Sukses

Plasenta Previa Penyebab Pendarahan di Kehamilan Muda

Penyebab lain pendarahan bisa jadi karena plasenta previa, gejala utamanya adanya pendarahan secara tiba-tiba yang juga disertai kontraksi.

Pendarahan pada kehamilan muda tidak hanya disebabkan karena aktivitas berlebih atau mengangkat beban berat badan, tetapi bisa juga karena plasenta previa.

Plasenta previa merupakan kondisi pertumbuhan plasenta atau ari-ari sebagai pemberi nutrisi dan oksigen bagi janin, yang berada pada dinding rahim bagian bawah dan menutupi seluruh atau sebagian dari mulut rahim.

"Penyebab lain pendarahan bisa jadi karena plasenta previa, gejala utamanya yaitu adanya pendarahan secara tiba-tiba yang juga disertai adanya kontraksi," ujar Spesialis Kebidanan dan Kadnungan, Konsultan Fetomaternal RSPI-Pondok Indah, dr. Azen Salim, Sp.OG-KFM, Kamis (26/9/2013).

Pendarahan kerap terjadi pada akhir trimester II atau Awal trimester III. Pendarahan dapat hanya berupa sedikit tetesan darah hingga jumlah darah yang cukup banyak melebihi pendarahan saat haid.

"Ibu hamil dengan plasenta previa dianjurkan mengurangi aktivitas fisik, bedrest total," ujarnya.

Untuk menghindari pendarahan semakin membahayakan dr. Azen menyarankan untuk bedrest total bagi wanita hamil dengan riwayat perdarahan banyak dan berulang, tidak berhubungan seksual selama sisa waktu kehamilan, tidak memasukan tampon ke vagina dan tidak melakukan pembersihan vaguna dengan menyemprotkan cairan menggunakan aplikator tertentu.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini