Sukses

Anak Kebiasaan Menggigit Baju, Orangtua Wajib Tahu Penyebab serta Red Flag yang Mesti Diwaspadai

Menggigit baju merupakan salah satu kebiasaan yang umum dilakukan anak. Cari tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat si Kecil asyik menggigit baju atau kain di dekatnya? Kebiasaan ini mungkin terlihat aneh dan mengkhawatirkan bagi orangtua dan orang dewasa di sekitarnya. Namun jangan panik dulu, kebiasaan menggigit baju pada anak sebenarnya cukup umum terjadi.

Hal ini biasan terjadi pada tahap oral bayi yang merupakan masa dimana mereka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut. Hal itu untuk mempelajari dunia di sekitar mereka.

Kebiasaan ini biasanya hilang saat mereka tumbuh besar. Namun, pada beberapa anak prasekolah atau usia sekolah, kebiasaan memasukkan baju ke dalam mulut masih terjadi.

Alasan di balik kebiasaan ini beragam. Bisa jadi karena mereka ingin menenangkan diri, merasa cemas atau stres, atau simply karena mereka merasa nyaman dengan sensasi mengunyah. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada baju dan membuat mereka malu di depan teman sebaya.

Sebagai orang tua, penting untuk memahami alasan di balik kebiasaan ini dan membantu anak Anda menghentikannya.

Alasan di Balik Kebiasaan Menggigit Baju

Dilansir dari Verywell Family, Monal Patel, seorang terapis okupasi menjelaskan bahwa Pencarian motor oral berakar pada metode dasar regulasi diri atau ketenangan.

Bayi dan balita menggunakan refleks rooting untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, kemudian mereka mungkin menggunakan pola mengisap dan rooting untuk menenangkan diri, seperti dengan dot atau mengisap jempol.

Beberapa anak mungkin masih mencari cara untuk merangsang mulut dan rahang mereka setelah melewati masa batita. Hal ini disebut sebagai masukan proprioseptif. Tekanan yang dalam ini dapat menenangkan anak-anak karena mereka mencari cara untuk menenangkan diri yang terarah dan dapat diprediksi. Bagi beberapa anak, menggigit baju menjadi cara yang mudah diakses untuk mendapatkan stimulasi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Kebiasaan Ini Perlu Diwaspadai

Kebiasaan anak menggigit baju mungkin terlihat aneh dan mengkhawatirkan bagi orang tua. Namun, perlu diingat bahwa perilaku ini sebenarnya cukup umum terjadi dan merupakan bagian dari proses perkembangan anak.

"Pada usia tiga tahun, anak-anak biasanya berhenti memasukkan sesuatu ke dalam mulut mereka," kata Laura Grashow, PsyD, seorang psikolog klinis pediatrik.

"Tetapi saya pernah melihat anak kelas empat dan lima memegang kerah baju mereka dan memasukkannya ke dalam mulut."

Grashow menjelaskan bahwa menggigit baju bisa menjadi cara anak untuk mencari stimulasi sensorik atau menenangkan diri. Hal ini serupa dengan kebiasaan orang dewasa yang mengunyah permen karet atau menggigit kuku saat gugup atau berkonsentrasi.

Namun, dalam beberapa kasus, kebiasaan ini bisa menjadi masalah. "Jika mengisap atau menggigit baju mengganggu aktivitas sehari-hari anak atau menimbulkan bahaya keamanan, maka perlu dicarikan solusinya," kata Patel. Contohnya, jika baju anak menjadi rusak atau ada risiko tersedak, maka orang tua perlu mengambil langkah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Grashow juga menegaskan bahwa dalam beberapa situasi, menggigit baju bahkan dapat mengindikasikan adanya kecemasan, ADHD, atau masalah perkembangan, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ini merupakan kebiasaan yang sulit dikendalikan oleh anak.

Berdialog dengan Anak Mengenai Kebiasaan Menggigit Baju

Grashow merekomendasikan untuk berbicara dengan anak Anda jika kebiasaan menggigit pakaian mereka menjadi masalah. Penting untuk tidak menghakimi dan fokus pada memahami alasan di balik kebiasaan tersebut.

"Anda bisa mengatakan, 'Ibu perhatikan kadang-kadang kamu menggigit baju kamu. Menurutmu kenapa ya kamu melakukannya? Apa manfaat yang kamu dapatkan dari itu?'" saran Grashow.

Dengan pertanyaan itu, membantu anak Anda menyadari kebiasaan mereka dan mencari tahu apa yang mendorongnya. Penting untuk diingat bahwa anak-anak mungkin tidak sadar bahwa mereka melakukannya dan menjadi lebih sadar setelah Anda menanyakannya.

 

3 dari 3 halaman

Strategi untuk Menghentikan Anak Menggigit Baju

Setelah memahami alasan di balik kebiasaan anak menggigit baju, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk menghentikannya. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda coba:

1. Kenali Pemicunya

Sebelum mencari solusi, penting untuk memahami pola di balik kebiasaan menggigit baju anak Anda. Perhatikan kapan dan di mana mereka cenderung melakukannya. Apakah mereka menggigit baju saat lapar, sebelum waktu camilan? Apakah kebiasaan ini muncul saat mereka fokus pada tugas sekolah atau teka-teki? Atau mungkin terjadi saat mereka merasa gugup sebelum istirahat atau bermain dengan teman?

Mengetahui pemicunya dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan ini sejak awal. Contohnya, jika anak Anda menggigit baju saat lapar, sediakan camilan sehat yang mudah dijangkau. Jika kebiasaan ini muncul saat mereka merasa gugup, ajari mereka teknik relaksasi seperti pernapasan perut untuk membantu mereka mengelola stres.

Dengan memahami pola dan pemicu, Anda dapat membantu anak Anda mengatasi kebiasaan menggigit baju dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih positif.

2. Berikan Mereka Pengalih atau Alternatif Lain yang Aman

Kebiasaan menggigit baju pada anak dapat disebabkan oleh kebutuhan stimulasi oral. Untuk mengatasinya, tawarkan produk yang dirancang khusus untuk situasi ini, seperti kalung kunyah yang aman dan dapat dimakan anak. Kalung ini tersedia dalam berbagai bentuk menarik, seperti gigi hiu atau manik-manik.

Grashow menyarankan untuk menjaga tangan anak tetap sibuk untuk membantu mereka berhenti menggigit baju. Anda dapat menawarkan kuas cat kecil atau mainan fidget untuk mengalihkan perhatian mereka dari kebiasaan memasukkan baju ke dalam mulut.

3. Konsultasikan dengan Ahlinya

Jika Anda khawatir tentang kebiasaan anak menggigit baju, Grashow merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter anak terlebih dahulu. Dokter anak dapat membantu Anda memahami apakah kebiasaan ini terkait dengan masalah perkembangan, kecemasan, atau kesehatan lainnya.

Dokter anak akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mencari tanda-tanda kesulitan fokus, perhatian, atau keterlambatan perkembangan. Mereka juga akan menanyakan tentang riwayat kecemasan anak Anda dan tingkat interaksi sosialnya.

Jika anak Anda menelan benda-benda yang tidak dapat dimakan saat menggigit baju, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan nutrisi untuk memastikan tidak ada dampak negatif pada kesehatan mereka.

Kebiasaan anak menggigit baju merupakan hal yang cukup umum terjadi. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kebiasaan ini, seperti kebutuhan sensorik, tumbuh gigi, kecemasan, atau stres.

Penting untuk tetap tenang dan positif saat membantu anak Anda menghentikan kebiasaan ini. Hindari memarahi atau menghukum mereka, karena hal ini dapat memperburuk keadaan.

Ingatlah bahwa setiap anak berbeda dan apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil untuk anak lain. Penting untuk menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian anak Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini