Sukses

Apa Sih yang Bikin Orang Jadi Matre?

Studi baru Michigan State University stres dapat membuat seseorang cenderung materialistis dan dikaitkan dengan rasa ketakutan seseorang.

Apa yah penyebab orang menjadi matrealistis? Bisa jadi dulunya orang miskin atau memang gila belanja. Menurut studi baru yang dilakukan para ilmuwan di Michigan State University, Amerika Serikat, stres dapat membuat seseorang cenderung materialistis dan dikaitkan dengan rasa ketakutan seseorang yang berlebih seperti minder atau takut kematian.

Hal ini dikatakan Peneliti yang juga Asisten Profesor Pemasaran di Michigan State University, Ayalla Ruvio dikutip Health, Jumat (10/11/2013).

"Ketika seseorang merasa stres dan sulit maka ada keinginan untuk belanja dan menjadikan sifat matrealistisnya muncul," ungkapnya.

Para peneliti menyurvei 139 orang dari kota Israel selatan sekitar enam bulan pada tahun 2007. Hasilnya menyebutkan, orang yang stres atau sedang merasa tertekan cenderung matrealistis. Studi baru ini diterbitkan dalam Journal of Academy of Sciences.

"Hubungan antara materialisme dan stres mungkin lebih berbahaya," kata Ruvio. Trauma atau stres dapat dipicu dari bebagai peristiwa termasuk kecelakaan, bencana alam, kriminalitas atau bahkan tekanan sekitar.

Para peneliti juga menyurvei 855 orang Amerika tentang tingkat materialisme dan takut mati. Temuan menunjukkan bahwa orang materialistik cenderung meredakan rasa takut akan kematian lewat berbelanja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minder dan takut mati dapat mendorong seseorang menjadi materialisme. Ruvio mengatakan semestinya bakal ada penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara stres dan materialisme.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini