Sukses

Naik Signifikan, Ada 300 Kasus COVID-19 di Depok Pekan Lalu

Ada kenaikan kasus COVID-19 di Depok Jawa Barat pekan kemarin. Bila pada pekan sebelumnya 100, pekan kemarin ada 300 orang terinfeksi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat kenaikan kasus COVID-19 di Depok, Jawa Barat pada akhir Desember 2023. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

"Peningkatannya itu khususnya minggu kemarin sangat signifikan jumlahnya, dari 100 ke 300 warga, tetapi memang semuanya melakukan isolasi mandiri," kata Mohammad Idris di Depok, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

Mengingat kenaikan kasus yang drastis, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengambil langkah cepat untuk pengendalian kasus.

"Kami akan rapatkan, dan saya akan keluarkan surat edaran," kata Idris mengutip Antara.

Minta Warga Tetap Prokes

Mengingat kenaikan kasus COVID-19 yang tinggi di wilayah Depok, Idris meminta warga tetap menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup bersih agar bisa terhindar dari COVID-19.

Lalu, bagi masyarakat yang sakit misalnya memperlihatkan gejala flu, segera menggunakan masker. Hal ini dilakukan agar tidak menularkan penyakit ke orang lain. 

"Misal yang sakit atau flu, diwajibkan untuk menggunakan masker. Kami sudah membuat aturan terkait prosedur menjaga kesehatan dan PHBS (pola hidup bersih dan sehat)," ujar Idris. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Epidemiolog: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

pidemilog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan bahwa upaya pencegahan agar tidak terinfeksi COVID-19 perlu dilakukan. Lebih baik mencegah agar tidak terkena SARS-CoV-2 daripada sakit karenanya. 

"Pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati, dan perlu dilakukan sebelum wabah besar kembali terjadi," kata Miko.

Kunci dalam pencegahan COVID-19 adalah protokol kesehatan (prokes). Dengan melakukan protokol kesehatan yang tidak setengah-setengah, artinya dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, maka upaya pencegahan COVID-19 dapat berjalan dengan efektif.

Walaupun tidak 100 persen, tetapi protokol kesehatan tersebut dapat menghindari peningkatan kasus COVID-19 dengan baik.

"Demi mengurangi kemungkinan penularan kasus, menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan suatu keharusan, baik di tempat pariwisata, penginapan, restoran, atau tempat umum lainnya," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab Kenaikan Kasus COVID-19

Beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menerangkan, kasus COVID-19 yang meningkat karena adanya varian baru, salah satunya yang mendominasi adalah JN.1.

Pada temuan kasus pasien COVID di Indonesia, tertular varian JN.1 yang masuk dari luar negeri.

“Sekitar bulan November masuknya (varian JN.1) dari luar. Saya enggak yakin, apakah dia kenanya di Singapura, atau dia transit di Singapura, bisa juga seperti itu ya,” terang Budi Gunadi saat ditemui Health Liputan6.com pada Jumat, 22 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini