Sukses

Shelia Marcia Jalani Operasi Tubektomi Usai Melahirkan Anak Kelima, Prosedur Apa Itu?

Usai melahirkan anak kelima dan terakhir, Sheila Marcia Joseph menjalani operasi tubektomi, sebuah tindakan yang termasuk KB steril.

Liputan6.com, Jakarta Selang sehari usai melahirkan anak kelima Sheila Marcia Joseph (34) menjalani operasi tubektomi.

"Sheila operasi tubektomi ya, semoga semua lancar. In jesus name we pray Amen," tulis Sheila Marcia dalam Instagram Story yang diunggah Selasa, 27 Februari 2024.

Prosedur tubektomi Sheila lakukan di RS Siloam Bali, rumah sakit yang sama tempat dirinya melahirkan anak kelima.

Sampai berita ini diturunkan, Sheila belum menjelaskan alasan lebih lanjut dirinya menjalani operasi tubektomi. Namun, dalam unggahan di Instagram dia menyatakan bahwa Abraham Jared Joseph merupakan anak terakhirnya.

Tentang Tubektomi

Tubektomi atau ligasi tuba merupakan kontrasepsi permanen pada perempuan untuk mencegah kehamilan.

"Tubektomi adalah tindakan terhadap kedua saluran tubah atau saluran indung telur, sehingga ovum tidak akan bertemu dengan spermatozoa," seperti disampaikan dokter spesialis obstetri dan ginekologi konsultan Fritz Max Rumintjap mengutip Youtube Skata pada Selasa (27/2/2024).

Fritz mengatakan bahwa prosedur tubektomi sangat aman. Pengerjaan menutup saluran tuba bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Selain itu, tingkat keberhasilan cukup tinggi.

Mengutip Johns Hopkins Medicine, selama operasi tubektomi kedua saluran tuba disumbat atau dipotong.  Seseorang menjalani tindakan ini mungkin menjalani operasi ini dengan anestesi umum (saat tertidur), atau anestesi lokal atau tulang belakang (anestesi yang membuat terjaga, namun tidak dapat merasakan sakit). Dalam kebanyakan kasus, pasien bisa pulang pada hari operasi.

Pasutri Mesti Setuju Bahwa Istri Tak Bisa Hamil Lagi

Fritz mengatakan sebelum tindakan operasi tubektomi pasangan suami istri harus menandatangani form yang menyatakan bahwa setuju melakukan hal tersebut.

"Melakukan komunikasi apabila dilakukan (tubektomi) tidak bisa hamil lagi," kata Fritz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Tetap Menstruasi

Masih mengutip Johns Hopkins Medicine setelah prosedur, wanita yang menjalani tubektomi akan tetap mengalami menstruasi dan bisa berhubungan seks secara normal.

Bahkan, wanita mungkin merasa lebih tenang karena tidak perlu khawatir akan kehamilan yang tidak diinginkan.

Ligasi tuba adalah alat kontrasepsi permanen. Hanya sekitar 50% hingga 80% wanita yang dapat hamil setelah saluran tuba mereka dilepaskan ikatannya kembali. Perlu diingat bahwa operasi ini tidak mencegah penyakit menular seksual. 

3 dari 4 halaman

Beraga Alasan Melakukan Tubektomi

Ada banyak alasan wanita memilih KB permanen seperti tubektomi. Diantaranya:

- Wanita dewasa tapi tetap memiliki kemungkinan hamil maka upaya mencegahnya salah satunya dengan tubektomi.

- Kehamilan akan menjadi risiko kesehatan bagi wanita.

- Wanita atau pasangan memiliki kelainan genetik yang tidak ingin diwariskan kepada anak.

Bagi pasangan yang masih ragu atau bimbang untuk punya anak lagi atau tidak, alat kontrasepsi ini bukanlah pilihan terbaik. 

4 dari 4 halaman

Tentang Kelahiran Anak Kelima Sheila Marcia

Sheila Marcia ini telah melahirkan anak kelima yang berjenis kelamin laki-laki pada 26 Februari 2024. Istri Dimas Akira melahirkan bayi yang sehat dan selamat. 

"Anak kita Abraham Jared Joseph sudah lahir 26 February 2024 di jam 6:02 Pagi, Selamat ya Sayang! Im really proud of You. You show me how strong mother you are," tulis Dimas pada Senin (26/2/2024).

Dimas Akira juga berterima kasih kepada dokter yang membantu persalinan istrinya di Siloam Hospitals Bali.

"Terima kasih untuk perhatian dan sigapnya Dokter kami Dr. Indra Bagus Permadi, Suster yang membantu dan Rumah Sakit dengan pelayanan yang terbaik @siloambali denpasar," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.