Sukses

Siswa di China Temukan Kepala Tikus dalam Makanan Kafetaria, Pihak Sekolah Bersikeras itu Bebek

Sebuah video viral diperbincangkan di media sosial China menunjukkan seorang siswa yang menemukan kepala tikus dalam makanan kafetarianya.

Liputan6.com, Nanchang - Skandal yang dikenal sebagai 'Rat Head Gate' atau 'Gerbang Kepala Tikus' sedang marak diperbincangkan di media sosial China setelah seorang siswa menemukan sesuatu yang tampak seperti kepala tikus dalam makanan kafetaria mereka.

Sementara, pihak sekolah mengklaim itu sebenarnya adalah kepala bebek.

Melaporkan dari Oddity Central, Senin (12/6/2023) Insiden tersebut terjadi minggu lalu di kafetaria Sekolah Tinggi Teknik Kejuruan Jiangxi Perdagangan Industri (Jiangxi Vocational Technical College of Industry Trade) di Nanchang, China.

Saat makan siang, seorang siswa menemukan apa yang tampak seperti kepala tikus di mangkuk nasi mereka dan mengeluarkan ponsel mereka untuk merekam penemuan itu.

Mereka kemudian mengonfrontasi staf kafetaria tentang hal itu, tetapi diberitahu bahwa itu bukan kepala tikus, melainkan kepala bebek.

Kepala bebek, termasuk dengan bagian lehernya, adalah komponen penting dari sebuah hidangan asal China, tetapi bukan itu yang dimaksud. Siswa ini tidak memesan hidangan bebek, dan itu pun jelas bukan seperti bebek.

"Ini tikus! Ini jelas memiliki gigi tikus, bisakah kamu melihatnya?" kata siswa itu kepada staf kafetaria.

Video tersebut dengan cepat menyebar di media sosial Tiongkok, tetapi sekolah menggandakan versi video yang menunjukkan bahwa kepala yang ditemukan sebenarnya milik seekor bebek.

Pada tanggal 3 Juni, Sekolah Tinggi Teknik Kejuruan Jiangxi mengeluarkan pernyataan resmi yang menyanggah rumor 'kepala tikus' yang mulai beredar di sekitar sekolah dan bersikeras bahwa itu adalah kepala bebek yang tampak aneh.

Keesokan harinya, biro pengawas makanan setempat juga mengomentari kasus tersebut, bersependapat bahwa itu memang kepala bebek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah ini Kebohongan

Penyebaran desas-desus terus berlanjut, sehingga pihak sekolah memperingatkan siswa untuk tidak membahas kejadian tersebut secara online lagi.

Perusahaan katering resmi yang dikontrak sekolah juga mengeluarkan pernyataannya sendiri, mengklaim bahwa kepala tersebut tidak ditemukan dalam makanan yang dikirimkannya, tetapi sebenarnya berasal dari warung kafetaria terpisah.

Mereka ikut memperingatkan siapa pun yang menyebarkan desas-desus akan menerima konsekuensi serius.

Namun terlepas dari semua upaya untuk menutupi insiden tersebut, 'Gerbang Kepala Tikus' semakin menarik perhatian secara online, dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat menyatakan kekecewaan mereka terhadap sekolah dan pihak berwenang setempat yang mendukung kebohongannya.

3 dari 4 halaman

Respon Netizen

Melalui respon para netizen, berita ini mendapatkan banyak respon yang mempercayai bahwa itu kepala tikus.

Menemukan kepala tikus dalam makanan itu hal lain, tetapi cara mereka bersikerasas menyanggah kalau itu bukan seperti tampaknya mengejutkan orang-orang.

“Menemukan kepala tikus saat makan bukanlah [bahkan] bagian yang paling menakutkan," tulis seorang blogger China. "Yang benar-benar menakutkan adalah bahwa publik dengan jelas melihat 'kepala tikus', namun mereka bersikeras mengklaimnya sebagai 'kepala bebek'. 

Jika itu benar-benar kepala tikus, akan lebih baik untuk mengakuinya dengan tenang. Paling-paling, ini akan menjadi insiden keamanan pangan dan satu atau dua pekerja mungkin dipecat, dan denda dapat dikenakan, itu saja.”

“Cara sekolah dan biro pengawas makanan menangani masalah ini benar-benar bertentangan dengan publik dan merupakan provokasi moralitas sosial, dan mengabaikan kepercayaan publik untuk melindungi satu atau dua individu yang 'tidak bersalah'. Saya bertanya-tanya apakah para pemimpin ini benar-benar bodoh atau netizen yang terlalu naif, ” tambah blogger itu.

Sementara itu, platform microblogging seperti Weibo, telah dibanjiri dengan foto tengkorak tikus dan bebek untuk menunjukkan bahwa mereka tidak mirip, dari bentuk hingga gigi, serta foto bebek dengan kepala tikus yang diubah secara digital.

4 dari 4 halaman

6 Potret Penemuan Nyeleneh di Makanan

Menemukan barang aneh atau hewan ketika hendak makan pasti bikin nafsu makan jadi hilang seketika. Melihatnya makanannya saja sudah eneg, apalagi ketika harus momen makan dilanjutkan.

Momen apes temukan sesuatu yang aneh di dalam makanan hampir pernah dirasakan oleh semua orang, bahkan tak jarang cerita apesnya temukan barang aneh di makanan ini diunggah di media sosial.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret penemuan nyeleneh di makanan yang bikin bertanya-tanya, Rabu (8/2/2023).

Klik di sini untuk melihat versi lengkap 6 potret penemuan nyeleneh di makanan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini