Sukses

Viral Emak-Emak Jemaah Haji Mencuci Baju Pakai Air Zam Zam, Warganet Bertanya-Tanya Boleh atau Tidak?

Video viral kurang dari 30 detik itu memperlihatkan seorang jemaah perempuan yang disebut tengah mencuci baju dengan air zam zam selepas melaksanakan ibadah umroh.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video mengenai suasana di sekitar Masjidil Haram viral di media sosial. Video berdurasi kurang dari 30 detik itu memperlihatkan aktivitas seorang jemaah perempuan yang disebut tengah mencuci baju dengan air zam zam selepas melaksanakan ibadah umroh.

"Allahuakbar, inilah yang terjadi setelah melaksanakan ibadah umroh. Jemaah haji perempuan ini mencuci pakaiannya pakai air zam zam ya. Allahuakbar," demikian yang dinarasikan pengunggah video dari akun TikTok @erwinismailkohler.

"Nah, kalau kita minum air zam zam sedikit-sedikit, nah si ibu ini air zam zam dipakai mencuci ya," pengunggah video tersebut menambahkan.

Lokasi tempat emak-emak jemaah haji dan umroh itu mencuci baju pakai air zam zam disebut berada di sebelah rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Warganet Bertanya-Tanya

Video yang sudah dibagikan lebih dari 1.900 kali itu disukai lebih dari 128 ribu kali dan mendapat 870-an komentar dari warganet. Banyak warganet yang bertanya-tanya apakah mencuci pakaian dengan air zam zam diperbolehkan? 

"Jadi sebenarnya bolehh apa nggk?? kalau nggk boleh harusnya ada petugasnya," salah seorang warganet mengomentari video tersebut.

Pertanyaan tersebut pun mendapat tanggapan dari warganet lainnya. Ada yang menjawab bahwa mencuci baju dengan air zam zam seperti yang dilakukan jemaah emak-emak itu boleh dilakukan, ada pula yang mengatakan hal itu makruh. 

"boleh. Di situ mmg boleh. Di Zamzam Sabeel," jawab seorang warganet. 

Sementara warganet lainnya berpendapat, "seharusnya air zamzam tidak boleh buat nyuci." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Jemaah Emak-Emak dari Indonesia

Beragam tanggapan dilontarkan warganet. Tak sedikit dari mereka juga mempertanyakan di mana keberadaan pertugas keamanan setempat hingga menyangsikan bahwa yang digunakan untuk mencuci adalah air zam zam asli. 

"Petugas keamanan pada kemana?" tulis seorang warganet. 

"Kok gak ada yg mengawasi," tulis warganet lainnya. 

"Kayakx itu bkn air zam2 ori kak.. sm yg ada di depan Masjidil Haram," komen warganet laiin. 

Terlepas dari banyaknya warganet yang berkomentar, jemaah umroh emak-emak yang mencuci pakaian dengan air zam zam itu diketahui bukan berasal dari Indonesia. Diketahui, sebuah video dengan durasi lebih panjang diunggah di YouTube. 

Dalam video yang diunggah pada 20 April 2023 di akun @ERWINISMAIL, pengunggah video sempat sedikit bercakap dengan jemaah yang dimaksud. Diketahui dia berasal dari Pakistan dan tak dapat berbicara dalam bahasa Arab. 

 

3 dari 4 halaman

Air Zam Zam Melimpah di Makkah

Pada awal video, pengunggah mengatakan bahwa air zam zam begitu melimpah di Kota Makkah. 

"Di Kota Makkah, air zam zam itu melimpah ya, sampai yang bawanya itu bergalon-galon," ucapnya. 

Tak hanya untuk diminum, air zam zam di Kota Suci juga kerap digunakan untuk berwudhu hingga mandi. 

Sebagai buah tangan, diketahui bahwa ada batasan bagi jemaah haji maupun umroh yang hendak membawa air zam zam ke negara asal. Ini karena pihak maskapai penerbangan menilai jumlah air zam zam yang berlebih akan membahayakan penerbangan. 

Mengutip laman haji.kemenag.go.id, peraturan tersebut telah ditetapkan oleh GACA. Guna mengantisipasi terbawanya zam zam ke dalam pesawat, pihak penerbangan melakukan pengecekan barang bagasi jemaah haji sebelum dibawa ke Bandara.

4 dari 4 halaman

Khasiat dan Doa Meminum Air Zam Zam

Air zam zam yang diambil dari sumur di dalam Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, memiliki nilai spiritual dan keberkahan yang tinggi dalam tradisi Islam.

Air Zamzam dianggap memiliki keberkahan dan keutamaan khusus. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya air Zamzam itu adalah minuman yang penuh berkah." Hadis ini menunjukkan bahwa air Zamzam memiliki nilai spiritual yang tinggi dan dianggap sebagai karunia Allah.

Banyak ulama mengatakan, air zam zam akan berkhasiat menyembuhkan penyakit apa pun sesuai doa yang dipanjatkan sebelum meminum air tersebut. Ini merujuk pada sabda Rasulullah Muhammad SAW, "Air Zamzam itu ada untuk apa yang diminum untuknya. Jika diminum untuk tujuan penyembuhan, maka Allah akan menyembuhkannya."

Doa saat minum air zamzam dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an, wa rizqan thayyiban, wa 'amalan mutaqabbalan

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.