Sukses

Chef Nomor 1 Korea, Baek Jong Won Berhasil Selamatkan Nyawa Lansia yang Serangan Jantung dengan CPR

Baek Jong Won rupanya terlatih dalam hal CPR atau pertolongan pertama pasien serangan jantung

Liputan6.com, Jakarta - Chef terkenal di Korea Selatan sekaligus pemilik banyak acara kuliner, Baek Jong Won, diberitakan telah berhasil menyelamatkan nyawa seorang karyawan yang tiba-tiba pingsan dengan melakukan CPR atau Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Menurut rekan dekat Baek Jong Won kepada situs berita News 1 Korea, hal ini terjadi saat CEO 'The Born Korea' tersebut menghadiri Festival Ginseng Dunia Geumsan di Provinsi Chungcheong Selatan pada 11 Oktober 2023.

Pada saat itu, Baek Jong Won sedang makan bersama Gubernur Geumsan, Park Beom In dan Kepala Organisasi Pariwisata Korea.

Secara kebetulan Baek Jong Won melihat karyawan terjatuh, dan dia langsung melakukan Resusitasi Jantung Paru hingga ambulans 119 tiba.

Tindakan pertolongan pertama yang dilakukan pemilik acara 'The Genius Paik' berhasil membuat karyawan tersadar. Begitu ambulans tiba, yang bersangkutan langsung dibawa ke rumah sakit guna penanganan lebih lanjut.

Seorang pejabat restoran yang berhasil dihubungi Ilgan Sports, mengatakan,"Begitu CEO Baek Jong Won melihat karyawan tersebut terhuyung dan pingsan, dia bergegas keluar dan berusaha memberikan pertolongan pertama. Karena kami mengambil tindakan cepat, kami mampu melindungi masa emas tersebut."

Sambil mengungkap rasa terima kasihnya, pejabat restoran kemudian mengatakan bahwa ini akan menjadi momen yang berbahaya jika bukan karena tindakan Baek Jong Won.

Dilaporkan bahwa karyawan yang pingsan adalah anggota keluarga dekat pemilik restoran yang datang untuk membantu. Nahas, tiba-tiba dia mengalami serangan jantung mendadak.

Disebut juga bahwa pihak restoran berulang kali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada CEO Baek Jong Won melalui The Born Korea.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baek Jong Won Paham Soal CPR

Terkait cerita baik yang sudah tersebar luas di internet, pihak Baek Jong Won mengatakan bahwa Baek pernah menjabat sebagai perwira sewaktu wajib militer dan memiliki pengetahuan dasar tentang CPR.

"Sehingga mampu memberikan respons yang tepat dalam situasi darurat," kata mereka.

Karyawan yang kehilangan kesadaran langsung dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit terdekat dan dilaporkan dalam keadaan sehat.

Seorang pejabat, mengatakan,"CEO Baek Jong Won mengatakan itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan siapa pun dalam situasi seperti ini."

Kemudian dia,menambahkan,"Setelah itu, dia langsung pergi ke tempat acara dan melakukan apa yang harus dia lakukan."

 

 

3 dari 3 halaman

Baek Jong Won : CPR Seharusnya Bisa Dilakukan Siapa Saja

Media lain yang berhasil menghubunginya adalah OSEN. Berbicara melalui sambungan telepon, Baek Jong Won menceritakan kronologi sebenarnya.

"Ada seorang lansia (yang terjatuh) di sebelah kami di restoran. Yang bisa saya pikirkan hanyalah membantunya. Untungnya, ada tangga tepat di depan saya, dan saya berpikir beruntung dia tidak terjatuh saat naik. Sebab, dia sudah lanjut usia," katanya.

"Saya khawatir jika dia kehilangan kesadaran di tangga, sesuatu yang serius akan terjadi. Untung saya dengar dia sudah sadar dan selamat. Saya sangat beruntung," dia menambahkan.

Mengenai cerita yang sudah menyebar di media sosial, CEO Baek Jong Won mengatakan dengan kerendahan hati bahwa ini bukanlah sesuatu yang seharusnya diliput.

"Sehingga saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan ketika hal ini diketahui melalui media. Daripada sesuatu yang patut dipuji, saya menganggap ini sesuatu yang setiap orang seharusnya lakukan secara alami," pungkasnya.

Sementara itu, Baek Jong Won akan menyapa para penonton lewat 'Business Genius Baeksajang' musim ke-2 yang diproduksi tvN pada 29 Oktober 2023.

Di Musim 1, Baek Jong Won memulai sebuah restoran Korea di Maroko, Afrika, dan Napoli, Italia. Di Musim 2, dia menjalankan misi untuk menjalankan dua restoran sekaligus di Spanyol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.