Sukses

Jangan Sia-siakan Resolusi Hidup Lebih Sehat di Tahun 2024, Simak 5 Tips Ini

Resolusi Tahun Baru 2024 ingin hidup lebih sehat dan bugar.

Liputan6.com, Tokyo - Banyak orang membuat resolusi Tahun Baru 2024, salah satunya target ingin hidup lebih sehat seperti diet maupun penurunan berat badan. Namun, penelitian menunjukkan, bahwa resolusi tersebut sulit untuk dipertahankan seiring berjalannya hari.

Director of Obesity Medicine, Cedars-Sinai Center for Weight Management and Metabolic Health, Amanda Velazquez membeberkan tips agar resolusi kesehatan](5493858 "") dan kebugaran Anda di tahun 2024 bisa berhasil.

1. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai berdasarkan kebutuhan

"Seringkali, jika kita menetapkan tujuan yang tidak dapat diwujudkan, hal ini dapat membuat kita kecewa dan patah semangat," kata Velazquez, dikutip dari ABC News, Selasa (2/1/2024).

Mulailah dari yang kecil dan secara bertahap membangun. Misalnya, jika Anda berencana untuk olahraga, pertimbangkan untuk memulai dengan berjalan kaki sekali sehari selama 30 menit beberapa kali seminggu.

Tingkatkan hingga mencapai rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention, yaitu 150 menit aktivitas fisik sedang dalam seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Kesehatan Pribadi

2. Perhatikan kesehatan Anda

"Sering kali, kita terfokus pada poin data tertentu, terutama yang lebih dihargai di masyarakat," lanjut Amanda Velazquez. Tetapi kesehatan lebih dari sekadar angka pada skala.

Apakah olahraga Anda meningkat? Apakah Anda merasa memiliki lebih banyak energi di siang hari? Pada akhirnya, yang paling penting adalah kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Tidak Masalah untuk mengatakan 'tidak'

Terkadang kita merasa perlu untuk menuruti orang lain.

Entah itu teman Anda yang mengajak bepergian atau makan bersama teman dan keluarga, tidak masalah untuk mengatakan 'tidak' pada makanan dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan tujuan Anda.

Pertimbangkan untuk menyarankan aktivitas sehat alternatif yang sejalan dengan tujuan Anda.

3 dari 3 halaman

Dukungan dan Motivasi Positif

4. Punya sistem pendukung

Pertimbangkan untuk mencari seseorang yang dapat membantu Anda mengejar tujuan. National Institutes of Health menyarankan Anda untuk memanfaatkan kekuatan hubungan sosial untuk mendapatkan kebiasaan yang lebih sehat.

Memiliki teman, anggota keluarga, pasangan atau kolega untuk mendiskusikan tantangan yang Anda hadapi dapat memberi semangat dan membantu Anda tetap termotivasi.

5. Tetaplah bersikap positif

Berfokus pada hal-hal negatif akan menghilangkan motivasi Anda.

"Manusia suka berpikir tentang segala sesuatu sebagai semua atau tidak sama sekali," ucap Amanda Velazquez.

Orang sering kali meninggalkan tujuan mereka setelah mengalami satu atau dua kali kegagalan. Namun, yang terbaik adalah terus maju dan membuat pilihan yang lebih sehat di lain waktu.

Percayalah pada kemampuan Anda dan terus ingatkan diri tentang dampak perubahan gaya hidup Anda terhadap kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini