Sukses

Kompol Fadli Amri, Sosok Polisi Cerdas Berhasil Ciptakan Produk Pengganti Gula Ramah Diabetes Berbahan Stevia

Kompol Fadli Amri viral lantaran polisi ini membuat produk pengganti gula ramah diabetes

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Kompol Fadli Amri, merupakan contoh polisi inovatif yang mengingatkan bahwa tugas polisi tak hanya menertibkan masyarakat.

Lebih luas, polisi berperan sebagai agen perubahan di tengah masyarakat, termasuk perubahan ke arah gaya hidup sehat.

Pria asal Gunung Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan memiliki kesadaran bahwa masyarakat Indonesia dihadapkan dengan berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Menurut data yang dia dapat, dalam beberapa tahun terakhir, tingkat diabetes di Indonesia telah meningkat secara signifikan.

Indonesia saat ini berada dalam posisi yang mengkhawatirkan, yaitu menempati peringkat lima dunia pengidap penyakit diabetes.

Untuk menanggapi tantangan ini, Fadli mengambil inisiatif untuk memerangi diabetes melalui pendekatan yang dia sukai.

Fadli Amri Polisi Hobi Bertani dan Budidaya Stevia

Sejak tiga tahun yang lalu, Kompol Fadli Amri yang dikenal hobi bertani berupaya membudidayakan tanaman stevia. Ini adalah tanaman pemanis alami yang rendah kalori.

Tanaman stevia sudah dibudidayakan dan dikonsumsi sejak ratusan tahun yang lalu.

Tanaman asal Amerika Selatan ini ternyata mampu tumbuh dengan baik di Indonesia yang memiliki karakteristik cuaca hampir sama dengan negara asalnya.

Upaya Kompol Fadli Amri Memerangi Diabetes

Fadli pun melihat peluang untuk memanfaatkannya dalam menciptakan produk kesehatan yang dapat membantu mengontrol diabetes dan memelihara gaya hidup sehat.

Kini, sosok polisi ini telah berhasil mengintegrasikan keahlian pertanian stevia dengan pengembangan produk kesehatan yang menggunakan bahan alami ini.

Tujuannya, menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyakit diabetes yang menjadi masalah global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kompol Fadli Amri Mendalami Stevia Sejak 2020

Polisi yang berdinas di Mabes Polri ini berkisah, dirinya sudah belajar dan mendalami soal stevia sejak 2020.

"Sejak Tahun 2020 saya telah mendalami tentang tanaman ini, membaca jurnalnya baik dalam dan luar negeri serta mencoba untuk menanamnya bersama teman-teman petani. Ternyata manfaat tanaman stevia ini sangat luar biasa dan ternyata juga tanaman ini dapat tumbuh baik di Indonesia," ujar Fadli dalam keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu 11 Juni 2023.

Tak sembarangan berjalan sendiri, selama ini Fadli bekerja sama dengan ahli gizi, peneliti, dan petani stevia lokal di Katulampa, Bogor, untuk mengembangkan produk kesehatan inovatif.

3 dari 4 halaman

Kompol Fadli Amri Berhasil Terciptanya Stetes Stevia

Setelah berbulan-bulan melakukan riset dan pengujian, tim berhasil menciptakan berbagai produk berbahan stevia yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Produk tersebut bernama Stetes Stevia yang kini sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya itu, produk stevia ini pun telah memiliki sertifikasi halal dan sudah melalui uji laboratorium yang bersertifikasi International Organization for Standardization (ISO).

Salah satu produk yang dihasilkan adalah stevia cair rendah kalori yang dapat digunakan sebagai pengganti gula pada minuman dan makanan.

Produk ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang berbahaya bagi penyandang diabetes.

Dengan alternatif ini, Fadli berharap dapat membantu masyarakat mengurangi konsumsi gula yang berlebihan dan menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil.

4 dari 4 halaman

Edukasi Masyarakat Soal Pengganti Gula untuk Cegah Penyakit Diabetes

Selain itu, Fadli juga menciptakan edisi khusus minuman siap saji berbahan stevia yang dapat membantu mengendalikan keinginan akan makanan manis.

Produk ini dirancang dengan rasa yang menarik, sehingga menjadi pilihan yang lebih sehat bagi masyarakat yang peduli dengan kesehatan gigi dan mencegah diabetes.

Inisiatif ini bukan hanya tentang menciptakan produk kesehatan, tapi juga tentang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat penggunaan stevia dan pentingnya gaya hidup sehat.

Kompol Fadli Amri Aktif di Komunitas Hidup Sehat

Fadli juga sudah sering mengikuti acara kesehatan di komunitas hidup sehat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya diabetes dan cara-cara mencegahnya.

"Stevia ini merupakan tanaman yang penuh manfaat, Indonesia saat ini juga mengalami defisit produksi gula. Sehingga mungkin tanaman ini dapat berperan untuk menggantikan konsumsi gula yang tinggi sehingga negara kita bisa swasembada pangan khususnya terkait pemanis yang alami dan sehat," ujar Fadli.

"Tentunya kegiatan ini membutuhkan dukungan dari pihak terkait untuk dapat dijadikan sebagai salah satu potensi dari bumi indonesia yang memiliki nilai ekonomis dan manfaat bagi masyarakat umum," dia menambahkan.

Produk karya Fadli dan timnya telah dijual dan bisa didapatkan secara daring melalui www.stetes.id atau Instagram @stetes__stevia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.