Sukses

9 Tanaman Ini Ampuh Usir Tikus dari Rumah dan Kebun, Seratus Persen Alami

Penelitian menyebut setidaknya ada sembilan jenis tanaman yang terbukti ampuh mengusir tikus.

Liputan6.com, Jakarta - Tikus adalah hewan pengerat yang acap kali membuat kerusakan dan kekotoran di beberapa sudut rumah. Tak heran, masyarakat membenci hewan satu ini dan melakukan berbagai cara untuk mengusirnya. Mulai dari memasang jebakan hingga menebar racun tikus.

Sayangnya, cara-cara tersebut cenderung tak aman bagi anak maupun hewan peliharaan. Jebakan bisa saja melukai anak dan peliharaan kesayangan. Begitu pula racun yang bisa termakan oleh anabul atau bahkan oleh balita yang belum mengerti bahayanya.

Ada cara yang lebih aman untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan cara alami. Penelitian menyebut setidaknya ada sembilan jenis tanaman yang terbukti ampuh mengusir tikus. Tanaman-tanaman itu adalah:

Eucalyptus

Penelitian dalam Journal of Entomological and Zoological Studies tentang penggunaan ekstrak minyak eucalyptus menunjukkan bahwa makanan koala ini efektif mengusir tikus.

“Tanaman ini efektif menghentikan tikus dari merusak kebun dan tanaman pertanian,” kata peneliti S. Sachdeva dan N. Singla dalam “Antifeedant and repellent potential of alginate based microcapsules containing eucalyptus oil against house rat, Rattus rattus” mengutip Your Indoor Herbs, Rabu (14/6/2023).

Minyak Bergamot

Bergamot adalah salah satu jenis jeruk yang biasa diolah menjadi minyak. Minyak ini mengandung linalool, limonene, dan linalyl acetate yang aromanya efektif mengusir tikus rumah. Sementara, bagi manusia aroma ini terasa wangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lada Hitam

Lada hitam konon membuat tikus sulit bernapas. Penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri dan minyak lada hitam efektif dalam mengusir tikus.

Pohon Kamper

Camphor laurel atau pohon kamper mengeluarkan bau yang tidak disukai tikus. Studi menunjukkan bahwa kapur barus dapat menyebabkan diare atau muntah pada tikus.

Mahkota Duri

Tanaman Kristus atau dikenal juga sebagai mahkota duri (euphorbia milii) yang juga banyak ditemukan di Indonesia ternyata bisa mengusir tikus karena durinya yang tajam. Selain itu, phorbol ester dalam getahnya beracun dan dapat menyebabkan iritasi kulit, dermatitis, atau melepuh, sakit perut yang parah, muntah, dan diare.

3 dari 4 halaman

Bunga Krisan

Bunga krisan atau seruni juga dikatakan dapat mengusir tikus. Studi menunjukkan bahwa bahan kimia dari bunga ini adalah insektisida efektif yang juga dapat membunuh tikus.

Bunga Daffodil

Bunga daffodil atau jonquil efektif dalam menghentikan hewan pengerat memakan tanaman. Hewan pengerat menghindari semua jenis umbi daffodil.

Bunga Geranium

Bunga geranium menghasilkan minyak atsiri yang telah terbukti efektif dalam pengendalian tikus.

Wintergreen

Wintergreen atau dikenal juga sebagai American wintergreen, teaberry timur, boxberry, atau checkerberry, digunakan untuk menghasilkan minyak esensial yang efektif dalam pengendalian tikus.

4 dari 4 halaman

Tanaman yang Menarik Tikus

Selain tanaman pengusir tikus, ada pula tanaman yang menarik tikus untuk datang. Perlu diingat bahwa tikus tertarik pada tanaman yang memberi mereka makanan dan tempat berlindung yang aman.

Contoh tanaman pengundang tikus adalah:

Daun Salam

Daun salam digunakan oleh beberapa spesies tikus untuk melindungi sarangnya dari ektoparasit.

Umbi-umbian

Tikus akan memakan umbi dari sebagian besar jenis tulip, iris, serta umbi lily.

Tumbuhan Pelindung

Tumbuhan pelindung termasuk semak juniper, pohon cemara, bambu, blackberry Himalaya, pohon kurma, dan cemara Italia dapat menarik tikus karena dapat melindungi mereka dari cuaca dan predator alami.

Sayuran

Sayuran juga merupakan sumber makanan tikus. Jika tikus tidak dapat menemukan jagung atau biji-bijian, tikus akan memakan sayuran seperti kacang hijau, kacang polong, lobak, kentang, zucchini, daun bawang, kubis, dan kembang kol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.