Sukses

Perbanyak Stok Sabar, Ketahui Cara Menghadapi Tantrum pada Anak

Tantrum merupakan bagian normal dari masa kanak-kanak. Kenali alasan mengapa hal itu terjadi dan cara menanganinya, tanpa kehilangan akal sehat Anda.

Liputan6.com, Jakarta Saat anak tantrum, Anda sebagai orang tua, penting untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sebisa mungkin ayah dan ibu menjaga emosi sendiri.

"Tantrum adalah hal yang mengerikan, tetapi itu adalah fakta masa kanak-kanak," kata Ray Levy, PhD, psikolog klinis yang berbasis di Dallas dan salah satu penulis buku Try and Make Me! Simple Strategies That Turn Off the Tantrums and Create Cooperation.

Tantrum, atau temper tantrum, adalah ledakan emosi yang terjadi karena keinginan atau kebutuhan yang tidak terpenuhi.

"Anak-anak kecil, yaitu mereka yang berusia antara 1 dan 4 tahun, belum mengerti kemampuan mengatasi masalah yang baik. Mereka cenderung kehilangan kendali,” kata Levy, dilansir dari Parents pada Rabu, 20 Maret 2024.

Tantrum anak bisa lewat menjerit, berteriak, dan menangis hingga memukul dan menggigit. Menurut Levy, pada intinya, setiap tantrum diakibatkan oleh satu hal sederhana, yaitu tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

"Untuk anak-anak berusia antara 1 dan 2 tahun, tantrum sering kali berasal dari upaya untuk mengkomunikasikan kebutuhan yang anak mau, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan bahasa untuk melakukannya," kata Levy.

Sehingga mereka merasa frustrasi ketika Anda tidak menanggapi apa yang mereka inginkan. Pada saat anak mencapai usia prasekolah, mereka dapat menggunakan kata-kata untuk memberi tahu apa yang mereka butuhkan, tetapi itu tidak berarti amukan mereka sudah berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anak Masih Belajar Menangani Emosi

Anak-anak masih belajar bagaimana menangani emosi mereka. Anak menghargai kemandirian mereka yang sedang tumbuh, mereka mungkin merasa sangat frustrasi ketika mereka membutuhkan bantuan. Beberapa anak akan kehilangan kendali ketika mereka mencoba hal-hal yang menantang, seperti mengikat sepatu, dan menyadari bahwa mereka tidak dapat melakukannya sendiri.

Penting untuk diingat bahwa tantrum bukanlah tanda pengasuhan yang buruk. Faktanya, tantrum merupakan tahap perkembangan yang penting bagi anak-anak.

"Tantrum membantu anak-anak belajar menghadapi emosi negatif mereka," kata psikolog klinis Linda Rubinowitz, PhD, terapis pernikahan dan keluarga di The Family Institute di Northwestern University di Evanston, Illinois.

"Kadang-kadang anak-anak menjadi sangat kewalahan dengan kemandirian baru mereka sehingga mereka menjadi terlalu terstimulasi dan meledak. Ketika mereka melakukannya (tantrum), sebagai orang tua, Andalah yang mereka andalkan untuk menenangkannya,” jelas Rubinowitz.

3 dari 5 halaman

Biarkan Anak Meluapkan Emosinya

"Kadang-kadang seorang anak hanya perlu melampiaskan kemarahannya. Jadi biarkan saja" kata Linda Pearson, RN, seorang praktisi perawat keluarga yang berbasis di Denver dan salah satu penulis The Discipline Miracle.

Pastikan saja tidak ada sesuatu di sekitar mereka yang dapat melukai mereka atau orang lain.

"Saya sangat percaya dengan pendekatan ini karena membantu anak-anak belajar melampiaskan kekesalan dengan cara yang tidak merusak. Mereka dapat mengeluarkan perasaan mereka, menenangkan diri, dan mendapatkan kembali kendali diri-tanpa terlibat dalam adu mulut atau adu kekuatan dengan Anda," katanya.

Pastikan Anda tetap berada di sana untuk memberikan dukungan dan menenangkan mereka. Hal ini bukan bermaksud untuk mengabaikan anak Anda, tetapi untuk membiarkan mereka merasakan perasaan mereka di tempat yang aman dan didukung.

4 dari 5 halaman

Kenali Apa Saja Kemungkinan Terjadinya Tantrum

Anda mungkin merasa tantrum terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga, terutama tantrum pada balita, yang dapat terjadi kapan saja.

Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya tantrum, antara lain:

  • Berikan contoh perilaku yang positif. Perhatikan bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi yang penuh tekanan. Hindari berteriak dan menjerit, dan jangan berbicara atau bertindak dalam kemarahan.
  • Kenali pemicu umum-dan hindari pemicu tersebut. Situasi tertentu dapat memicu tantrum, termasuk kelelahan, ketakutan, stimulasi berlebihan, dan kelaparan.
  • Bantu anak Anda memahami emosi mereka. Dengan mengatakan hal-hal seperti "Ini membuat saya marah karena..." atau "Saya merasa sedih/lelah/lapar," sehingga anak-anak dapat mengidentifikasi perasaan mereka.
  • Selain itu, menjaga rutinitas dapat membantu anak-anak belajar apa yang harus diprediksi dan membantu mereka merasa aman.
5 dari 5 halaman

Menangani Tantrum dengan Tetap Tenang

Jika si kecil berteriak, menendang, dan menjerit-dan Anda kehilangan kesabaran, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menangani amukan balita Anda. Hal yang paling anda hindari adalah berteriak atau memukul. Namun, cara lain seperti menyuap, memohon, dan mengalah juga tidak bagus.

"Jika Anda menyerah, Anda memberi hadiah pada tantrum dan memastikan bahwa hal itu akan terjadi lagi dan lagi. Anak-anak perlu tahu bahwa "tidak" berarti "tidak", meskipun mereka kesal,” kata Rubinowitz.

Daripada berteriak, sebaiknya contohkan perilaku yang Anda ingin anak Anda pelajari. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), orang tua yang bereaksi dengan tenang dan konsisten terhadap ledakan kemarahan balita, akan membantu anak mereka memahami di mana batas-batasnya, yang dapat membantu anak merasa lebih terlindungi dan memegang kendali.

Tetaplah tenang, tetapi bersikaplah tegas. Dalam hal perilaku agresif, mencontohkan perilaku tanpa kekerasan dan menangani konflik secara produktif adalah cara terbaik untuk mengajari anak Anda perilaku yang Anda harapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini