Sukses

Latihan Fisik Sebelum Naik Gunung, Penting Dilakukan Sebelum Mendaki

Jika kamu ingin melatih kakimu untuk mendaki gunung, kamu perlu mengasah beberapa latihan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Mendaki gunung itu sangat menguras tenaga dan membutuhkan kerja keras. Tapi sejujurnya, cara terbaik melatih kaki adalah dengan keluar rumah dan menghabiskan waktu mendaki gunung.

Bagaimana cara melatih kaki untuk mendaki gunung jika Anda tinggal di tempat yang datar?

Jika Anda ingin melatih kaki untuk mendaki gunung, kamu perlu mengasah beberapa latihan khusus. Dalam artikel ini, kami membahas tiga latihan kaki hebat yang akan membangun otot pendakianmu dan membantu kamu bersiap menghadapi medan, serta latihan untuk memulai.

Latihan untuk Persiapan Mendaki Gunung 

  • Mengangkat Betis

Mengangkat betis tampaknya merupakan latihan yang kurang dimanfaatkan. Namun, saat kamu naik gunung, betis sering kali menjadi salah satu kelompok otot pertama yang mengalami kelelahan. Oleh karena itu, kami menambahkan latihan mengangkat betis ke dalam latihan persiapan mendaki gunung.

Kenaikan betis cenderung berhasil dengan baik dalam set repetisi tinggi dengan 50+ repetisi. Melakukan set repetisi tinggi tentu akan membantu betis membangun daya tahan untuk pendakian gunung yang lebih lama.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggantungkan punggung kaki pada anak tangga kecil. Ini akan memungkinkan kamu melatih betis melalui rentang gerakan yang lebih panjang, sehingga membuat latihan menjadi sedikit lebih sulit dari biasanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latihan Terbaik untuk Persiapan Mendaki Gunung

  • Leg Blaster

Sudah jelas dan pasti ketika kamu mendaki gunung, kamu juga harus menuruninya kembali

Porsi pendakian yang cukup biasanya menyebabkan banyak tekanan eksentrik pada paha depan. Dalam bahasa Inggris yang sederhana, porsi pendakian yang cukup akan memaksa paha depan untuk terus-menerus berada dalam “mode pengereman”, itulah sebabnya mereka cenderung menjadi sangat sakit setelahnya.

Jadi, untuk membangun paha depan agar tahan terhadap bagian bawah, kamu bisa melakukan rangkaian latihan kecil yang dikenal sebagai "The Leg Blaster".

Satu rangkaian blaster kaki penuh sama dengan:

  • 20x squat udara
  • Total 20x langkah lunge berjalan (10 per kaki)
  • 10x lompat jongkok10x jumping lunge (total)

 

3 dari 4 halaman

Latihan Menaiki Tangga

Lakukan rangkaian tersebut antara 3 hingga 10 putaran dengan istirahat 30 detik di antara putaran, lalu rasakan olehmu bagaimana keadaan kakimu setelah itu.

Bagi yang memiliki cedera lutut atau pinggul, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

  • Menaiki Tangga

Berlari, memanjat, dan membawa barang ke atas dan ke bawah tidak bisa menggantikan sensasi mendaki gunung yang murni, tapi setidaknya bisa membuat kamu sedikit bersemangat. Memanfaatkan latihan tangga masih sangat membantu dalam memperkuat dan mengkondisikan kaki untuk menghadapi pegunungan.

Tidak sulit untuk menemukan tangga yang tinggi di sekitar rumah, kamu bisa temukan tangga yang tinggi di beberapa tempat ini:

  • Stadion olahraga lokal
  • Garasi parkir bertingkat
  • Hotel dengan tangga eksternal
  • Semua tempat ini biasanya menawarkan tangga panjang yang bagus yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga. Jika Anda benar-benar tidak dapat menemukan tangga untuk digunakan, gunakan saja mesin pemanjat tangga di gym setempat. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

 

4 dari 4 halaman

Tips Lain Mendaki Gunung

Selain melakukan olahraga fisik seperti yang sudah disebutkan di atas, masih beberapa tips aman untuk pemula yang ingin mendaki gunung yuk simak tipsnya!

Menambah Berat Badan 

Menambahkan beban eksternal ke latihan kaki hanya akan membantu kamu lebih mempersiapkan diri menghadapi kerasnya membawa beban naik dan turun gunung. Namun kamu juga harus menambah berat badan supaya lebihkuat membawa barang bawaan nanti.

Persiapkan Alat Mendaki

Alat pendakian harus lengkap dan sesuai dengan standar. Mulai dari tenda,sleeping bag alat masak dll.

Cari Gunung yang Aman bagi Pemula 

Cari tahu gunung yang mudah dan bisa ditakluki oleh seorang pemula, jika bisa ajak teman yang sudah berpengalaman mendaki. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.