatan:

  1. Peserta peralihan termasuk peserta Askes sosial, Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat), TNI, Polri, Jamsostek, JKA (Jaminan Kesehatan Aceh), dan KJS (Kartu Jakarta Sehat) berjumlah 116.122.065 peserta.
  2. Peserta yang mendaftar secara mandiri untuk kelompok Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja sebanyak 162.201 peserta.
  3. Peralihan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) hingga saat ini sejumlah 32 Kabupaten/Kota sudah teritegrasi sebanyak 3.512.248 peserta

"Selama dua minggu BPJS Kesehatan berjalan, diawal masih banyak yang disempurnakan. Tapi saat ini sudah ada 116 juta peserta peralihan yang masuk data kami. Kemudian dengan 390 lebih kantor operasional kita, diharapkan setiap calon peserta dari Kabupaten/Kota bisa daftar di kantor cabang," kata Fadjri saat temu media di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Fadjri menerangkan, di kota besar, animo masyarakat besar dan rata-rata perhari ada 25 ribu orang yang daftar di cabang. "Selain Jamkesda, dari 107 Kabupaten/Kota, sekarang sudah ada 32 kabupaten/Kota yang terintergrasi. Sementara yang lain sedang dalam proses," tambahnya.

(Fit/Mel/*)

Baca Juga:

Maunya Sih Rakyat Miskin Bisa Berobat Gratis di Rumah Sakit!
IDI Minta Dana BPJS Langsung Dikelola Rumah Sakit atau Puskesmas
IDI : Dokter di Puskesmas Perlu Insentif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini