Sukses

Sederet Alasan Kucing Takut Air, Termasuk Bikin Anabul Kehilangan Kendali

Bisa jadi kucing tak suka air lantaran bila ia basah bakal membuat bulu-bulunya jadi tak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik kucing pasti pernah merasakan sulitnya memandikan anak-anak berbulu (anabul). Kebanyakan kucing akan menghindari air dengan cara apa pun. Memang, kenapa kucing tak suka air?

Para dokter hewan dan peneliti tidak sepenuhnya yakin alasannya. Bisa jadi kucing tak suka air lantaran bila ia basah bakal membuat bulu-bulunya jadi tak nyaman.

 “Saat kucing basah, bulu-bulunya menjadi lebih tebal, dingin, dan tidak nyaman. Bulu kucing juga membutuhkan waktu lama untuk mengering dengan sendirinya,” kata dokter hewan Eve Elektra Cohen seperti dikutip dari Reader's Digest.

Bisa jadi juga, air membuat kucing merasa kehilangan kendali karena memperlambat langkahnya. 

“Aspek ketidaknyamanan lainnya adalah kucing adalah makhluk yang cepat dan gesit, kakinya ringan, serta mahir melompat dan menyeimbangkan,” lanjut Cohen.

Namun, ada juga lho kucing yang tertarik bermain dengan air keran.  “Mungkin lebih pada pergerakan air yang mengalir dari keran, suara yang ditimbulkannya, dan cahaya yang dipantulkannya dari air,” kata Cohen. 

Apa Kucing Tak Usah Mandi?

Mengingat kucing takut air, dia perlu mandi enggak sih? Sebenarnya, kucing sangat mementingkan perawatan; sekitar 30 hingga 50 persen waktunya dihabiskan untuk menjilati dan mengibaskan bulunya. Jadi, pemilik kucing mungkin tidak perlu memaksanya mandi. 

Meskipun demikian, beberapa kucing mungkin tidak dapat merawat tempat-tempat yang sulit dijangkau tersebut. Terutama jika mereka menderita radang sendi atau suatu penyakit, sehingga mereka tetap membutuhkan mandi. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah Semua Kucing Takut Air?

Kucing bukan spesies yang menyukai air, dan mereka berevolusi di iklim kering dengan sedikit paparan sungai dan danau.

Uniknya, tidak semua kucing lari saat mendengar bak mandi terisi air. Ada beberapa kucing yang menyukai air juga merupakan ras kucing yang akrab dengan anjing. Seperti Abyssinian, Turkish Van, Maine Coon, Norwegia Forest Cat, Bengal, dan American Shorthair.

Ras kucing ini memiliki tekstur bulu yang berbeda sehingga lebih tahan terhadap air, dan tetap bisa menikmati air.

Tapi bisakah kucing berenang? Ya, biasanya ras kucing tersebut dikenal suka berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.