Sukses

10 Manfaat Buah Semangka, Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Buah semangka kaya akan air, sehingga baik dikonsumsi ketika cuaca panas.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Selain es atau minuman dingin, buah jadi alternatif sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Buah semangka kerap jadi pilihan karena tinggi kandungan air. 

Selain menyegarkan, semangka juga kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin.

“Semangka mengandung lebih banyak serat, magnesium, potasium, vitamin. A dan antioksidan lainnya, ditambah lebih rendah gula tambahan dan lemak jenuhnya,” jelas  Dawn Jackson Blatner, RDN.

Antioksidan pada semangka, juga bantu mencegah penyakit, serta menambah asupan air kedalam tubuh ketika musim panas.

“Semangka menyumbangkan nutrisi antioksidan utama, yang mendukung pencegahan penyakit dan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan cara yang baik, untuk menambah asupan air seseorang,” ujar Christina Meyer-Jax, RDN, LDN, ketua nutrisi Proses Standar dan asisten profesor di Northwestern Health Sciences University.

Menariknya, 152g semangka sudah mengandung:

Kalori: 45,6 gr

Lemak: 0,2 gr

Kolesterol: 0mg

Natrium: 1,52mg

Karbohidrat: 11,5g

Serat: 0,6g

Vitamin C: 12,3mg

Kalium: 170mg

Kalsium: 10mg

Vitamin A: 865 IU

Lycopene: 6.890 mikrogram

Selain itu, semangka juga memberikan efek menyenangkan bagi yang menyantapnya.

“Makan semangka membuat saya merasa riang seperti anak kecil lagi,” ungkap Kris Sollid, MS, RD, direktur senior komunikasi nutrisi di Dewan Informasi Pangan Internasional.

Adapun manfaat semangka diantaranya, seperti yang dilansir dari goodhousekeeping seperti di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Penuhi Nutrisi Kebutuhan Harian

Kandungan nutrisi pada semangka, yaitu sekitar 15% dari vitamin C harian seseorang. Selian itu, semangka memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal, seperti potasium, vitamin A, dan B6.

Vitamin C membantu perkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Sedangkan vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata. Semangka juga kaya akan potasium, yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi saraf.

Kandungan vitamin B6 juga membantu tubuh memecah protein yang dimakan, serta meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi saraf.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Lycopene merupakan senyawa alami yang terdapat pada semangka. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan.

Meyer-Jax mengatakan, zat ini juga terbukti menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Lycopene berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa, lycopene mungkin memiliki efek menurunkan tekanan darah. Selain itu mengurangi peradangan, mengurangi risiko kanker saluran pencernaan, dan kanker prostat.

3 dari 4 halaman

3. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Lebih dari 90% kandungan semangka adalah air, sehingga buah ini membantu kita tetap terhidrasi.

“Kita mendapatkan 80% hidrasi dari apa yang kita minum dan 20% dari apa yang kita makan. Semangka mampu penuhi asupan seimbang ini,” jelas Grace Derocha, RDN, CDCES, juru bicara nasional Academy of Nutrition and Dietetics.

Meyer-Jax merekomendasikan, makan semangka dengan ditaburi sedikit garam setelah berolahraga.  

“Kombinasi karbohidrat dan garam sangat ideal untuk mengisi kembali elektrolit dan simpanan karbohidrat yang hilang,” katanya.

4. Menyehatkan Pencernaan

Semangka mengandung kadar air yang tinggi dan sedikit serat.

“Keduanya adalah kunci untuk menjaga pencernaan tetap lancar, ” kata Meyer-Jax.

Serat menambah jumlah besar pada tinja, sehingga BAB tetap teratur. Sementara air membantu memindahkan limbah melalui sistem pencernaan.

5. Baik untuk Mata

Semangka juga kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan mata kita secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah gangguan penglihatan terkait usia. Secara khusus, ini adalah sumber vitamin A dan C yang baik, serta likopen dan lutein+zeaxanthin, yang merupakan salah satu sumber penting.

4 dari 4 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa lycopene tadi, ternyata mampu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dicatat oleh American Journal of Hypertension pada 2012 lalu.

7. Mengurangi Radang

“Kombinasi spesifik antioksidan, termasuk lycopene dan vitamin C, yang ditemukan dalam semangka, dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif seiring berjalannya waktu,” jelas Derocha.

8. Kulit Menjadi lebih Baik

“Air dan vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit seseorang tetap lembut, halus, dan kenyal,” kata Derocha.

Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, vitamin A membantu memperbaiki sel-sel kulit, mencegah kulit kering dan bersisik, sedangkan vitamin B6 membantu mengatasi kulit berjerawat, serta lycopene dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

9. Meredakan Nyeri Otot

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry dimuat bahwa, atlet yang minum jus semangka mengalami penurunan nyeri otot hingga 24 jam. Jus ini juga membantu menurunkan detak jantung pemulihan mereka.

Ternyata, kandungan L -citrulline, yaitu asam amino yang membantu mengurangi kerusakan otot.

10. Mengelola Berat Badan

Jadikan semangka sebagai camilan, karena membantu beri rasa kenyang yang lama.

Pada penelitian jurnal Nutrients menyebut, semangka efektif memberika rasa kenyang yang lebih lama, dibanding kue.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.