Sukses

Gejala Cacingan pada Bayi, Ketahui 11 Hal Ini Agar Terhindar dari Infeksi Cacing

Gejala cacingan pada bayi dan upaya pencegahan agar terhindar dari infeksi cacing.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Cacingan (stomach worm) dapat dialami bayi, biasanya di usus. Cacing dapat menginfeksi anak-anak dan orang dewasa.

Cacingan merupakan salah satu infeksi parasit yang paling umum di seluruh dunia dan lebih sering terjadi di negara-negara tropis dan subtropis. Afrika, Asia Selatan dan Amerika Selatan adalah wilayah yang paling banyak terkena dampaknya.

Ada banyak jenis infeksi cacing. Cacing kremi (threadworms atau disebut pinworms) adalah cacing yang umum menyerang anak-anak. Cacing tambang, cacing gelang dan cacing cambuk juga sangat umum terjadi di India.

Sebagian besar infeksi cacing bersifat ringan dan dapat diobati dengan mudah dengan obat cacing. Jika tidak diobati, cacingan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jika Anda mencurigai anak menderita cacingan, segera hubungi dokter.

Tanda-tanda Infeksi Cacing Kremi

Jika bayi memiliki infeksi cacing, ia mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun, hanya saja mengeluh gatal di bagian bawah, terutama di malam hari.

Bayi tidak akan dapat memberitahu Anda apa masalahnya, tetapi gangguan tidur dan kerewelan yang disebabkan oleh rasa gatal di malam hari adalah petunjuk besar, dikutip dari Baby Center pada 14 Desember 2023.

Karena cacing kremi muncul dan menyimpan telur di kulit pantat sebagian besar di malam hari, ini adalah waktu terbaik untuk memeriksanya. Periksalah pantat bayi di malam hari, setelah ia tidur.

Kulit yang teriritasi di sekitar anus (dan kadang-kadang gatal pada vagina pada anak perempuan) juga bisa menjadi petunjuk. Cacing kremi kadang-kadang menyebabkan mual dan muntah juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Infeksi Cacing Tambang

Jika anak Anda terinfeksi cacing tambang, ia mungkin mengalami:

  • ruam yang bisa terasa gatal di tempat cacing masuk ke kulit, terutama gatal-gatal (urtikaria)
  • anemia

Bicaralah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut dan perawatan yang diperlukan.

Bagaimana Anak Terkena Cacingan?

Beberapa cara penyebaran infeksi cacingan pada anak meliputi:Infeksi cacing karena kontak dengan tanah yang terinfeksiIni adalah cara paling umum anak-anak terkena cacingan, seperti cacing tambang, cacing gelang, cacing pita, dan cacing cambuk.

Jika seseorang yang terinfeksi, telur cacing tumbuh menjadi larva (cacing yang belum dewasa). Larva kemudian menjadi dewasa. Anak-anak dapat terinfeksi cacing tambang karena berjalan tanpa alas kaki atau merangkak di tanah yang terinfeksi.

Larva ini dapat menembus kulit kaki. Cacing lain masuk ke dalam tubuh ketika seseorang terkena tanah di tangan atau di bawah kuku dan kemudian memasukkan tangan yang kotor ke dalam mulut.

Cacing terdapat pada makanan yang kurang matang atau terinfeksiTelur cacing tambang, cacing cambuk, dan cacing gelang menempel pada tanaman dan sayuran yang ditanam di tanah yang terkontaminasi feses dan belum dicuci bersih.

Seseorang dapat terinfeksi dengan memakan sayuran ini.Hewan yang hidup di sepanjang daerah perairan, seperti ikan, sapi, domba, babi, dan kambing, juga dapat terinfeksi cacing seperti cacing pita. Alhasil, daging dan ikan yang mentah atau tidak dimasak dengan baik, juga dapat membawa cacing.

3 dari 4 halaman

Kontak dengan Orang yang Memiliki Infeksi Cacing

Jika seseorang yang bersentuhan dengan bayi Anda menderita cacingan, mereka dapat menularkan infeksi kepada bayi jika mereka tidak memiliki kebersihan yang baik. Cacing kremi menular dengan cara ini.

Telur cacing dapat tetap berada di bawah kuku atau di tangan yang tidak dicuci atau tidak dicuci dengan benar dan dapat berpindah dari sana ke mainan bayi Anda atau langsung ke mulutnya. Cacing kremi dapat hidup hingga tiga minggu di seprai atau pakaian.

Agar Anak Tak Kena Infeksi Cacing

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaganya agar tetap aman dari infeksi cacing:

1. Ganti popok bayi Anda secara teratur, dan cuci tangan Anda dengan bersih setelahnya.

2. Jaga kebersihan rumah dan sekitarnya, dan gunakan disinfektan yang baik.

3. Setelah anak Anda bisa berjalan, berikan dia sepatu yang pas. Pastikan ia mengenakan sepatu tertutup saat bermain di luar. Cuci tangan dan kakinya ketika Anda tiba di rumah.

4. Jauhkan anak Anda dari area bermain yang becek, lubang pasir dan tanah yang lembab atau area yang penuh dengan kotoran hewan atau manusia. Berhati-hatilah selama musim hujan ketika ada genangan air. Air yang terkontaminasi dapat mengalir dari mana saja.

5. Selalu pastikan bahwa anak Anda bermain di tempat yang bersih dan kering. Jangan biarkan anak bermain di dalam atau di sekitar genangan air seperti genangan air, lubang, danau atau bendungan.

 

4 dari 4 halaman

Jaga Kebersihan Toilet

6. Jaga kebersihan toilet dan pispot bayi Anda. Cuci pantat bayi Anda setiap kali ia buang air kecil dan buang air besar dan selalu cuci tangan Anda dengan bersih setelahnya.

7. Jika anak Anda sudah cukup besar, ajarkan dia untuk selalu menggunakan toilet yang bersih dan mencuci tangannya setelah pergi ke kamar mandi.

8. Jagalah agar kuku anak Anda tetap pendek dan bersih. Telur cacing dapat tersangkut di bawah kuku yang panjang dan menyebar ke seluruh rumah. Cegah menggigit kuku dan mengisap ibu jari.

9. Selalu minum air bersih. Anda dapat merebus atau menyaring air minum Anda.

10. Cuci buah dan sayuran dengan air bersih. Berhati-hatilah saat mencuci sayuran hijau, karena sayuran tersebut dapat mengandung tanah dan pasir.

11. Pastikan daging dan ikan masih segar sebelum dimasak. Masaklah daging dan ikan hingga matang, hingga tidak ada bagian yang masih mentah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini