Sukses

Gunakan Identitas Alfiansyah Komeng di Surat Suara Pemilu 2024, Resmi Ganti Nama Mei 2023

Tercantum 'Alfiansyah Komeng' di Surat Suara Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Komeng memutuskan menggunakan nama 'Alfiansyah Komeng' untuk identitas yang dicantumkan di surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat pada Pemilu 2024. Hal ini terlihat dari selembar surat suara yang viral di Twitter pada Rabu, 14 Februari 2024, pagi.

Salah seorang warga Bojong Gede, Kabupaten Bogor, yang menggunakan hak suaranya di TPS 37, Agustin Wardhana, membenarkannya. "Seingatku bang Komeng nomor urut 10. Posenya pun beda sendiri yang bikin aku ngeuh sama keberadaannya," katanya kepada Liputan6.com.

Tidak banyak yang tahu bahwa Komeng, yang lahir pada 25 Agustus 1970, sudah mengubah namanya pada Mei 2023 untuk maju pada Pemilu 2024. Permohonan pergantian nama komedian Komeng untuk keperluan pencalonan di DPD RI pada Pemilihan Legislatif 2024 telah dikabulkan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Informasi ini disampaikan oleh Humas PN Kelas IA Cibinong, Amran S Herman, yang mengungkapkan bahwa hakim sudah menyetujui permohonan tersebut pada bulan Mei 2023.

Pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami, yang dikenal sebagai Komeng, menambahkan nama panggungnya di bagian belakang namanya, sehingga menjadi 'Alfiansyah Bustami Komeng'. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan untuk mendukung kesuksesan Komeng dalam Pemilu 2024, di mana pergantian nama diharapkan mempermudah masyarakat mengenali dirinya di kertas suara.

Alasan pergantian nama ini, menurut Amran, terkait dengan keinginan Komeng untuk mencapai sukses dalam Pemilu 2024, baik sebagai calon anggota legislatif maupun anggota DPD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komeng Ganti Nama untuk Pemilu 2024

Komeng sebelumnya mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Jabar, dengan proses pendaftaran yang melibatkan verifikasi administrasi dan faktual.

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, menjelaskan bahwa Komeng telah melewati tahap verifikasi administrasi dan faktual setelah mengumpulkan dukungan warga sekitar 6.000 orang. Dengan kelengkapan dokumen persyaratan, Komeng resmi mendaftar sebagai bakal calon DPD RI, menunjukkan komitmennya dalam perhelatan politik di Pemilu 2024.

Foto Nyeleneh Komeng di Surat Suara Viral

Komedian Komeng viral di Twitter setelah banyak pemilik akun yang berbagi foto surat suara Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024, pagi. Pria yang punya nama asli Alfiansyah Bustami ini menampilkan pose nyeleneh yang bikin netizen ketawa ngakak.

Tidak seperti calon legislatif (caleg) kebanyakan yang berfoto dengan pose serius, Komeng justru memperlihatkan ekspresi melotot sambil membuka sedikit mulutnya, seolah-olah seperti orang terkejut.

3 dari 3 halaman

Pose Komeng Bikin Netizen Ngakak

Dalam suasana politik yang penuh ketegangan pada Pemilu 2024, momen kocak yang diperlihatkan pria yang mencalonkan diri sebagai salah satu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat, berhasil meleburkan beban serius menjadi atmosfer yang lebih ringan.

Di sisi lain, kemunculan Komeng yang tidak disangka-sangka disebut oleh salah seorang warga, Agustin Wardhani, 33 tahun, memudahkannya dalam memilih di antara para caleg yang tidak dikenalnya.

"Pas aku buka kertas suara, ada lima, kan? Bingung tuh mau milih siapa. Pas buka (surat suara) DPD, banyak juga dan enggak ada nama partainya. Jadinya aku cari wajah-wajah familiar, eh, ada bang Komeng. Langsung coblos deh," kata Agustin yang memilih di TPS 37 Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kepada Liputan6.com.

"Karena aku duluan yang coblos, langsung deh kasih tahu bokap, nyokap, sama suamiku, suruh mereka pilih Komeng," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.