Sukses

Pidato Natal Raja Charles III, Singgung Konflik dan Perlindungan Terhadap Bumi

Isi pidato Natal Raja Charles III menyoroti soal konflik dan perlindungan terhadap Bumi.

Liputan6.com, Inggris - Raja Charles III berbicara tentang iman, persekutuan, dan kasih sayang dalam pidato Natal tepat di tanggal 25 Desember 2023. Dia juga berterima kasih kepada 'tentara tanpa pamrih (selfless army)' para sukarelawan yang menurutnya adalah 'tulang punggung' masyarakat Inggris, bahkan pada Hari Natal.

Berikut ini secara lengkap isi pidato Natal yang disampaikan Raja Charles III sebagaimana dikutip dari BBC Internasional pada Selasa, 26 Desember 2023:

Banyak festival agama-agama besar di dunia yang dirayakan dengan hidangan khusus. Kesempatan bagi keluarga dan teman untuk berkumpul bersama lintas generasi, berbagi makanan menambah keramahan dan kebersamaan.

Bagi sebagian orang, iman akan menjadi yang paling utama dalam hati mereka.

Bagi sebagian lainnya, ini adalah sukacita persekutuan dan pemberian hadiah. Ini juga merupakan saat di mana kita mengenang mereka yang sudah tidak bersama kita lagi dan juga memikirkan mereka yang pekerjaannya merawat orang lain terus berlanjut, bahkan di hari yang istimewa ini.

Kepedulian dan belas kasihan yang kita tunjukkan kepada orang lain merupakan salah satu tema dari kisah Natal, terutama ketika Maria (Mary) dan Yusuf (Joseph) ditawari tempat berlindung pada saat mereka membutuhkan oleh orang asing, ketika mereka menantikan kelahiran Yesus.

Selama setahun terakhir ini, hati saya telah dihangatkan oleh banyak contoh cara-cara imajinatif yang dilakukan orang-orang untuk peduli satu sama lain --- bekerja lebih keras untuk membantu orang-orang di sekitar mereka hanya karena mereka tahu bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan: di tempat kerja dan di rumah; di dalam dan di luar komunitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelayanan adalah Inti dari Kisah Natal

Saya dan istri saya sangat senang ketika ratusan perwakilan dari pasukan tanpa pamrih tersebut - sukarelawan yang melayani masyarakat mereka dengan berbagai cara dan dengan perbedaan yang begitu besar - dapat bergabung dengan kami di Westminster Abbey untuk penobatan pada awal tahun ini.

Mereka adalah tulang punggung penting bagi masyarakat kita. Kehadiran mereka sangat berarti bagi kami berdua dan menekankan makna penobatan itu sendiri: di atas segalanya, sebuah panggilan bagi kita semua untuk melayani satu sama lain; untuk mengasihi dan merawat semua orang.

Pelayanan juga merupakan inti dari kisah Natal - kelahiran Yesus yang datang untuk melayani seluruh dunia, menunjukkan kepada kita melalui teladan-Nya sendiri, bagaimana mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri.

Sepanjang tahun ini, keluarga saya telah menyaksikan, bagaimana orang-orang dari segala usia membuat perbedaan bagi komunitas mereka.

Hal ini menjadi semakin penting pada saat banyak orang mengalami kesulitan, ketika kita perlu mengembangkan cara-cara yang sudah ada untuk membantu orang lain yang kurang beruntung dari kita.

Karena anugerah Tuhan, kita diberkati dengan banyak hal, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menggunakannya dengan bijaksana.

Namun, pelayanan kepada orang lain, hanyalah salah satu cara untuk menghormati seluruh ciptaan yang, bagaimanapun juga merupakan manifestasi dari yang ilahi. Ini adalah keyakinan yang dimiliki oleh semua agama.

Merawat ciptaan ini adalah tanggung jawab yang dimiliki oleh semua orang dari semua agama dan tidak ada yang tidak memilikinya. Kita merawat Bumi, demi anak cucu kita.

 

3 dari 3 halaman

Perlindungan Terhadap Bumi dan Soroti Konflik

Selama hidup saya, saya sangat senang melihat tumbuhnya kesadaran tentang bagaimana kita harus melindungi Bumi dan alam kita sebagai satu rumah yang kita miliki bersama.

Saya menemukan inspirasi yang luar biasa sekarang dari cara begitu banyak orang menyadari hal ini - seperti halnya kisah Natal, yang menceritakan bahwa para malaikat membawa pesan pengharapan pertama kali kepada para gembala. Mereka adalah orang-orang yang hidup sederhana di antara ciptaan Tuhan lainnya. Mereka yang dekat dengan alam mendapat keistimewaan pada malam itu.

Dan pada saat konflik yang semakin tragis di seluruh Dunia, saya berdoa agar kita juga dapat melakukan semua yang kita bisa untuk melindungi satu sama lain. Kata-kata Yesus tampak lebih relevan daripada sebelumnya: 'Lakukanlah kepada orang lain seperti yang Anda ingin mereka lakukan kepada Anda.

Nilai-nilai tersebut bersifat universal, menyatukan keluarga besar agama-agama Abrahamik (Samawi), dan sistem kepercayaan lainnya, di seluruh Persemakmuran dan dunia yang lebih luas.

Kata-kata ini mengingatkan kita untuk membayangkan diri kita berada di posisi saudara kita, dan untuk mencari kebaikan mereka seperti yang kita lakukan untuk diri kita sendiri.

Jadi pada Hari Natal ini, hati dan ucapan terima kasih saya tujukan kepada semua orang yang melayani satu sama lain; semua orang yang merawat rumah kita bersama; dan semua orang yang melihat dan mencari kebaikan orang lain, tidak terkecuali teman yang belum kita kenal. Dengan cara ini, kita mengeluarkan yang terbaik dari diri kita sendiri.

Saya ucapkan selamat Natal untuk Anda 'damai di bumi dan kebaikan untuk semua', hari ini dan seterusnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini