Sukses

Punya Riwayat Medis Buruk, Fans Khawatir pada V BTS hingga Wonwoo Seventeen

Meski membuat penggemar khawatir, namun sejumlah idola Kpop ini tetap terlihat profesional saat bertemu fans.

 

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar idol K-pop, melihat sosok yang dikaguminya tentu menjadi kebahagiaan. Namun bagaimana pun, sosok idola sekali pun adalah manusia biasa yang dapat mengalami kesulitan karena penyakitnya saat sedang tampil. 

Meski membuat penggemar khawatir, namun sejumlah idola Kpop ini tetap tampil di atas panggung. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari SCMP, Minggu (11/6/2023).

1. Krystal Jung f(x)

Krystal Jung tertangkap kamera pingsan lebih dari satu kali. Bahkan, ada video kompilasi yang beredar di YouTube tentang kehilangan kesadarannya selama acara.

Awalnya, penggemar khawatir sang idola terlalu banyak bekerja, tetapi kemudian terungkap bahwa Jung sebenarnya menderita anemia sejak dia masih kecil, seperti dilansir dari Soompi.

Kurangnya sel darah merah yang sehat di tubuhnya menyebabkan Jung mengalami gejala seperti kelelahan, kelemahan dan pusing, yang dilaporkan menyebabkan dia pingsan di atas panggung selama Konser Lotte Duty Free Shop Family pada 2010.

Selama insiden lain di tahun 2014, Jung dilaporkan pingsan di tengah penampilan selama konser SM Town di Shanghai, yang mengakibatkan dia dikeluarkan dari panggung, menurut Koreaboo. Keamanan dan staf bergegas untuk membantunya dan Jung tidak muncul lagi saat konser berakhir, menurut artikel tersebut.

Fans lantas berbondong-bondong menghujani sang idola dengan dukungan melalui tagar #GetWellSoonSoojung, yang segera menjadi trending.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. V BTS

Dengan gerakan dance yang berapi-api, vokal yang memikat, dan energi yang seolah tak habis-habis, tidak ada yang menyangka V BTS memiliki kondisi kulit yang mengganggu penampilannya.

Pada tahun 2019, V mengungkapkan kepada penggemar melalui Weverse bahwa ia menderita urtikaria kolinergik, yaitu alergi yang menyebabkan benjolan merah kecil di kulit dan rasa gatal yang tak tertahankan.

Benjolan ini muncul setiap kali terjadi peningkatan suhu tubuh akibat aktivitas fisik dan sepertinya belum ada obatnya. Dengan rutinitas menari yang keras dan tampil di bawah lampu yang panas, V selalu rentan terhadap ruam kulit ini dan tidak bisa lepas dari kondisi tersebut.

V mengatasinya dengan mengenakan pakaian longgar di atas panggung dan menjaga dirinya tetap terhidrasi dengan berton-ton air di sela-sela penampilannya, seperti dikutip Vogue Teen.

 

3 dari 5 halaman

3. Wonwoo Seventeen

Ketika Wonwoo tidak muncul di acara fansign untuk promosi Seventeen pada tahun 2016, Pledis Entertainment merilis pernyataan yang mengatakan bahwa dia menderita gastritis akut, yang menyebabkan sakit perut yang parah.

Agensi menyatakan, “Menyusul diagnosisnya dengan gastritis akut, Wonwoo menerima pemeriksaan untuk pemulihan. Pemeriksaan mengungkapkan bahwa dia kehilangan stamina dan ditentukan bahwa dia perlu waktu untuk istirahat dan tidak dapat melanjutkan promosi setelah diskusi panjang. Karena kondisi kesehatannya saat itu, dia beristirahat dari promosi untuk memulihkan diri dan fokus menjadi lebih baik.”

Karena kondisinya, Wonwoo akhirnya mengambil istirahat dari semua acara selama itu termasuk penandatanganan penggemar, promosi siaran, dan Dream Concert 2016.

4 dari 5 halaman

4. Hyuna

Penggemar Hyuna tahu bahwa idola wanita populer ini memulai debutnya dengan Wonder Girls pada tahun 2007, tetapi segera meninggalkan grup ketika orang tuanya menariknya keluar. Alasannya adalah dia menderita kondisi kesehatan yang menyebabkan pingsan, menurut Koreaboo. Belakangan terungkap bahwa Hyuna memiliki kasus sinkop vasovagal, yang menyebabkan orang tersebut pingsan dan merasakan tekanan emosional yang ekstrem.

Menurut K-pop Starz, hal ini menyebabkan Hyuna pingsan beberapa kali sehari dan dia bahkan pingsan di lokasi syuting pada tahun 2019 selama pembuatan film MV Ping Pong.

Hyuna terbuka tentang kondisinya dalam sebuah episode Jessi's Showterview. Dia mengatakan kepada rapper itu bahwa dia merasa bersalah ketika kondisinya membuatnya menunda comeback dengan album lengkap berjudul "Good Girl", yang awalnya dijadwalkan untuk Agustus 2020.

Dia menyebutkan bahwa kondisinya semakin parah ketika dia menjadi hipersensitif selama promosinya. Album Hyuna kemudian dirilis pada tahun 2021 dengan judul lagu I'm Not Cool.

 

5 dari 5 halaman

5. Zico Blok B

Meskipun menjadi seorang rapper yang dapat mengeluarkan kata-kata tanpa henti dan dengan kecepatan tinggi, Zico Block B menderita asma bawaan, yang membuatnya sulit bernapas, menurut Soompi. Dia juga memiliki masalah jantung saat masih kecil dan harus menjalani dua operasi, menurut Bbangya News.

Meskipun Zico tampaknya tidak menunjukkan banyak sesak napas selama penampilan panggung dan rapnya, dia mendapat nilai empat selama pemeriksaan fisiknya ketika dia mendaftar untuk wajib militer yang diharapkan akan diselesaikan oleh semua warga negara Korea, termasuk idola.

Menurut Korea Herald, setiap calon wajib militer diberi skor dari 1 sampai 7, berdasarkan analisis ujian fisik dan tes lain. Laki-laki yang mendapat nilai 1 sampai 3 harus bertugas di militer, sedangkan yang mendapat nilai 4 ditugaskan untuk tugas cadangan, artinya mereka akan mengabdi sebagai pekerja layanan publik di lembaga pemerintah dan fasilitas publik. Mereka yang memiliki skor 5 dan 6 dibebaskan dari dinas militer, sedangkan mereka yang memiliki skor 7 harus menjalani pemeriksaan ulang. Itulah kenapa, Zico ditugaskan sebagai pekerja layanan publik setelah menerima skor 4 karena riwayat kesehatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.