Sukses

Manfaat Orangtua Sering Berbagi Waktu Berkualitas dengan Anak, Bikin Ia Lebih Mandiri dan Kooperatif

Bagi ayah dan ibu sibuk bekerja, meluangkan waktu secara utuh setiap hari bisa untuk bangun quality time bareng anak.

Liputan6.com, Jakarta Quality time atau waktu berkualitas yang orangtua lakukan bareng anak ternyata memiliki manfaat luar biasa. Salah satunya membuat anak jadi mandiri, percaya diri, dan berani mengeksplorasi.

"Bisa berdampak sampai dewasa untuk meningkatkan pandangan positif sebagai individu. Anak yang punya secure attachment lebih berani eksplorasi, mandiri dan juga mengembangkan anak menunda keinginan dan regulasi emosi lebih kooperatif mengikuti instruksi," kata psikolog pendidikan Orissa Anggita Rinjani.

Saat orangtua mempunyai hubungan baik dengan anak, maka ayah dan ibu bisa tahu celah agar anak menampilkan perilaku yang diinginkan.

Hubungan orangtua dengan anak yang kuat akan membentuk hubungan relasi anak dengan orang di masa dewasa. Lalu, anak cenderung memiliki empati dalam hubungan pertemanan dan mengurangi risiko anak terjerumus kedalam obat terlarang dan perilaku bermasalah lainnya.

Hubungan yang baik antara orangtua dan anak, membuat saat remaja mengurangi tekanan dari kelompok bermain anak untuk melakukan perilaku bermasalah.

"Attachment dengan orangtua yang memiliki dampak besar terkait risiko anak remaja memiliki perilaku bermasalah dibandingkan kedekatannya dengan kelompoknya," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia mengutip Antara.

Ayah dan Ibu Bekerja Tetap Bisa Miliki Waktu Berkualitas Bareng Anak

Membangun waktu berkualitas kerap terhalang dengan orang tua yang bekerja, namun sisa waktu yang ada harus tetap dijaga lebih besar dari seberapa sering orang tua hadir untuk anak.

Dukungan emosional dan keterlibatan positif orang tua tetap jadi kunci untuk membentuk perlekatan atau bonding pada hubungan anak dan orang tua.

"Tetap harus ada kuantitas minimal yang bisa di sisihkan sehari-hari supaya kualitas bisa terjaga karena begitu bare minimum-nya lewat kita susah karena kesenjangannya terlalu jauh untuk mengganti itu," kata Orissa dalam acara Transpulmin A Touch to Remember di Jakarta, Rabu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Bangun Waktu Berkualitas Bareng Anak

Beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak adalah dengan konsisten menyisihkan minimal 15 menit sebelum atau sesudah kerja.

Bisa dengan sarapan, gerak bersama, baca buku, atau pijat. Bisa juga menciptakan ritual keluarga yang memiliki muatan emosional yanh lebih kental dan ada rasa memiliki sebagai satu keluarga seperti tarian khusus atau permainan bersama.

Selain bermain bersama, sentuhan dari ibu juga penting untuk membangun rasa percaya, rasa dicintai, dan mengurangi stress pada anak.

"Efek psikologisnya dengan sentuhan merasa dicintai, apalagi sedang sedih, sedang stress, dipeluk bisa memberikan rasa hangat dan berpengaruh pada perkembangan intelektual anak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.