Sukses

Manfaat Mandi Air Garam yang Jarang Diketahui Orang, Salah Satunya Redakan Nyeri Otot

Garam ini lebih kaya magnesium, sehingga bermanfaat untuk seluruh tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengira mandi air garam itu sesuatu yang tidak mungkin. Tubuh akan terasa gatal dan lengket seperti ketika berenang di pantai yang airnya mengandung garam.

Namun ternyata ada manfaat dari menambahkan garam ke dalam air mandi hangat, yakni menenangkan pikiran dan tubuh.

“Garam untuk mandi telah digunakan sebagai cara yang mudah dan murah untuk mengobati penyakit kesehatan mental serta fisik,” jelas Psikiater Senior dari Manasthali, Dr. Jyoti Kapoor, menanggapi bagaimana mandi air garam dapat bermanfaat bagi pikiran dan tubuh.

“Biasanya terbuat dari magnesium sulfat (garam Epsom) atau garam laut. Garam ini mudah dilarutkan ke dalam air hangat dan digunakan untuk segala hal mulai dari menghilangkan stres hingga nyeri,” lanjutnya.

Berikut sejumlah manfaat mandi dengan air garam menurut Kapoor, dilansir dari laman Health Shots.

1. Mendetoks Tubuh

Mineral seperti garam dalam bahan mandi detoks dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, mengurangi stres, meredakan sembelit, serta meminimalisir tubuh dari polutan.

Tidak lupa sertakan aromaterapi ketika mandi. Agar pikiran relaks dan meningkatkan suasana hati.

2. Migrain dan Nyeri Otot

Garam mandi dapat membantu mengatasi nyeri otot yang tegang menjadi kendur. Bahkan sakit kepala juga bisa diatasi dengan mandi air garam.

Menambahkan garam ke air mandi dengan beberapa tetes minyak esensial, juga bermanfaat untuk meningkatkan relaksasi otot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Redakan Peradangan atau Iritasi Kulit

Garam dapat digunakan untuk mengobati eksim, psoriasis, dermatitis kontak, dan penyakit kutu air untuk mengurangi peradangan dan iritasi kulit.

4. Redakan Radang sendi

Kapoor menegaskan, bahwa ini semua bermanfaat dengan menggunakan garam epsom.

“Mandi dengan garam epsom bersama air hangat akan membantu meredakan otot yang tegang setelah berolahraga serta persendian yang kaku dan terasa nyeri. Garam ini juga dapat digunakan untuk menargetkan sendi dan daerah tubuh tertentu,” katanya.

Garam epsom berbeda dengan yang biasanya. Garam ini kaya akan magnesium sulfat dan oksigen.

Tidak perlu khawatir, garam ini dapat dibeli di minimarket terdekat dan e-commerce.

3 dari 4 halaman

Manfaat Garam Epsom untuk Tenangkan Pikiran

Garam epsom dapat mengurangi stres. Garam ini bekerja membantu otak memproduksi neurotransmiter pereda stres seperti serotonin, karena kandungan magnesiumnya yang tinggi.

Selain itu, suasana hati dan nafsu makan akan lebih baik setelah mandi dengan garam epsom. Hal ini dipengaruhi oleh rendahnya kadar serotonin dalam tubuh.

Merendam kaki dalam air garam epsom dapat membantu kita melepas lelah. Cara ini disarankan untuk menenangkan saraf otak. Prosesnya ketika mandi dengan garam epsom, otot di sekitar tengkorak kita akan kendur.

4 dari 4 halaman

Garam Epsom juga Berguna untuk Atasi Gangguan Tidur dan Kecemasan

Garam epsom juga meningkatkan kualitas tidur. Lagi-lagi karena kandungan magnesium garam epsom yang tinggi, sehingga ini meningkatkan kualitas tidur dengan mempercepat proses produksi melatonin.

Ketika nanti kesulitan tidur, pertimbangkan untuk mandi air hangat dengan garam epsom sebagai obat tidur alami.

Garam epsom juga mengurangi kecemasan. Penggunaan garam Epsom telah terbukti mengurangi kadar kortisol dan menenangkan jiwa.

Selain itu, ia memiliki manfaat terapeutik yang mengurangi kecemasan. Denyut jantung dan tekanan darah sering kali meningkat karena kecemasan.

Itu dia sejumlah manfaat garam epsom yang tidak banyak orang yang tahu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini