Sukses

Viral Hazelnut Disebut Kemiri, Cek Nama Lain dan Manfaat Minyak Kemiri

Ramai warganet mengomentari isi konten viral yang menyebut hazelnut adalah kemiri.

Liputan6.com, Jakarta - Kemiri dan hazelnut tetiba viral di media sosial usai salah seorang Tiktoker menyebutnya sebagai hal yang sama dalam sebuah video.

"Umur berapa kalian tahu kalau hazelnut itu ternyata adalah kemiri guys?" tanyanya dalam video yang diunggah Jumat, 9 Juni 2023.

"Hazelnut itu nama lainnya kemiri," sang TikToker kembali menekankan.

Konten TikTok tersebut kemudian menjadi viral ketika diunggah ulang di media sosial Twitter. Ramai warganet mengomentari isi konten yang menyebut hazelnut adalah kemiri. Mereka tidak setuju bahwa keduanya adalah pangan yang sama.

"Cantik2 males browsing," cuit akun @se******.

"Minimal googling," komen akun @n******.

"YHA BEDA DONGGGGGGG," tulis akun lainnya.

Unggahan tersebut setidaknya telah dicuitkan ulang lebih dari 1.700 kali dan menuai 3.745 komentar. Lalu apakah hazelnut adalah nama lain kemiri?

Hazelnut dan kemiri adalah dua pangan berbeda. Berdasarkan penelusuran di mesin pencari Google, diketahui nama lain kemiri adalah candlenut. Sedangkan hazelnut adalah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon hazel (Corylus avellana). Mengutip WebMD, hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal.

Hazelnut juga mengandung minyak, protein, serat, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Karena rasanya yang gurih dan creamy, kacang hazelnut diketahui sebagai salah satu bahan selai cokelat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Lain Kemiri

Sementara itu, kemiri atau dalam bahasa Inggris disebut candlenut dijelaskan oleh kamus Merriam Webster sebagai biji berminyak dari pohon tropis Aleurites moluccana yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuat lilin dan sumber minyak.

Menurut Jasleen Kaur, seorang konselor diet, dan ahli gizi, Just Diet Clinics, “Pohon-pohon ini banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia, seperti Malaysia, Indonesia, Queensland, serta beberapa bagian Australia.”

Sebutan bagi kemiri cukup beragam. Ada yang menyebutnya dengan walnut India, candleberry, kukui, buah keras, Tung-nut, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Kemiri

Kemiri memiliki sejumlah manfaat, baik sebagai obat dan maupun sebagai bahan bumbu. Biji yang masuk kategori rempah ini cukup populer karena kegunaan kulinernya.

Kandungan minyak yang tinggi pada kemiri membuatnya umum digunakan untuk mengentalkan masakan Asia. Minyaknya juga dapat digunakan sebagai minyak lampu atau di Indonesia kerap digunakan untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut.

Beberapa sumber mengatakan kemiri dapat meredakan sakit kepala, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Meski demikian, para peneliti University of Texas di El Paso menyebut, belum ada cukup bukti untuk mendukung klaim tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.