Sukses

Kenapa Bekas Luka Cenderung Menghitam? Coba 5 Cara Ini untuk Menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta - Bekas luka bisa dikatakan merupakan bagian dari proses penyembuhan. Ini adalah cara alami tubuh untuk menyembuhkan dan mengganti kulit yang hilang atau rusak.

Bekas luka biasanya terdiri dari jaringan fibrosa. Bekas luka dapat terbentuk karena berbagai alasan, termasuk akibat infeksi, pembedahan, cedera, atau peradangan jaringan.

Bekas luka bisa muncul di mana saja di tubuh, dan komposisi bekas luka bisa bervariasi. Bekas luka mungkin tampak datar, menggumpal, cekung, atau berwarna. Ini mungkin menyakitkan atau gatal.

Dilansir laman Johns Hopkins Medicine, tampilan akhir bekas luka bergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kulit dan lokasinya di tubuh, arah luka, jenis cedera, usia orang yang terkena bekas luka, dan status gizinya.

Perubahan Warna Bekas Luka

Saat bekas luka pertama kali muncul pada kulit yang lebih terang, biasanya berwarna merah muda atau merah. Seiring waktu, warna merah muda memudar dan bekas luka menjadi sedikit lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit.

Bekas luka menghitam sering kali muncul pada individu berkulit gelap. Terkadang bekas luka terasa gatal, dan mungkin terasa nyeri atau lunak.

Tampilan bekas luka bergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Cedera atau peristiwa yang menimbulkan bekas luka, seperti operasi, luka bakar, atau jerawat parah.
  • Ukuran, tingkat keparahan dan lokasi luka.
  • Perawatan yang diterima untuk luka tersebut, seperti jahitan atau perban.
  • Usia, gen, etnis, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tapi tenang, meski begitu masih banyak cara yang dapat dilakukan agar permasalahan bekas luka ini tetap bisa tertangani.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Atasi Bekas Luka Membandel

Berikut lima cara menghilangkan bekas luka membandel yang bisa dicoba:

1. Menghilangkan bekas luka dapat menggunakan minyak kelapa. Caranya mudah saja, oleskan minyak kelapa 2-3 sendok makan dan diamkan beberapa menit. Kemudian, lakukan pijatan lembut pada bekas luka.

Pijatan dapat membantu proses menghilangkan bekas luka karena jaringan parut yang menempel ke pembuluhh darah, otot, saraf dan tulang dapat membantu penyembuhan luka.

2. Lakukan eksfoliasi kulit pada bekas luka agar dapat mengurangi/menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit. Cara ini lebih efektif karena dapat membuat pengelupasan pada kulit yang rusak. Dengan begitu, tubuh akan mereproduksi kolagen sehingga membentuk jaringan baru pada kulit.

 

3 dari 3 halaman

Gunakan Gel hingga Lakukan Perawatan di Klinik Kecantikan

3. Gunakan gel atau cream yang memiliki kandungan aloe vera, allantoin, cepalin yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat membuat bekas luka berwarna lebih kegelapan.

4. Melakukan perawatan di klinik kecantikan juga bisa membantu menghilangkan atau memudarkan bekas luka.

Klinik kecantikan Derma Express menawarkan Spot Free Treatment yang diklaim mampu menghilangkan bekas luka atau bekas gigitan nyamuk, memudarkan stretchmark, dan mencerahkan kulit tubuh dengan menggunakan teknologi canggih dan ditangani dokter professional.

5. Jika luka yang dialami berupa keloid, konsultasikan pada dokter klinik kecantikan untuk melakukan suntik keloid yang mampu membuat keloid mengempis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.