Sukses

IDI dan Le Minerale Edukasi Masyarakat Soal Pentingnya Perhatikan Kualitas Air Minum untuk Kesehatan

Diketahui, orang dewasa membutuhkan asupan 2,5 hingga 3 liter air setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karena itu, konsumsi air harian pun perlu mendapat perhatian tersendiri.

Bekerja sama dengan PT Mayora melalui brand Le Minerale, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membuat program edukasi bertajuk 'Mineral Esensial Bantu Jaga Kesehatanmu'. Program edukasi ini bakal dilakukan di seluruh lapisan fasilitas kesehatan, salah satunya yakni rumah sakit.

Edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi air minum berkualitas ditujukan pada masyarakat melalui para tenaga kesehatan. Diketahui, orang dewasa membutuhkan asupan 2,5 hingga 3 liter air setiap hari.

Hanya saja, sayangnya masih banyak individu yang belum memenuhi kebutuhan cairan ini dengan baik. Atau, mereka berusaha memenuhi kebutuhan air minum namun tidak memerhatikan kualitasnya.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (Sekjen PB IDI) dr Ulul Albab, Sp.OG mengatakan, ada standar kualitas air yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi, diantaranya yakni jernih, bersih, terhindar dari kandungan logam berat, dan bebas dari bakteri.

"Apa yang masuk dalam tubuh itu harus memenuhi standar sehat, harus memenuhi syarat fisik, kimiawi, dan mikrobiologi. Dalam hal air minum, syarat fisiknya adalah jernih, bersih. Secara kimiawi, air minum harus terhindar dari kandungan logam berat, sedangkan secara mikrobiologi, harus terbebas dari bakteri," ucap Ulul, Rabu (12/2) di Lippo Kuningan, dikutip dari FIMELA.

Beberapa seri edukasi akan dirilis melalui program IDIxLe Minerale ini, termasuk manfaat air minum bagi kesehatan yang tidak hanya terkait kecukupan hidrasi tubuh saja. Mineral esensial berkualitas dan seimbang dalam air mineral membantu memenuhi kecukupan mineral tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Mineral Esensial dalam Air Mineral

Mineral esensial sendiri berfungsi menjaga kesehatan tulang, menggunakan glukosa dalam tubuh untuk energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah, dan membantu mengatur fungsi paru-paru. Tidak heran jika kemudian peranan penting mineral esensial juga meliputi ibu hamil, anak-anak, dan keluarga secara keseluruhan.

Inilah yang kemudian membuat Mayora melalui brand Le Minerale sebagai perusahaan air minum dalam kemasan, memutuskan untuk turut mengambil peranan dalam mengedukasi masyarakat.

Memahami bahwa iar mineral dikonsumsi sehari-hari, Le Minerale berkomitmen untuk selalu menghadirkan air mineral pilihan dengan kandungan mineral esensial berkualitas yang baik untuk tubuh.

"Ini adalah bagian dari komitmen Le Minerale yang tidak hanya untuk menghadirkan produk air mineral yang sehat, tapi juga turut mengedukasi masyarakat agar memiliki pola hidup dan kualitas kesehatan yang semakin meningkat," terang Yuna Eka Kristina, selaku Head of Public Relations and Digital Le Minerale.

Yuna menjelaskan sejumlah hal yang menjadikan Le Minerale sebagai produk air mineral pilihan masyarakat, mulai dari proses distribusi terpercaya, rasa dan kandungan air yang konsisten serta kandungan mineral esensial yang dikemas dengan Mineral Protection System.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi IDIxLe Minerale adalah Upaya Promotif Preventif

Lebih lanjut Yuna menjelaskan bahwa Mineral Portection System memungkinkan air Le Minerale aman untuk didinginkan maupun dipanaskan.

"Air Le Minerale aman untuk didinginkan maupun dipanaskan, karena kandungan mineral esensial di dalamnya telah terlindungi dengan baik oleh kemasan yang dirancang menggunakan Mineral Protection System."

"Selain itu, semua proses distribusi Le Minerale sudah mengikuti standar atau aturan yang berlaku, mulai dari botol yang keras sebelum dibuka dan kemasan yang memberikan rasa aman kepada konsumen, hingga rasa yang akan tetap konsisten hingga air sampai kepada konsumen," jelas Yuna.

Program kolaborasi antara IDI dan Le Minerale ini merupakan upaya promotif preventif yang menjadi pilar dari paradigma sehat yang dicanangkan oleh pemerintah. IDI juga berharap lewat program ini, silahturahmi para dokter di rumah sakit sebagai agent of change usaha promosi kesehatan juga semakin meningkat.

"Tentunya yang utama adalah terdapat peningkatan awareness kepada para dokter terkait pentingnya usaha promosi kesehatan, termasuk mengenai program 'Mineral Esensial untuk Bantu Jaga Sehatmu.' Ada fakta menarik yang sebenarnya jarang diketahui, bahwa setiap dokter memiliki Kode Etik, salah satu yang harus dipatuhi adalah menjaga kesehatan pribadinya sendiri. Jadi, program ini penting tidak hanya untuk masyarakat, tapi juga harapannya bisa menjadi alarm bagi para tenaga kesehatan untuk lebih memperhatikan kesehatan mereka," kata dr. Ulul Albab.

Berdasarkan CDC, air yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah air dengan pH normal. Sedangkan menurut survei tahun 2015-2016, kesadaran masyarakat global masih sangat kurang tentang pentingnya mengonsumsi air minum berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.