Sukses

Cara Jaga Ginjal agar Tetap Sehat, Salah Satunya Batasi Asupan Garam

Menjaga kesehatan ginjal menjadi salah satu hal terpenting jika ingin hidup sehat.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Selain jantung, ginjal menjadi organ yang paling penting untuk manusia. Bahkan, saking pentingnya, manusia dianugerahi dengan dua ginjal sekaligus agar mampu bertahan hidup jikalau satu di antaranya bermasalah.

Seperti diketahui, ginjal memegang begitu banyak peranan penting dalam tubuh. Mulai dari menyaring dan mengeluarkan limbah hasil metabolisme hingga mengontrol keseimbangan air dalam tubuh.

Sayangnya, sebagian orang tidak menganggap serius upaya untuk menjaga ginjal agar tetap sehat. Padahal, cara-caranya pun ternyata tidak terlalu rumit lho.

Lantas, bagaimana cara menjaga ginjal sehat? Berikut diantaranya.

1. Jaga Pola Makan Sehat

Menurut anjuran yang dikutip melalui National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), cara pertama yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memilih makanan yang sehat.

Makan sehat yang dimaksud termasuk dengan mengurangi asupan garam dan gula tambahan dalam setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi.

"Targetkan kurang dari 2.300 miligram sodium setiap hari. Usahakan kurang dari 10 persen kalori harian Anda berasal dari gula tambahan," tulis keterangan tersebut.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan lebih banyak rempah-rempah untuk makanan yang kaya rasa sebagai pengganti garam. Selain itu, cobalah memilih alternatif lain dalam hal mengolah makanan.

Jika biasanya masih digoreng, maka Anda dapat mencoba mengolah daging, ayam, dan ikan dengan dipanggang atau direbus.

NIDDK turut menyarankan untuk membuat catatan sederhana soal apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Sebab, dengan begitu, kesadaran diri Anda dalam hal makanan dipercaya bisa meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Aktif Bergerak Setiap Hari

Lebih lanjut NIDDK mengungkapkan bahwa untuk menjaga kesehatan ginjal, penting untuk menjaga tubuh agar aktif bergerak setiap harinya. Setidaknya, 150 menit olahraga dalam seminggu atau 30 menit per hari.

Begitu pula dengan aktivitas yang membuat Anda aktif bergerak. Menambahkan aktivitas yang menuntut Anda aktif dinilai dapat membantu.

3. Upayakan Berat Badan Sehat

Ketiga, menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, maka pertimbangkan untuk membuat rencana penurunan berat badan yang realistis untuk dijalani sehari-hari.

3 dari 4 halaman

4. Kurangi Konsumsi Alkohol

Demi mencegah penyakit ginjal kronik, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Sambil menyeimbangkan pola hidup dengan tiga cara terdahulu yang direkomendasikan di atas.

Alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan secara tiba-tiba dan menyebabkan masalah jangka panjang, termasuk pada ginjal, seperti dikutip melalui WebMD.

Di sisi lain, alkohol dapat membuat Anda mengalami dehidrasi, yang mana membuat ginjal tidak dapat bekerja dengan baik.

4 dari 4 halaman

5. Berhenti Merokok

Entah sudah ada berapa banyak pemaparan terkait bahaya rokok. Namun, yang pasti, rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal dan merusak pembuluh darah.

Saat mengalami kanker ginjal dan rusak pembuluh darah, ginjal akan memperlambat aliran darahnya. Belum lagi, rokok dapat memengaruhi obat-obatan tertentu yang dapat mengobati tekanan darah tinggi.

"Ini serius, karena tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama penyakit ginjal," ujar keterangan WebMD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.