Sukses

Penelitian: Olahraga 11 Menit Sehari Cukup untuk Cegah Penyakit Jantung

Olahraga Ringan Selama 11 Menit Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang selama 11 menit sehari atau sekitar 75 menit seminggu cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian ilmiah terus-menerus mengonfirmasi betapa pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Banyak penelitian juga muncul dengan bukti yang jelas bahwa untuk mendapatkan manfaat penting dari aktif secara fisik tidak diperlukan olahraga dalam jumlah yang banyak, kelas mahal, hingga membership gym.

Melansir Real Simple pada Kamis, 28 September 2023, dengan melakukan sedikit gerakan dengan intensitas sedang atau bahkan hanya 10 atau 11 menit sehari, jauh lebih baik daripada tidak melakukan gerakan sama sekali.

Olahraga sangat penting untuk mendukung kesehatan jantung, kesehatan kognitif, kesehatan mental, fungsi kekebalan tubuh, kesehatan metabolisme, kualitas tidur, dan banyak lagi.

Namun, jenis olahraga apa dan berapa banyak olahraga yang cukup untuk tetap sehat dan hidup lebih lama? Seperti faktor risiko kematian dini, penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker.

Dalam analisis penelitian terbesar mengenai hubungan antara tingkat aktivitas fisik dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian dini, para peneliti di Cambridge University memeriksa hasil dari 196 artikel yang ditinjau oleh rekan-rekannya, termasuk lebih dari 30 juta peserta dari 94 kelompok penelitian besar.

Hasil meta-analisis, yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, menghasilkan jumlah olahraga pasti yang diperlukan setiap hari untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian dini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Penelitian Soal Olahraga 11 Menit Baik untuk Jantung

Setidaknya, di luar aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan, olahraga dengan intensitas sedang selama 11 menit sehari ditemukan cukup untuk mengurangi risiko kematian dini sebesar 23 persen, dan pengembangan penyakit kardiovaskular sebesar 17 persen, dan bahkan mengembangkan kanker tertentu sebesar 7 persen.

"Kami tahu bahwa aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau bersepeda baik untuk kesehatan, terutama jika seseorang merasa aktivitas tersebut meningkatkan detak jantung. Namun, apa yang kami temukan memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker meskipun seseorang hanya bisa meluangkan waktu 10 menit setiap hari," kata rekan penulis studi  yang merupakan seorang profesor di Unit Epidemiologi Dewan Penelitian Medis, James Woodcock, Ph.D., M.Sc.

 

3 dari 4 halaman

Tetap Berolahraga Meskipun Sedang Sibuk

Kelompok Epidemiologi Kegiatan mengatakan “(Jika) seseorang merasa bahwa 75 menit seminggu dapat dikelola dengan baik, maka seseorang dapat mencoba meningkatkannya secara bertahap hingga jumlah yang disarankan.”

Pada waktu sibuk, ketika yang bisa dilakukan hanyalah berjalan kaki selama 10 menit di sekitar lingkungan atau bersepeda ke rumah teman, hal tersebut masih bersifat baik dan memiliki banyak manfaat.

 

4 dari 4 halaman

Jalan Cepat Menjadi Olahraga Paling disarankan

Jalan cepat dan bertenaga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik intensitas sedang yang paling sehat, termurah, dan berdampak paling rendah yang dapat dilakukan.

Dan, ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh kebanyakan orang dengan lebih nyaman. Misalnya ketika kamu turun dari halte dan berjalan pulang selama 10 menit.

Atau bersepeda ke kantor daripada harus mengemudi. Atau makan siang di tempat makan yang letaknya agak jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.