Sukses

Cegah Iritasi dan Infeksi, Perhatikan Hal Ini Saat Pakai Makeup Mata

Bagi para wanita, memakai makeup mata merupakan salah satu cara mempercantik diri. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan berhubungan dengan kesehatan mata saat memakai makeup.

Liputan6.com, Jakarta - Kecantikan mata merupakan salah satu daya tarik utama bagi banyak orang. Tak heran, penggunaan makeup mata menjadi hal yang lumrah untuk meningkatkan penampilan terutama kaum hawa.

Di balik keindahannya, makeup mata juga dapat membawa bahaya bagi kesehatan mata jika tidak digunakan dengan tepat.

Penggunaan makeup mata yang berlebihan dan tidak higienis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti infeksi, iritasi, alergi, dan bahkan kerusakan permanen. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami penggunaan makeup mata yang aman agar kesehatan mata tetap terjaga.

"Seluruh makeup yang memang dibilangnya untuk mata seharusnya sih memang sudah memiliki kandungan  yang tidak akan menimbulkan iritasi, kecuali pada pasien-pasien yang memang memiliki sensitifitas yang lebih tinggi," kata dokter spesialias mata konsultan Mutmainah dalam Live Instagram RSCM Kencana ditulis Jumat (1/3/2024).

Sifat sensitif ini dapat timbul akibat adanya alergi pada satu kandungan tertentu pada makeup mata. Hal ini yang harus Anda waspadai saat menggunakan riasan dalam bentuk apapun pada mata Anda. 

"Kalau kita ngaca pada bagian mata, di tempat keluarnya bulu mata atas maupun bawah sebenarnya ada pori-pori kecil yang merupakan tempat yang esensial untuk keluarnya berbagai zat yang diperlukan untuk sekresi di permukaan mata kita," ucap Mutmainah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Infeksi

Jika pori-pori tersebut tersumbat atau tidak dibersihkan dengan benar, maka kemungkinan infeksi pada mata akan sangat besar untuk kita alami. 

Terlebih jika Anda senang menggunakan makeup mata eyeliner, yang mana riasan tersebut biasanya memang digunakan pada waterline mata, tempat pori-pori kecil tadi berada. 

Jika eyeliner tersebut terlalu lama berada pada permukaan pori-pori atau tidak dibersihkan secara maksimal, maka pori-pori yang seharusnya selalu terbuka akan menjadi tersumbat dan tidak bisa mengeluarkan zat penting yang mata kita butuhkan.

Reaksi Infeksi Pada Mata

Mata yang sering memakai riasan akan memiliki risiko lebih besar untuk terkena infeksi. Reaksi infeksi yang muncul pun dapat bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga berat.

Untuk reaksi ringan, mata yang terinfeksi dapat terasa gatal, tidak nyaman, kemerahan serta berair.

Jika Anda mengalami hal tersebut, segera stop penggunaan makeup mata serta bersihkan area mata seperti kelopak dan bulu mata dengan teliti. Sehingga tidak ada residu atau sisa-sisa make up yang tertinggal seperti disampaikan Mutmainah.

Sedangkan untuk reaksi berat dapat berupa adanya bengkak serta benjolan yang biasa disebut dengan bintitan. Hal ini dapat terjadi karena pori-pori pada daerah mata tersumbat atau tertutup dan muncul peradangan. 

3 dari 4 halaman

Tips Membersihkan Makeup Mata

Membersihkan makeup mata dengan benar dan menyeluruh akan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah kesehatan mata yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan makeup mata dengan tepat:

1. Gunakan Pembersih Makeup Khusus Mata

Hindari penggunaan sabun wajah atau pembersih makeup non-spesifik untuk mata karena dapat menyebabkan iritasi. Pilihlah pembersih makeup mata yang diformulasikan khusus untuk area mata yang sensitif. Sehingga menghindari terjadinya iritasi pada mata.

2. Kompres Mata Dengan Air Hangat

Hal ini dapat Anda lakukan dengan tujuan membuat makeup mata lebih mudah dibersihkan. Terlebih untuk makeup mata yang waterproof atau tahan air. Anda dapat mempermudah proses pembersihannya dengan mengkompres mata dengan air hangat selama beberapa menit. Hal ini juga akan membuat area mata Anda lebih rileks. 

3. Bersihkan Mata Secara Perlahan

Bulu mata dan area sensitif di sekitar mata membutuhkan perhatian khusus saat membersihkan makeup. Bulu mata memiliki peran penting dalam menjaga debu dan kotoran keluar dari mata, serta mencegah mata kering dengan menghalangi pergerakan udara di atas lapisan air mata. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan area ini dengan lembut saat membersihkan makeup.

4 dari 4 halaman

Cara Lain Dalam Menghindari Infeksi Pada Mata Akibat Makeup

Selain memilih produk yang aman dan membersihkan makeup dengan benar, terdapat beberapa langkah pencegahan lain yang dapat dilakukan untuk menghindari infeksi pada mata akibat makeup yang dilansir dari American Academy of Ophthalmology:

  1. Gunakan kosmetik khusus mata yang aman dan teruji.
  2. Buang makeup mata setelah 3 bulan dan ganti dengan yang baru.
  3. Pastikan wajah dan kelopak mata bersih sebelum memakai makeup.
  4. Aplikasikan makeup di luar garis bulu mata, jauh dari mata.
  5. Jangan berbagi makeup mata dengan orang lain.
  6. Gunakan aplikator baru saat mencoba sampel makeup di toko.
  7. Buang makeup mata dan hentikan penggunaan makeup jika terjadi infeksi mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini