Sukses

Nangka Si Buah Super yang Penuh Manfaat bagi Kesehatan, Bisa Cegah Serangan Jantung hingga Stroke

Nangka, Si Raja Buah yang Memiliki Segudang Manfaat

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Nangka adalah jenis buah yang gampang dijumpai di daerah tropis kayak Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Memiliki rasa yang manis dan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan, membuat buah nangka acapkali dijuluki sebagai makanan super.

Adapun nutrisi yang terkandung di dalam buah nangka di antaranya vitamin C, A, kalsium, kalium, zat besi, zinc, asam folat, serat, bahkan protein. Selain itu, buah nangka juga rendah kalori dan dikenal dapat menyokong sistem kekebalan tubuh melalui sifat anti-bakteri dan anti-virus yang terkandung di dalamnya.

Lebih lanjut, nangka juga bebas lemak dan tidak mengandung kolesterol jahat. Sehingga nangka cocok untuk disantap setiap hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini.

Lebih jelasnya berikut ini manfaat buah nangka bagi kesehatan seperti dilansir dari Verywell Fit pada Jumat, 29 Desember 2023.

1. Buah Nangka Baik bagi Kesehatan Jantung

Serat dan potasium merupakan kandungan utama dalam buah nangka. Kedua nutrisi ini diketahui membantu menjaga kesehatan jantung.

"Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen. Tentu saja hal tersebut mendukung kesehatan jantung," kata ahli nutrisi, Sarah Garone NDTR.

Selain itu, kalium dalam nangka mengatur tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

Bahkan, kandungan vitamin C pada buah nangka dapat membantu mencegah ketidakstabilan plak aterosklerosis. Tentu berperan besar dalam menurunkan risiko serangan jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam buah nangka juga mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan sel, dan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi.

"Sehingga buah ini cocok bagi perokok pasif, orang dengan latihan fisik ekstrem atau suhu dingin," kata Sarah.

Sebab, kini vitamin C telah terbukti mengurangi flu biasa hingga 50 persen. Vitamin C juga merupakan prekursor kolagen yang penting untuk penyembuhan luka.

Tak hanya buahnya, bahkan biji nangka juga bermanfaat. Biji nangka mengandung protein yang disebut jacalin.

Jacalin merupakan lektin yang berikatan dengan karbohidrat tertentu. Penelitian telah menemukan, kandungan tersebut melindungi sel kekebalan dari infeksi HIV.

3 dari 4 halaman

3. Manfaat Buah Nangka Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur

Nangka mengandung zat besi dan magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

"Menyantap makanan dengan kandungan tinggi magnesium dapat bermanfaat untuk kualitas tidur yang lebih baik. Buah ini mampu mengurangi insomnia, terutama bagi orang lanjut usia," ujar Sarah.

Insomnia sering kali disebabkan oleh anemia. Kondisi kurang darah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup. Sehingga kualitas tidur bisa normal kembali.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Banyak sekali alternatif sumber kalsium yang bisa memberikan asupan tersebut, salah satunya adalah nangka.

Tidak hanya kalsium, buah ini juga mengandung potasium dan magnesium. Ketiga kandungan tersebut memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang.

Sehingga menyantap nangka membantu meningkatkan kesehatan tulang seseorang secara menyeluruh. Selain itu, nangka juga mengandung banyak vitamin C yang membantu penyerapan kalsium, sehingga tulang terjaga secara maksimal.

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe Dua

Nangka memiliki Glycemic Index (GI) rendah yang membuatnya aman untuk dikonsumsi. Apalagi pasien diabetes, nangka mampu menjaga gula darah agar terkontrol.

Namun, nangka tidak cocok untuk penderita asam urat. Buah ini mengandung tinggi purin yang bisa memperparah penyakit tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.