Sukses

Mau Liburan Tanpa Takut Berat Badan Naik? Simak 5 Tips Ini!

5 Cara Tetap Makan Sehat saat Liburan Tanpa Takut Berat Badan Naik

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang seringkali berpikir bahwa liburan merupakan jeda dari segala hal, termasuk kebiasaan makan sehat. Namun, menjaga pola makan seimbang selama perjalanan sangat penting untuk menghindari kenaikan berat badan.

"Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk tetap makan sehat dan tidak berlebihan saat menikmati liburan," kata dokter penyakit dalam, Steven Yale MD.

Berikut beberapa tips agar bisa tetap menerapkan pola makan sehat selama liburan seperti dilansir dari Scripps pada Jumat, 29 Desember 2023.

1. Bawalah Makanan Ringan

Membawa makanan ringan sendiri dapat membantu kita untuk menghindari junk food saat sedang dalam perjalanan.

Yale menyarankan membawa keju, buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan protein batangan.

"Camilan tersebut membuat kita kenyang dari nutrisinya. Selain itu, mencegah kita melewatkan waktu makan, sehingga meminimalisir menyantap berlebihan," katanya.

2. Jangan Melewatkan Sarapan

Memang terkadang liburan membuat seseorang bergegas dan semangat untuk mengunjungi tempat-tempat baru. Namun, jangan sampai melewatkan waktu makan di pagi hari alias sarapan.

Sarapan yang sehat dapat meningkatkan metabolisme dan membantu kita menghindari makan berlebihan sepanjang hari.

"Sarapan seimbang mencakup protein tanpa lemak, buah-buahan, dan biji-bijian dapat memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari," kata Yale.

Sarapan juga menjadi bahan energi yang membuat kondisi otak segar, sehingga kondisi mood bagus. Sebaliknya, jika berada dalam kondisi lapar menjadikan otak lelah dan memengaruhi mood. Akibatnya ketika liburan akan menjadi lesu ataupun mudah emosi.

Bahkan bisa bikin berat badan naik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Biasakan Perbanyak Jalan Kaki Selama Liburan

Hal ini mungkin tidak secara langsung memengaruhi apa yang kita makan, tapi berjalan kaki dapat membantu menyeimbangkan kalori.

"Berjalan kaki adalah cara yang bagus untuk membantu kita tetap aktif. Mengenakan sepatu yang nyaman juga dapat mendorong kita untuk berjalan lebih banyak dan membakar kalori ekstra tersebut," kata Yale.

Selain itu, berjalan kaki membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Tak hanya itu, jalan kaki membantu mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental dengan mengurangi stres.

4. Tetap Terhidrasi

Dehidrasi sering terjadi saat bepergian, terutama saat banyak berjalan kaki. Jadi jangan lupa untuk banyak minum air putih saat sibuk menjelajah.

"Tetap terhidrasi sangat penting. Air membantu pencernaan dan membuat kita merasa kenyang, sehingga mengurangi kecenderungan untuk ngemil," ujar Yale.

Cobalah untuk membatasi alkohol, karena dapat membuat seseorang dehidrasi dan menambah kalori yang tidak perlu. Bawalah botol air yang dapat digunakan kembali untuk memastikan kita selalu memiliki air.

3 dari 3 halaman

5. Jangan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Beberapa orang ketika liburan akan merayakannya dengan minum alkohol. Padahal, alkohol dapat menambah kalori dan mengganggu tidur. Dua hal itu menyumbang besar terhadap kenaikan berat badan.

Sebab ketika kurang istirahat, hal ini memengaruhi hormon nafsu makan dan sinyal kenyang, sehingga kita lebih lapar keesokan harinya.

Kurang tidur juga dapat mengubah cara berpikir tentang makanan. Sehingga hal ini akan semakin membuat seseorang menginginkan makanan yang kurang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini