Sukses

Bahaya Susu Mentah dan Keju bagi Anak dan Wanita Hamil

Bila susu dan keju diketahui memiliki banyak vitamin dan kalsium yang berguna bagi tubuh, para dokter anak yang tergabung di American Academy of Pediatrics malah menyerukan bahaya minum susu mentah dan mengonsumsi susu dan keju bagi anak dan wanita hamil.

Menurut para ahli, susu mentah yang dimaksud adalah susu yang belum dipasteurisasi atau dipanaskan demi membunuh kuman berbahaya. Susu mentah berbahaya karena dapat menyebabkan tuberkulosis dan difteri, serta kuman yang menyebabkan penyakit perut seperti Listeria dan E. coli. Begitu juga dengan produk turunannya, yaitu keju.

Masalahnya, seperti ditulis laman Everydayhealth, Selasa (17/12/2013), anak-anak lebih rentan terhadap penyakit di perut daripada orang dewasa karena sering mengakibatkan komplikasi, seperti tiba-tiba gagal ginjal dan juga keguguran pada wanita hamil.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 11 Desember di jurnal Emerging Infectious Diseases, para peneliti menemukan bahwa lebih dari satu dekade, 21 orang mengalami keracunan makanan terkait dengan produk susu mentah termasuk keju yang diolah dari susu yang belum di pasteurisasi.

Melihat hal tersebut, para peneliti mengatakan, susu yang dipasteurisasi jauh lebih aman untuk anak daripada susu mentah. Sementara keju untuk wanita hamil, mungkin lebih baik mengonsultasikan dulu ke dokter.

(Fit/Abd)