Sukses

Pakai Adat Jawa, Pernikahan Anjing Viral Jojo dan Luna Habiskan Dana Lebih dari Rp200 Juta

Anjing yang belakangan viral di media sosial Jojo dan Luna telah melangsungkan resepsi pernikahan. Kini, dua ekor anjing ini telah sah menjadi suami istri.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan anjing ras alaskan malamute tengah berbahagia. Anjing bernama Jojo dan Luna resmi menjadi suami istri usai menggelar pernikahan mewah dengan dana lebih dari Rp200 juta atas inisiasi pemiliknya.

Valentina Chandra selaku pemilik mempelai pria (Jojo) dan Indira Ratnasari selaku pemilik mempelai wanita (Luna) menyelenggarakan pernikahan anjing keduanya sebagai bentuk ungkapan kasih sayang.

Valentina mengungkapkan bahwa ide pernikahan Jojo dan Luna terinspirasi dari pernikahannya dulu dengan sang suami.

"Saat resepsi pernikahan, saya dan suami mengenakan busana adat Jawa dan tema internasional untuk prewedding-nya. Kali ini saya terapkan kepada anak (anjing) saya," ujar Valentina melalui keterangan yang diterima Liputan6.com, Minggu (16/7/2023).

"Kebetulan besan kami (orangtua Luna) juga berdarah Yogyakarta dan Solo. Kami sangat bangga dengan budaya kami," sambungnya.

Harap Budaya Indonesia Tak Terlupakan

Valentina dan Indira mengungkapkan bahwa dengan berlangsungnya pernikahan Jojo dan Luna dengan tema nusantara Indonesia, mereka berharap masyarakat tidak melupakan keberagaman dan tradisi budaya yang ada.

"Tidak bermaksud sedikitpun untuk melecehkan atau tidak menghormati budaya, dengan ini kami justru sangat bangga dengan keunikan budaya Indonesia yang beragam tetapi tetap satu," kata Valentina.

Resepsi Jojo dan Luna yang viral ini berlangsung di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Lokasi pernikahan dua ekor anjing ini didekorasi sedemikian rupa sesuai adat yang sudah ditentukan.

Bahkan, baju pengantin yang digunakan Jojo dan Luna turut terinspirasi dari budaya pengantin Jawa dengan nilai jutaan rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Resepsi Anjing Jojo dan Luna

Lebih lanjut, pihak keluarga Jojo dan Luna menyebut bahwa acara semakin hikmat dan kental dengan budaya Nusantara karena ada beberapa prosesi.

"Terdapat prosesi pemberkatan, kirab manten, penampilan tari-tarian dari para penari Belantara Budaya, peragaan busana Nusantara Indonesia anjing dan pemiliknya, serta perlombaan makan gelato khusus anjing," kata keduanya.

Selain itu, pernikahan Jojo dan Luna mengundang sekitar 50 ekor anjing dengan jenis alaskan malamute, husky, giant poodle, dan anjing ras besar lainnya.

Ada pula kurang lebih 100 tamu lainnya yang merupakan manusia dan menjadi saksi pernikahan Jojo dan Luna.

3 dari 4 halaman

Konsep Pernikahan Jojo dan Luna

Selain meriah dengan kehadiran para tamu, pemilik Jojo dan Luna menjelaskan bahwa pernikahan anjing-anjingnya dilakukan dengan konsep pesta kebun.

"Fasilitas dan hidangan yang disuguhkan untuk tamu undangan layaknya pernikahan mewah dengan konsep pesta kebun yang romantis dan berkesan," ujar pemilik Jojo dan Luna.

Pernikahan Jojo dan Luna diperkirakan menghabiskan lebih dari Rp200 juta.

4 dari 4 halaman

Sekilas Soal Tunangan Jojo dan Luna

Sebelumnya, perihal tunangan Jojo dan Luna sudah viral di media sosial TikTok. Dua ekor anjing ini bertunangan dengan tema internasional.

Pihak keluarga turut menyewa tim khusus untuk melakukan photoshoot dalam momen pertunangan Jojo dan Luna.

"Kita pakai tema international wedding buat Jojo dan juga Luna. Lihat-lihat persiapannya riweuh banget kan, semuanya pada bantuin. Sat set sat set, semua timnya pada gercep (gerak cepat). Pokoknya, prewedding manusia kalah deh sama Jojo dan Luna," ujarnya.

Dalam video berdurasi satu setengah menit itu, Jojo dan Luna menggunakan lebih dari satu baju. Mulai dari baju pernikahan khusus anjing hingga outfit bernuansa casual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.